Home > Travel > Festival Buku di Seluruh Dunia yang Wajib Anak Kost Datangi

Festival Buku di Seluruh Dunia yang Wajib Anak Kost Datangi

Festival Buku di Seluruh Dunia yang Wajib Anak Kost Datangi

Anak kost suka banget baca buku? Kalau iya, anak kost wajib banget mengunjungi beberapa festival buku terbesar di seluruh Dunia berikut ini. Karena anak kost bakalan puas banget belanja buku sekaligus belajar banyak hal baru dari festival buku ini.

Festival buku (book festival) merupakan acara yang umumnya berlangsung setiap satu kali dalam setahun. Dalam acara ini biasanya pengunjung tidak hanya bisa membeli buku dengan harga yang lebih murah, tapi juga sekaligus bisa mengikuti berbagai seminar untuk meningkatkan pengetahuan. Misalnya aja seminar tentang menulis buku, atau membuat desain buku.

Selain itu, festival juga akan mengadakan acara launching buku baru. Jadi, semua pegunjung bisa sekaligus ngobrol langsung dengan pengarangnya. Tapi, gak cuma itu aja, beberapa book festival juga menyediakan arena bermain untuk anak-anak. Jadi, anak kost bisa berkunjung dengan anak atau ponakan. Menarik banget kan RoomMies.

Festival Buku Di Seluruh Dunia

Beberapa book festival yang wajib banget anak kost kunjungi, yaitu;

1. Festival buku frankfurt, Jerman

Festival buku di seluruh dunia-festival buku frankfurt

Sumber:DW

Untuk RoomMies yang suka banget baca buku dan sering mengunjungi book festival, pasti gak asing lagi dengan book festival Frankfurt. Book festival frankfurt yang berlokasi di Jerman ini merupakan festival buku terbesar sekaligus tertua yang pernah ada lho. Festival buku ini pertama kali berlangsung pada tahun 1949.

Setiap tahunnya kurang lebih ada 300.000 pengunjung dan 10.000 jurnalis yang berkunjung ke Frankfurt book festival. Beberapa penulis buku terkenal yang pernah hadir dalam book festival frankfurt adalah J.K Rowling dan Anna Todd harassed.

Penulis terkenal asal Indonesia yaitu Laksmi simanjuntak dan Andrea hirata juga pernah hadir dalam rangkaian acara Frankfurt book festival.

2. Moscow International Book Fair, Moscow, Rusia

Moscow International Book Fair

Sumber: nStands

Kalau lagi jalan-jalan ke negeri beruang merah, Rusia jangan lupa untuk berkunjung ke Moscow International Book Fair ya RoomMies. Karena book festival terbesar di Rusia ini bisa membeli buku karya sastrawan Rusia yang terkenal akan keindahan kalimatnya, namun harganya tetap terjangkau.

Menariknya lagi setiap tahun Moscow international book fair akan mengadakan seminar buku tentang lima keyakinan yang dianut oleh masyarakat Rusia. Jadi, anak kost benar-benar bisa mengenal keberagaman agama dari negara terbesar ini.

BACA JUGA: 3 Cara Membuat Pembatas Buku yang Unik, Menarik, dan Mudah, Anak Kos Wajib Coba!

3. Bologna book exhibition, Italia

Bologna book exhibition

Sumber:Advocate Art

Jika selama ini book festival identik dengan suasana yang kaku dan hanya cocok untuk orang dewasa, maka tidak halnya dengan book festival yang berlokasi di kota Bologna, Italia, yaitu Bologna book exhibition. Karena book festival ini memang panitia tujukan untuk anak-anak.

Jadi, memang desain dan rangkaian acaranya pun sangat sesuai dengan minat anak-anak RoomMies. Tapi tenang, orang dewasa juga bisa tetap menikmati book festival ini kok. Karena Bologna book exhibition juga menjual beragam jenis buku dan juga menyediakan acara untuk orang dewasa.

4. London book fair, Inggris

Bologna book exhibition

Sumber:Reed Exhibitions

Belum lengkap rasanya kalau membahas book festival tanpa membahas London festival book fair. Londok book fair merupakan festival buku terbesar kedua Eropa setelah book festival Frankfurt, Jerman.

Book festival yang sudah ada sejak tahun 1971 dengan jumlah pengisi pameran adalah 22 penerbit. Namun, London book fair mulai berkembang pesat empat tahun kemudian, atau tepatnya pada tahun 1975. Book festival  ini juga sering menghadirkan para pemenang penghargaan Nobel.

BACA JUGA: 7 Cara Mencari Waktu untuk Membaca Buku bagi Anak Kost

5. Tokyo international literary festival, Jepang

Festival buku-Festival buku jepang

Sumber:Nippon

Jepang tidak hanya terkenal akan keindahan negara dan budayanya aja lho RoomMies. Tapi ternyata Jepang juga terkenal akan book festival yang juga gak kalah keren dari negara lain. Festival buku ini biasanya menghadirkan beberapa penulis terkenal. Seperti Tash Aw, Jeffery Eugenides, dan David Mitchel.

6. Sydney Writers’ Festival, Australia

Festival buku di seluruh dunia-sydney writers festival

Sumber:Macquarie University

Negara yang berlokasi tidak jauh dari Indonesia ini punya book festival yang keren banget. Setiap tahunnya book festival yang dihadiri 100.000 pengunjung ini, memiliki 300 rangkaian acara dalam satu minggu perhelatan.

Menariknya lagi anak kost bisa bertukar pikiran langsung dengan para seniman, dari mulai penulis skenario, fiksi dan non-fiksi, puisi, seni pertunjukan, biografi, dan sastra anak-anak.

Untuk RoomMies yang suka banget baca buku, jadi pengen banget kan mengunjungi book festival yang udah RoomMe sebutkan tadi. Jadi, kalau ada kesempatan silahkan berkunjung ke book festival tersebut ya. Ssst, book festival yang telah RoomMe sebutkan tersebut tetap berlangsung meskipun sedang ada pandemi COVID-19.

BACA JUGA: 5 Tips Nyaman Membaca Buku di Tempat Tidur

Artikel Rekomendasi kami