Home > Travel > Pilih Glamping atau Gemping? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Pilih Glamping atau Gemping? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Pilih Glamping atau Gemping? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya

Camping atau berkemah jadi cara baru untuk menikmati alam. Aktivitas ini juga bisa dilakukan bersama keluarga, teman, atau orang terkasih. Biasanya camping menjadi kegiatan untuk beristirahat dan sejenak pergi dari keriuhan kota besar. Sesaat terputus dengan rutinitas dan melakukan berbagai hal baru yang belum pernah dilakukan. Nah, jika biasanya camping harus mempersiapkan semua peralatan sendiri, ada yang namanya glamping atau glamorous camping.

Pilih Glamping atau Gemping?

Selain glamping, ada juga nih namanya gemping atau gembel camping. Seperti namanya, gembel camping tidak membutuhkan biaya banyak, tapi juga banyak yang harus dipersiapkan.

Tapi, semua hal tak melulu soal uang dan ada yang lebih penting daripada itu. Glamping dan gemping sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Glamping atau Glamourous Camping

glamping

Sumber: Pexels

Sekarang sudah banyak wisata alam yang menawarkan tempat menginap bertema glamping. Glamping merujuk pada suatu bentuk perkemahan modern dengan menggabungkan esensi alam dan dengan adanya fasilitas yang memadai.

Biasanya, penginapannya berbentuk semi tenda namun sudah berisi beragam fasilitas untuk berkemah. Fasilitasnya terdiri dari tempat tidur, listrik, air, bak air panas, dan beranda. Jadi kalau kamu glamping tak perlu memikirkan cari air, sumber makanan, atau bikin api unggun buat masak. Semuanya sudah tersedia bak hotel bintang lima. Seru, ya!

Sesuai dengan fasilitas yang diberikan, ketika kamu glamping kamu harus mengeluarkan kocek lebih dalam daripada gemping. Sayangnya juga, banyak orang yang menganggap glamping itu bukan berkemah, cuma memindahkan hotel ke tengah hutan. Jadinya, dianggap mengurangi esensi dari berkemah yakni seni bertahan hidup di tengah hutan.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Glamping Di Bandung Paling Hits

Gemping atau Gembel Camping

gemping atau gembel camping

Sumber: Pexels

Nah, kalau gemping kamu harus mempersiapkan alat lebih banyak dan usaha yang lebih banyak. pasalnya, gemping benar-benar berkemah di tengah hutan atau gunung, mencari sumber air, membawa perbekalan sendiri, membuat api unggun untuk memasak, sampai memasang tenda untuk berteduh. Semua barang untuk camping harus kamu bawa sendiri dari kost.

Karena gemping membawa fasilitas sendiri dari kost, kamu tak perlu mengeluarkan biaya besar. Untuk menyewa perlengkapan kemah juga tak memerlukan biaya banyak. Kamu juga bisa meningkatkan kerja sama tim dan kebersamaan dengan teman atau keluarga.

Kemampuan bertahan hidup di tengah hutan juga akan bertambah karena kamu harus menggunakan alat seadanya. Kamu juga harus berpikir untuk mendapatkan makanan, mencari sumber air, dan mencari tempat datar untuk membangun tenda.

Saat gemping, kemampuan dan kesabaranmu diasah berdasarkan pengalaman yang kamu miliki. Karena keterbatasan alat dan kondisi inilah yang membuat gemping masih banyak disukai karena menghasilkan kenangan yang tidak akan pernah kamu lupakan seumur hidup.

Artikel Rekomendasi kami