Home > Travel > 6 Rekomendasi Galeri Seni di Jakarta untuk Liburan Akhir Pekan yang Unik

6 Rekomendasi Galeri Seni di Jakarta untuk Liburan Akhir Pekan yang Unik

6 Rekomendasi Galeri Seni di Jakarta untuk Liburan Akhir Pekan yang Unik

Bagi RoomMies yang ada di Jakarta, libur akhir pekan atau waktu luang lainnya mungkin sering dihabiskan dengan ke mal atau nongkrong di kafe-kafe seru. Tapi, kalau mau coba suasana lain sambil menambah pengetahuan soal seni, galeri seni di Jakarta bisa jadi tujuan kamu selanjutnya.

Sebagai ibukota negara, Jakarta juga jadi tempat para seniman berkarya dan penggemar seni berkumpul. Galeri seni seringkali merupakan perwujudan kecintaan seniman atau penyuka seni. Mereka ingin membuat suatu tempat untuk mengumpulkan karya-karya seni dan bisa dinikmati oleh publik. Dengan begitu, publik juga bisa lebih menghargai dan bertambah pengetahuan soal karya seni.

Galeri Seni di Jakarta

Jika tertarik mengunjungi galeri seni di Jakarta, berikut beberapa tempat yang bisa kamu jajal. Selain menambah wawasan seni, galeri seni juga tempat yang instagramable untuk menambah koleksi foto kamu.

1. Art 1: New Museum

galeri seni di Jakarta

Sumber: Eazel.net

Alamat: Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3, Jakarta Utara 10720

Galeri seni yang berada di dekat kawasan Kemayoran ini merupakan salah satu pionir bisnis seni di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1983, galeri seni yang awalnya bernama Mon Décor Gallery ini memamerkan lebih dari 2.000 karya seni dari seniman-seniman terkemuka Indonesia, seniman kontemporer, juga seniman mancanegara.

galeri seni di Jakarta

Sumber: Observer.id

Pada tahun 2011, Mon Décor Gallery melakukan renovasi bangunan dan mengubah konsepnya. Semula sebagai tempat memamerkan (art gallery) karya seni murni, berubah menjadi museum, ruang seni, dan institut seni. Pembaruan konsep ini bertujuan untuk memberikan dukungan pertumbuhan infrastruktur seni di Indonesia.

Untuk bisa masuk menikmati karya seni di Art 1, pengunjung perlu membayar Rp100.000 (umum), Rp75.000 (mahasiswa), Rp50.000 (pelajar), Rp150.000 (wisatawan luar negeri), dan gratis bagi anak berumur di bawah 12 tahun. Galeri yang interiornya di dominasi putih ini buka dari hari Selasa – Minggu, pukul 10.00 – 18.00 WIB dan bisa disewa untuk tempat mengadakan event-event perusahaan.

2. Galeri Nasional Indonesia

galeri seni di jakarta ganas

Sumber: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Alamat: Jl. Medan Merdeka Timur No. 14, Jakarta Pusat

Mungkin kamu sudah sering mendengar nama Galeri Nasional Indonesia, tapi tahukah kamu bahwa tempat ini adalah milik pemerintah? Tentu saja, dunia seni tidak luput dari perhatian pemerintah. Karena ini, galeri seni yang diresmikan pada tanggal 8 Mei 1999 ini didirikan untuk melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan koleksi seni sebagai sarana edukasi, serta guna meningkatkan kreativitas dan apresiasi seni. Sebagai milik pemerintah, Galeri Nasional Indonesia dinaungi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

galeri nasional

Sumber: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Koleksi seni di sini terdiri dari lukisan, patung, keramik, hingga karya foto dari seniman-seniman di Indonesia. Termasuk, ada lukisan maestro lukis Raden Saleh dan Basuki Abdullah. Asyiknya, karya-karya terkemuka tadi dapat RoomMies nikmati tanpa mengeluarkan uang sepeser pun alias masuk ke Galeri Nasional gratis!

Waktu bukanya adalah hari Selasa-Minggu dari pukul 09.00 – 16.00 WIB untuk pameran tetap. Galeri Nasional juga sering menjadi tempat pameran seni kontemporer, yang jadwal kunjungnya disesuaikan dengan pameran tersebut.

3. RUCI’s Joint & Art Space

Ruci's Art Gallery

Sumber: Facebook @ruciartspace

Alamat: Jl. Suryo Blk. S No.49, RT.6/RW.6, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan

Di kawasan Senopati yang populer dengan aneka kafe, resto, dan kemacetannya ternyata ada tempat untuk menikmati seni. Bangunan yang terletak bersebelahan dengan lapangan Blok S ini terdiri dari dua lantai. Pada lantai satu digunakan untuk kafe, lantai dua baru untuk ruang seni.

ruang eksebisi ruci

Sumber: Facebook @ruciartspace

Ruci sering menampilkan berbagai pameran seni kotemporer dari seniman kontemporer dalam dan luar negeri. Karya seni yang ditampilkan bisa dari berbagai media, seperti lukisan, fotografi, patung, video, instalasi seni, dan lainnya. Bila tertarik, kamu dapat berkunjung setiap hari dari pukul 11.00 – 19.00 dan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

4. Edwin’s Gallery

edwin's gallery

Sumber: Direktoribisnis.id

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 21, Jakarta Selatan

Galeri seni ini merupakan salah satu galeri seni tertua di Indonesia karena didirikan pada tahun 1984. Tempat yang didirikan oleh seniman Edwin Rahardjo ini juga disebut sebagai ruang seni yang paling aktif. Hingga saat ini, Edwin’s Gallery sudah menyelenggarakan lebih dari 200 pameran seni hasil karya lebih dari 400 seniman dalam dan luar negeri.

Bermula dari ruang galeri kecil pada sebuah garasi, saat ini Edwin’s Gallery bediri pada lahan seluas 2000 meter per segi. Seniman-seniman yang pernah memamerkan karyanya di tempat yang berada pada kawasan Kemang ini, antara lain S. Sudjojono, Mochtar Apin, Affandi, Djoko Pekik, Sunaryo, Donald Friend, Rudolf Bonet, dan Le Mayeu.

5. Museum MACAN

MACAN

Sumber: News.artnet.com

Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Nama Museum MACAN atau Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara pasti sudah sering kamu dengar beberapa waktu belakangan. Galeri seni kontemporer ini ini memang sedang hip banget, meski baru berdiri pada tahun 2017, masyarakat sangat menyambutnya. Popularitas galeri seni sebagai tujuan rekreasi baru masyarakat makin meningkat dengan dibukanya museum ini. Apalagi, pernah menjadi tempat pameran seni seniman kontemporer populer asal Jepang, Yayoi Kusama.

MACAN YAYOI KUSAMA

Sumber: Museummacan.org

Museum yang luasnya sebesar 7100 meter per segi ini didirikan oleh filantropis Haryanto Adikoesoemo dan didesain oleh MET Studio London—sebuah perusahaan desain interior yang telah merancang berbagai galeri seni dan pameran di seluruh dunia. Disebutkan pada situs resminya, Museum MACAN didirikan untuk memberi akses pada publik supaya bisa menikmati seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan seluruh dunia. Karya yang ditampilkan tidak hanya lukisan, tapi juga instalasi seni, video, patung, juga aktivitas workshop dan performance para seniman.

Museum MACAM buka dari hari Selasa – Minggu, mulai pukul 10.00 – 19.00. Untuk masuk, pengunjung perlu membayar sebesar Rp100.000 (dewasa), Rp90.000 (pelajar dan lansia 65 tahun ke atas), dan Rp80.000 (anak-anak 3-12 tahun).

6. Dia.Lo.Gue

Dialogue Artspace

Sumber: Dialogue-Artspace.com

Alamat: Jl. Kemang Selatan No. 99A, Jakarta Selatan

Tidak salah bila mengira Dia.Lo.Gue sebagai tempat nongkrong atau ngopi-ngopi. Pada bagian belakang bangunannya, memang terdapat kafe yang populer di kalangan kaum muda Jakarta Tapi, sesungguhnya, tempat yang dikenal dengan tangga melayang—spot foto instagramable—ini merupakan ruang seni. Sebelum sampai ke kafe, kamu bisa menikmati dulu berbagai lukisan dan karya seni dari seniman-seniman Indonesia yang dipamerkan pada ruang bagian tengah. Kalau tertarik, kamu bisa membelinya.

dialogue pameran

Sumber: Dialogue-Artspace.com

Tidak kalah uniknya, begitu masuk ke Dia.Lo.Gue, kamu akan disuguhi dulu toko merchandise yang menjual berbagai barang karya seniman dan desainer lokal. Ada aksesori fesyen, karya seni, mainan, alat tulis, peralatan rumah tangga, dekorasi ruang, dan masih banyak lagi. Barang-barangnya lucu-lucu,unik, dan limited edition, loh. Kamu pasti gatal pengen membeli salah satunya.

Itulah beberapa rekomendasi galeri seni di Jakarta untuk kamu kunjungi. Sebelum berkunjung untuk menikmati karya seninya, jangan lupa cek dulu peraturan yang berlaku pada pameran atau tempat tersebut. Beberapa tempat seringkali tidak mengijinkan pengunjung untuk memotret, terutama dengan kamera profesional.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami