Home > Travel > 4 Tips Liburan Hemat tapi Tetap Menyenangkan

4 Tips Liburan Hemat tapi Tetap Menyenangkan

4 Tips Liburan Hemat tapi Tetap Menyenangkan

Siapa bilang liburan untuk dapat mendapatkan liburan  yang menyenangkan, kamu harus merogeh kocek yang agak dalam. Buktinya, dengan beberapa tips liburan hemat di bawah ini, RoomMies tetap bisa mendapatkan liburan yang berkesan dan menyenangkan kok.

Untuk mendapatkan liburan yang hemat dan menyenangkan, pada dasarnya RoomMies hanya perlu persiapan yang lebih matang dan rinci. Misalnya dalam membeli tiket pesawat sampai tempat tinggal selama berlibur.

Tips Liburan Hemat

Agar RoomMies bisa tetap mendapatkan liburan yang nyaman, menyenangkan, dan tetap hemat. Beberapa hal yang bisa RoomMies lakukan yaitu:

1. Jangan berlibur di akhir tahun atau ketika musim liburan

Liburan di akhir tahun, musim liburan (holiday season), atau ketika anak sekolah sedang libur sekolah biasanya akan menghabiskan biaya yang lebih besar. Karena harga transportasi dan tempat wisata pada masa holiday season biasanya akan lebih besar.

Selain memerlukan biaya yang lebih besar, tempat wisata saat holiday season biasanya akan sangat ramai. Jadi, RoomMies tidak bisa maksimal menikmati liburan.

Oleh karena itu, alangkah baiknya RoomMies memilih liburan ketika tidak musimnya. Misalnya di Bulan Februari-Juni, atau September-Oktober.

2. Beli tiket dari jauh-jauh hari dan cari diskon

Hal lain yang bisa RoomMies lakukan untuk mendapatkan liburan hemat tapi tetap menyenangkan adalah dengan membeli tiket transportasi dari jauh-jauh hari dan jangan lupa untuk mencari tiket diskon.

Jika RoomMies memilih untuk menggunakan kereta pastikan RoomMies membeli tikel minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Sedangkan bila  RoomMies memutuskan untuk pergi dengan pesawat jangan lupa untuk memesan tiket minimal satu bulan sebelum keberangkatan jika RoomMies ingin liburan ke luar kota.

Namun, jika RoomMies ingin liburan ke luar negeri pastikan RoomMies membeli tiket minimal 6 bulan sampai satu tahun sebelum keberangkatan. Karena jika dibeli dari jauh-jauh hari maka kemungkinan RoomMies mendapatkan diskon pun semakin besar. Jadi, uangnya bisa kesimpen untuk kebutuhan libur lainnya.

BACA JUGA:

3. Bawa semua barang  yang biasa digunakan

Harga barang di tempat wisata atau daerah tujuan bisa jadi lebih mahal, dibandingkan di kotamu. Oleh karena itu jangan lupa untuk membawa kebutuhanmu ya, jangan sampai ada yang tertinggal. Darimulai peralatan mandi, sepatu atau sandal cadangan, obat-obatan, sampai baju yang akan digunakan untuk mengunjungi suatu daerah.

4. Pilih transportasi umum di daerah setempat

Ingin mendapatkan liburan hemat tapi tetap berkesan di hati? Kalau iya, setibanya di lokasi liburan jangan menyewa kendaraan pribadi. Alangkah baiknya RoomMies justru menggunakan transportasi umum di daerah tersebut.

Karena ongkos transportasinya biasanya relatif murah, dan RoomMies bisa sekaligus mengenal lebih jauh tentang orang-orang yang ada di daerah tersebut sekaligus menikmati kearifan lokal yang ada di tempat tersebut.

 

Nah, itu tadi RoomMies beberapa tips liburan hemat yang bisa RoomMies terapkan. Walaupun mungkin RoomMies saat ini belum bisa liburan, gak ada salahnya kan menyiapkan rencana liburannya dari jauh-jauh hari.

Artikel Rekomendasi kami