Home > Travel > Kebun Teh Terindah di Indonesia Yang Memanjakan Mata

Kebun Teh Terindah di Indonesia Yang Memanjakan Mata

Kebun Teh Terindah di Indonesia Yang Memanjakan Mata

Salah satu ciri khas dari pegunungan Indonesia ialah kebun teh. Indonesia saat ini memang menjadi salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia dengan menempati posisi ketujuh. Ada banyak kebun teh yang tersebar di seluruh Indonesia dan tiga terbesar berada di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Utara. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang menyumbang sekitar 70% dari produksi teh nasional. Teh Indonesia sendiri terkenal di dunia karena memiliki kandungan antioksidan alami yang cukup tinggi.

Kebun Teh Terindah di Indonesia

Kebun teh menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Suasana yang sejuk serta hamparan kebun teh yang luas, membuat masyarakat perkotaan sering menjadikan kebun teh salah satu destinasi wisata. Bagi kamu yang menyukai suasana di kebun teh, berikut beberapa kebun teh terindah di Indonesia yang bisa memanjakan mata.

1. Gunung Mas – Bogor, Jawa Barat

kebun teh terindah gunung mas bogor

Source: CNN Indonesia

Gunung mas memang terkenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Bogor yang menyajikan keindahan alam. Kebun teh Gunung Mas berada di area Agrowisata Gunung Mas di ketinggian 800 – 1.200 mdpl. Disini kamu bisa melihat hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 2.551 Hektar yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII).

Jika kamu ingin merasakan berjalan di antara perkebunan teh sambil melihat proses pemetikkan teh, kamu juga bisa mengikuti kegiatan tea walk. Dalam kegiatan ini, kamu harus membayar sejumlah uang tergantung panjang rute yang kamu ambil. Mulai dari rute 4 km dengan harga Rp 20.000, 6 km Rp 25.000, 8 km Rp 30.000 dan 10 km Rp 35.000 yang semuanya sudah termasuk pemandu.

  • Alamat: Jl. Raya Puncak Km. 87 Cisarua, Jawa Barat
  • HTM: Mulai dari Rp 15.500.

2. Kemuning – Karanganyar, Jawa Tengah

kebun teh terindah kemuning

Source: Pegipegi

Bagi kamu yang sedang berwisata di daerah Solo, Gunung Lawu, Klaten dan sekitarnya, jangan lupa untuk mampir ke Kemuning untuk menikmati hamparan perkebunan teh. Berada di ketinggian 800 – 1.540 mdpl dengan luas sekitar 437,82 Hektar. Untuk berwisata ataupun sekedar berfoto-foto, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Kamu bisa mendatangi kebun teh Kemuning di pagi hari mulai pukul 6 pagi untuk melihat para petani teh bekerja, namun ingat jangan sampai menganggu kerja mereka ya RoomMies.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa mobil jeap untuk menikmati pemandangan perkebunan teh sambil merasakan sensasi off road. Untuk menyewa mobil jeap, kamu harus menyisihkan uang sekitar Rp 350.000 hingga Rp 700.000 tergantung rute dan jenis jeap yang kamu pilih. Dengan satu mobil yang bisa memuat 4 sampai 5 orang.

  • Alamat: Sumbersari, Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah
  • HTM: Gratis

3. Sukawana – Lembang, Jawa Barat

kebun teh terindah sukawana

Source: Bastian Rental Mobil Bandung

Merupakan salah satu tempat yang menjadi lokasi syuting film Petualangan Sherina. Perkebunan teh Sukawana merupakan milik dari
PT. Perkebunan Nusantara VIII yang awalnya bernama Pangheotan dengan menghasilkan teh berkualitas A. Kamu bisa menikmati hamparan perkebunan teh dengan pemandangan gunung Tangkuban Perahu yang menjulang tinggi.

Berjarak 15 km dari pusat kota Bandung, kamu bisa menikmati pemandangan kebun teh hanya dengan membayar Rp 10.000. Akan tetapi, kamu sudah bisa bebas berkeliling bahkan kamu juga bisa loh mendirikan tenda. Namun perlengkapan tenda dan lainnya harus kamu bawa sendiri ya.

  • Alamat: Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM: Mulai dari Rp 10.000

BACA JUGA:

4. Malabar – Pangalengan, Jawa Barat

perkebunan teh malabar

Source: Tour Bandung

Kebun teh Malabar merupakan perkebunan teh yang didirikan oleh Karel Albert Rudolf Bosscha. Kamu pasti tidak asing dengan namanya bukan? Yap perkebunan ini memiliki pendiri yang sama dengan observatorium Bosscha. Memiliki luas sekitar 11.300 hektar, kebun teh Malabar merupakan penghasil teh terbaik di dunia dengan kekentalan yang berbeda dari jenis teh lainnya.

Salah satu teh terbaik yang dihasilkan ialah teh hitam yang memiliki warna dan rasa yang khas karena melawati serangkaian proses yang lama. Bahkan teh hitam Malabar bisa kamu temukan di beberapa negara Eropa. Selain itu, kamu bisa melakukan tea walk dengan membayar Rp 5.000 atau mengunjungi pabrik teh dan melihat langsung proses pembuatan teh dengan membayar Rp 15.000.

  • Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat
  • HTM: Mulai dari Rp 2.000

5. Wonosari – Malang, Jawa Timur

perkebunan teh wonosari

Source: Wisata Oke

Kebun teh terindah terakhir yang ada dalam daftar ialah kebun teh Wonosari yang berada di Malang, Jawa Timur. Merupakan perkebunan teh yang juga menjadi lokasi wisata dengan luas 1.144,31 hektar. Teh dari perkebunan teh Wonosari memiliki rasa yang khas, saat musim kemarau teh yang dihasilkan memiliki rasa manis dan sedikit pahit. Akan tetapi saat musim hujan, rasa tehnya agak sedikit hambar.

Disini kamu bisa melihat proses pengolahan teh mulai dari pemetikkan hingga penyeduhan. Kamu juga bisa berfoto-foto diatas jembatan kayu yang berada diantara perkebunan teh sekaligus melihat keindahan lereng gunung Arjuno.

  • Alamat: Toyomarto Lawang, Bodean Putuk, Toyomarto, Singosari, Malang, Jawa Timur
  • HTM: Mulai dari Rp 15.000
Artikel Rekomendasi kami