Home > Travel > 15 Peralatan Camping yang Wajib Dibawa Anak Kost untuk Liburan Minim Bujet

15 Peralatan Camping yang Wajib Dibawa Anak Kost untuk Liburan Minim Bujet

15 Peralatan Camping yang Wajib Dibawa Anak Kost untuk Liburan Minim Bujet

Mau liburan hemat yang seru dan menyenangkan? Liburan gak harus melulu menginap di hotel ataupun penginapan mahal sekelas resort. Apalagi untuk anak kost, camping atau berkemah bisa jadi alternatif yang bisa dicoba bila ingin liburan yang tak menguras bujet atau biasa disebut gemping (gembel camping) berlawanan dengan glamping (glamour camping) yang kini sedang tren. Namun sebelum camping, kamu harus mengetahui peralatan camping yang harus disiapkan.

Jika kamu tidak mau ribet kamu bisa mencoba Glamping. Kamu tidak perlu membawa peralatan berkemah sendiri, dari tenda, makanan, kasur, hingga toilet sudah disediakan pengelola.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Glamping di Bogor untuk Staycation yang Berkesan

Namun jika kamu ingin lebih menyatu dengan alam kamu bisa mencoba berkemah dengan membawa peralatan sendiri. Banyak keseruan yang akan kamu rasakan nantinya, selain itu kamu bisa sekaligus melakukan Ecotourism Travelling lho!

15 Peralatan Camping Sederhana untuk Anak Kost

Kamu harus menyiapkan beberapa perlengkapan agar kegiatan camping kamu bisa berjalan dengan lancar. Apalagi, kegiatan camping identik dengan “memanfaatkan perlengkapan yang ada untuk bertahan hidup”. Nah, Berikut perlengkapan camping sederhana yang wajib kamu bawa:

1. Tenda

Sangat tidak mungkin jika kamu melakukan kegiatan camping tetapi tidak membawa perlengkapan satu ini. Tenda merupakan tempat sementara kamu untuk berteduh dan beristirahat selama kegiatan camping.

Pastikan besar tenda yang kamu bawa sesuai dengan jumlah orang yang nantinya akan masuk ke tenda. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan pendukung tenda seperti tiang tenda, alas tenda, patok besi, dan lainnya. Bawa juga tali rafia atau tali yang tebal untuk mengikat tenda agar tegak berdiri.

2. Logistik atau bahan makanan praktis

Bawalah makanan yang dapat dimasak dengan cepat ataupun makanan yang sudah siap untuk disajikan untuk kegiatan camping kamu. Pastikan bahan makanan yang kamu bawa memiliki masa kadaluarsa yang lama. Tak harus selalu mie instant ya, kamu juga bisa membawa sosis siap makan, kornet, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk membawa bumbu masak agar kamu tetap bisa menikmati makanan lezat saat kegiatan camping. Bumbu masaknya tidak usah terlalu ribet, cukup kecap, saus, garam, dan penyedap rasa.

Pastikan kamu juga membawa wadah untuk membuang sisa-sisa olahan makanan kamu selama camping agar tidak mengotori lingkungan.

3. Alat masak praktis

peratalatan camping

Setelah membawa bahan makanan yang bisa dimasak dengan cepat, pasti kamu membutuhkan alat masak.

Bawalah alat masak yang mudah dibawa, seperti kompor spirtus, spatula, dan lainnya. Karena kebutuhan makanan selama camping ini tidak terlalu mewah dan butuh pengolahan cepat, kamu tidak perlu membawa alat masak yang berat dan merepotkan.

4. Botol minum

peralatan camping

Bawalah botol minum yang dapat digunakan beberapa kali dan awet. Lebih baik menggunakan botol minum yang terbuat dari alumunium. Selain ringan dan tahan terhadap bantingan, kamu bisa mengisi botol minum kamu dengan minuman hangat saat camping dan kehangatan minuman kamu tetap terjaga. Penggunaan termos tidak direkomendasikan karena ukurannya yang besar.

5. Pisau Lipat

peralatan camping

Keberadaan pisau lipat memang tak dapat terpisahkan sebagai peralatan camping yang harus dibawa. Segala jenis fungsi untuk memotong, mencongkel, dan lainnya, terdapat dalam satu pisau lipat serbaguna ini. Selain itu, ukurannya yang kecil memudahkan kamu untuk membawanya saat camping.

6. Senter

peralatan camping

Peralatan camping yang gak kalah penting adalah senter. Bawalah senter dengan ketahanan lampu yang lama. Sangat direkomendasikan agar kamu membawa senter dengan lampu LED karena hemat energi, cahaya yang dihasilkan lebih terang, dan tahan lama.

Selain senter, kamu juga bisa membawa alat penerangan lainnya yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Sehingga kamu cukup membawa persediaan baterai yang sesuai dengan kebutuhan alat penerangan yang kamu bawa.

Sebaiknya, hindari penggunaan alat penerangan yang membutuhkan bahan bakar minyak agar kamu tidak perlu repot-repot untuk mengisi ulang saat nyala alat penerangan tersebut sudah redup.

7. Korek api

peralatan camping

Kamu dapat menggunakan korek api untuk membuat api unggun saat kegiatan camping. Rasanya jika tidak membuat api unggun saat camping, akan terasa kurang. Benar kan?

Nah, kamu bisa membawa korek api batang atau korek api gas. Namun, sebaiknya kamu membawa korek api gas agar tidak mengotori lingkungan. Penggunaan korek api batang dapat mengotori lingkungan, walaupun bahan dasar korek api batang adalah kayu.

Jangan lupa juga untuk membawa minyak tanah secukupnya untuk membantu pembuatan api unggun.

8. Obat-obatan (P3K)

peralatan camping

Kita semua tidak tahu kondisi tubuh kita saat menjalani kegiatan camping. Karena itu, bawalah obat-obatan yang berguna selama kegiatan camping, seperti obat masuk angin, balsem, obat merah, kapas, plester, dan lainnya.

Jika kamu mengidap penyakit yang membutuhkan obat-obatan tertentu, bawalah obat-obatan pribadi kamu.

9. Handphone dengan fitur GPS dan kompas

peralatan camping

Zaman sekarang hampir tidak mungkin kehidupan kita terlepas dari penggunaan handphone. Kamu dapat menggunakan fitur GPS yang terdapat dalam handphone kamu sebagai alat navigasi.

Walaupun sinyal handphone di daerah camping kemungkinan besar terbatas, kamu masih bisa menggunakan fitur kompas dalam membantu navigasi kamu saat camping.

10. Ponco atau jas hujan

Peralatan camping

Cuaca saat ini memang tidak bisa diprediksi dengan tepat, apalagi di daerah pegunungan yang terkenal lembab dan sering turun hujan. Bawalah ponco atau jas hujan untuk melindungi kamu dari air hujan saat melakukan camping.

11. Peluit

peralatan camping

Jangan salah, peralatan camping berukuran kecil ini dapat membantu kamu jika kamu tersesat saat melakukan kegiatan camping. Jika kamu tersesat, tiup peluit kamu untuk mempermudah bala bantuan yang mencari kamu.

Bawalah peluit di tempat yang mudah dijangkau oleh kamu, bisa dengan cara digantung di leher menggunakan tali, disimpan di saku kecil celana, atau tempat lainnya.

12. Baju ganti

peralatan camping

Bawalah baju ganti yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat dan tidak mudah sobek. Selain itu, bawalah baju dengan warna yang mencolok. Tapi perlu diketahui juga bahwa ada beberapa tempat yang melarang mengenakan pakaian berwarna hijau.

Warna baju tertentu yang mencolok, berfungsi agar kamu dapat mudah diidentifikasi oleh bala bantuan jika sewaktu-waktu kamu tersesat. Penggunaan baju yang mencolok juga dapat mempermudah rekan-rekan kamu yang melakukan camping untuk mendeteksi keberadaan kamu.

Selain itu, bawalah baju ganti secukupnya. Jangan sampai kamu membawa baju terlalu banyak karena akan menambah beban bawaan kamu selama melakukan camping.

13. Tas camping

Sebaiknya, bawalah tas yang diperuntukan untuk camping. Biasanya tas camping ini memiliki ukuran yang besar untuk menampung beberapa barang keperluan camping kamu.

Walaupun pasti kamu juga akan membutuhkan tenaga yang besar untuk membawa semua perlengkapan kamu dalam tas camping tersebut.

Hindari menggunakan tas yang mengharuskan kamu untuk membawa barang di samping tubuh. Penggunaan tas selempang diperbolehkan untuk memisahkan barang-barang yang dibutuhkan secara cepat seperti obat-obatan.

14. Alas kaki untuk mendaki gunung

Pastikan alas kaki yang kamu bawa untuk camping memang diperuntukan untuk camping, seperti sepatu gunung atau sandal gunung.

Hindari penggunaan alas kaki yang memiliki hak dan sol yang licin, karena bisa membahayakan kamu saat melakukan kegiatan camping.

15. Jaket

peralatan camping

Karena kegiatan camping identik dengan berkemah di gunung, daratan tinggi terkenal dengan suhu yang lebih rendah, maka sebaiknya bawalah jaket selama kamu melakukan kegiatan camping.

Pastikan jaket yang kamu bawa tebal dan tidak mudah sobek. Perlengkapan ini boleh kamu tinggalkan, jika kamu melakukan kegiatan camping di pantai.

Bagaimana, sudah siap semua perlengkapan camping kamu? Sebenarnya, masih banyak perlengkapan camping yang bisa kamu bawa. Namun, dengan membawa perlengkapan yang telah kami sebutkan, kamu sudah dapat melakukan kegiatan camping dengan lancar. Selamat camping!

Artikel Rekomendasi kami