Home > Travel > 4 Gunung yang Sering Dituju Pendaki untuk Menyambut HUT Kemerdekaan RI

4 Gunung yang Sering Dituju Pendaki untuk Menyambut HUT Kemerdekaan RI

4 Gunung yang Sering Dituju Pendaki untuk Menyambut HUT Kemerdekaan RI

Hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia tahun ini sudah di depan mata. Ada banyak cara unik yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya hari sakral tersebut, salah satunya dengan mendaki gunung. Namun, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, kegiatan satu ini akan sulit dilakukan karena ada beberapa gunung yang belum dibuka untuk umum. Kendati demikian, kegiatan mendaki gunung di HUT Kemerdekaan RI bisa dilakukan di tahun berikutnya ketika pandemi COVID-19 sudah berakhir.

Gunung Tertinggi yang Sering Dituju untuk Menyambut HUT Kemerdekaan RI

Adapun gunung-gunung tertinggi yang biasa dituju para pendaki untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI, di antaranya:

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Sumber: Google

Gunung Semeru menjadi gunung pertama yang banyak dituju oleh para pendaki untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Gunung yang secara administratif berada di Kabupaten Malang dan Lumajang ini memiliki ketinggian mencapai 3.676 mdpl. Dan menjadi gunung dengan puncak tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Di gunung ini ada tiga titik yang bisa dijadikan spot untuk melakukan upacara pengibaran bendera merah putih saat 17 Agustus nanti, yaitu di Ranu Pani, Ranu Kumbolo, dan Kalimati.

2. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Sumber: Google

Gunung Merbabu juga banyak dituju oleh para pendaki yang ingin menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Gunung yang terletak di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali ini memiliki ketinggian mencapai 3.145 mdpl.

Terdapat tiga puncak Merbabu yang bisa didaki yaitu Puncak Syarif, Triangulasi, dan Merbabu. Selain itu, ada empat jalur yang bisa dipilih oleh para pendaki di antaranya jalur Selo, Thekelan, Cunthel, dan Wekas.

3. Gunung Gede Pangrango

Gunung Gede Pangrango

Sumber: Google

Gunung berikutnya yang juga banyak didaki menjelang Kemerdekaan RI adalah Gunung Gede Pangrango. Terletak di antara Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2958 mdpl.

Terdapat tiga jalur pendakian yang bisa dilalui untuk bisa mencapai ke puncak Gunung Gede yaitu Gunung Putri (Cianjur), Cibodas, dan Salabintana (Sukabumi). Masing-masing jalur pendakian tersebut memiliki waktu tempuh yang berbeda. Jalur pendakian dari Gunung Putri, memiliki waktu tempuh sekitar 4-6 jam. Sementara, jalur Cibodas dan Salabintana memiliki waktu tempuh sekitar 10-12 jam.

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Sumber: Google

Terakhir ada Gunung Rinjani. Gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini menjadi salah satu gunung favorit yang juga banyak didaki untuk menyambut Hari Kemerdekaan, lho. Gunung Rinjani memiliki ketinggian mencapai 3762 mdpl.

Ada empat jalur pendakian yang bisa dilalui untuk mencapai puncak gunung tersebut yakni jalur Sembalun, jalur Senaru, jalur Aik Berik, dan jalur Timbanuh. Seperti di Gede Pangrango, jalur pendakian di Gunung rinjani juga memiliki waktu tempuh yang berbeda-beda pula.

Itulah empat gunung tertinggi yang biasa dituju para pendaki untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI. Mengingat kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk mendaki ke salah satu gunung tersebut, maka kamu bisa merencanakan pendakian Hari Kemerdekaan di tahun depan.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami