Home > Travel > 5 Rekomendasi Tempat Glamping di Bogor untuk Staycation yang Berkesan

5 Rekomendasi Tempat Glamping di Bogor untuk Staycation yang Berkesan

5 Rekomendasi Tempat Glamping di Bogor untuk Staycation yang Berkesan

Ingin berlibur dengan suasana glamping tapi malas menempuh waktu lama menuju lokasinya? Glamping di Bogor jawabannya. Bukan hanya wisata alam, kuliner, atau tempat-tempat rekreasi keluarga, Bogor juga menawarkan tempat glamping yang keren dan nyaman.

Glamping atau glamour camping jadi pilihan bagi yang ingin merasakan sensasi berkemah tapi tidak mau ribet dan bisa tetap tampil keren. Tidak perlu membawa peralatan berkemah sendiri, dari tenda, makanan, kasur, hingga toilet sudah disediakan pengelola. Bahkan, tendanya bukan tenda kemah biasa, tapi dari bahan yang kokoh sehingga tidak perlu takut pada terpaan hujan dan angin.

Wilayah Bogor yang masih memiliki wilayah perbukitan nan asri serta terletak di kaki Gunung Salak menjadi tempat yang cocok untuk dibangun glamping. Hanya menempuh waktu dua jam perjalanan dengan kendaraan pribadi, kamu sudah bisa merasakan menginap dengan nyaman di tengah alam terbuka dan udara yang sejuk bebas polusi.

Tertarik glamping di Bogor? Berikut rekomendasi tempat glamping di Kota Hujan tersebut.

1. Alang-Alang Nature Camp

alang-alang nature camp

Sumber: Bogor.pojoksatu.id

Sesuai namanyanya, “tenda” glamping di sini terbuat dari alang-alang atau jerami. Bentuknya seperti saung di sawah, tapi tetap nyaman ditinggali karena bersih dan bisa diisi 2-3 orang. Di dalam saung terdapat tiga buah matras lengkap dengan bantal, guling, dan selimut. Terdapat juga sambungan listrik untuk penerangan serta tempat mengisi baterai handphone dan laptop. Sedangkan, toiletnya terpisah dari lokasi tenda, tapi tetap memadai dan bersih digunakan para tamu,

Meski tidak terdapat AC dalam saung, tidak perlu takut kepanasan. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Salak membuat angin segar selalu berada di lingkungan penginapan dan masuk melalui celah-celah tenda. Malah terasa sejuk alami!

Sepanjang menginap, kamu akan disuguhkan pemandangan pepohonan dan pedesaan yang luas. Di gedung untuk lobi, terdapat kolam renang bila kamu ingin berenang menyegarkan diri. Pada malam hari, bisa mudah menikmati ribuan bintang di angkasa juga gemerlap lampu kota Bogor dari kejauhan.

Alamat: Kavling Auri, Desa Ciconggang, Kel. Sukaharja, Cijeruk, Sukaharja, Kec. Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740.
Telepon: 0812-9264-8859/ 0822 1000 7575 /(021) 42884002
Harga : Rp350.000 hingga Rp450.000 per malam

2. Pondok Rasamala

pondok rasamala

Sumber: Travelingyuk

Selain penginapan jenis vila, Pondok Rasamala juga menawarkan glamping yang bisa digunakan untuk keluarga atau teman-teman se-genk. Keseruan glamping di sini bukan hanya berada di alam terbuka, tapi juga berada di tengah hutan pinus yang rindang dan sejuk. Terasa seperti berkemah konvensional, deh.

Kamu bisa mendengar air mengalir dari curug di dekat perkemahan (lokasinya dekat dengan beberapa curug, yaitu Curug Seribu, Curug Kondang, Curug Pangeran, dan Curug Goa Lumut), cuitan burung-burung di pagi hari, suara serangga dari hutan, menyalakan api unggun, hingga berada di tengah kabut tipis yang dari puncak gunung. Semua terjadi karena tempat glamping terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak.

Ada beberapa tipe tempat glamping yang ditawarkan, dengan kapasitas 4-6 orang, bahkan ada yang muat sampai 10 orang. Dalam tenda, terdapat kasur-kasur berukuran single, plus bantal dan selimut. Kamar mandi dan toilet terpisah dari tenda, tapi tetap bersih dan nyaman digunakan (ada shower dan water heater).

Alamat: Jl Raya Gunung Bunder, Kawasan wisata Gunung Salak Endah, Desa Pamijahan, Kab. Bogor Barat
Telepon: 021- 7250730/72795447/0818 0720 1807/0811 162 905/0818 0754 1854 (reservasi)
Email: rsvn@pondokrasamala.com
Harga: Mulai dari Rp1.850.000 untuk 4 orang. Tambahan sarapan dan api unggun: Rp110.000

3. Soul Camp – Gunung Geulis Campsite

Soul Camp

Sumber: Soul Camp

Berada di lokasi yang diapit Taman Nasional Gede-Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Soul Camp menawarkan konsep perkemahan mewah di alam terbuka dengan aneka aktivitas alam bebas.

Ada beberapa pilihan perkemahan glamor yang ditawarkan, seperti tenda dome bak berkemah pada umumnya dan tenda semi permanen yang memiliki fasilitas ala hotel—termasuk kamar mandi dalam. Masing-masing berkapasitas maksimal empat orang.

Pilihan kegiatannya juga beragam, mulai dari trackking, bersepeda, paralayang, off road, paint ball, hingga arung jeram. Semua dilakukan pada lingkungan dengan pepohonan rimbun dan udara sejuk khas pegunungan karena berada di ketinggian 680 meter dari permukaan laut.

Alamat: Jl. Raya Pasir Angin, Pandansari, Kec. Ciawi, Bogor, Jawa Barat 16720. Koordinat di sini
Telepon: 0818 182 770
Harga: mulai dari Rp580.000 per tenda per malam

4. Forrester Glamping Co.

glamping di bogor forrester

Sumber: Instagram/@forresterglamping

Keseruan petualangan menginap di alam terbuka pada glamping ini dimulai sejak kedatangan. Kamu enggak akan datang langsung ke lokasi menginap, melainkan dijemput dulu di meeting point tertentu menggunakan mobil 4WD (off-road). Jadi, kamu diajak menembus “hutan” selama setengah jam menuju lokasi kemah yang seperti berada di lembah pegunungan.

Tenda-tenda tempat menginap mirip seperti tenda-tenda pada festival-festival musik di luar negeri. Tentu, di Forrester Glamping Co. telah dilengkapi kasur, selimut, bantal, dan perlengkapan menginap lain supaya pengunjung nyaman. Lokasi kamar mandi terpisah dari tenda, tapi nyaman dan bersih, serta disediakan air panas.

Kamu akan bermalam ditemani pemandangan Gunung Salak yang terlihat jelas. Aktivitasnya antara lain api unggun dan menonton film pada malam hari, serta memancing dan trekking ke Curug Panjang pada pagi harinya.

Alamat: Megamendung, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16770. Koordinat di sini
Telepon: 0822 4999 3339
Harga: mulai Rp400.000 per orang per malam (termasuk makan malam dan api unggun)

5. The Carpenter Outdoor

the carpenter outdoor

Sumber: Hipwee

Bila lokasi glamping di Bogor lainnya masih dirasa terlalu jauh dijangkau, ada The Carpenter Outdoor yang berada di wilayah Sentul. Dekat, kan, dari Jakarta? Lokasinya sangat alami, udara sejuk, tanpa polusi udara, dan suara bising kendaraan. Tidak terasa bahwa jarak kamu menginap ke kota Bogor cukup dekat. Pas buat yang mau melepas penat sejenak.

Keunikan lainnya adalah tempat berkemah yang berada di tengah-tengah hutan pinus. Rindang dan sejuk, seperti kemping pada umumnya. Apalagi, tenda yang digunakan juga mirip dengan tenda berkemah para petualang. Hanya, tentu saja, dilengkapi tempat tidur dari busa, bantal, selimut, serta sambungan listrik untuk charge baterai handphone kamu. Sedangkan, kamar mandinya terpisah dari tenda (kamar mandi luar).

Aktivitas yang bisa dilakukan antara lain api unggun, bersantai dengan hammock, hiking, mengunjungi pemandian air panas terdekat, atau pergi ke Curug Kencana untuk bermain di air terjun dan sungainya yang bening.

Alamat: Jl. Tegalluhur, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Koordinat di sini
Telepon: 0812 9016 1108
Harga: mulai Rp355.000 per orang, minimal 4 orang. Tambahan Rp70.000 untuk sarapan & makan malam

Itulah beberapa tempat glamping di Bogor bagi yang ingin mencari tempat staycation yang berbeda. Keindahan alam dan kesejukan udaranya membuat kamu pasti tidak menyangka bahwa lokasi glamping tadi berada dekat dengan ibukota Jakarta.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami