Home > Lifestyle , RoomMe's Event > 4 Amalan Saat Haid Ini Bisa Tetap Menjadi Ladang Pahala di Saat Bulan Ramadhan

4 Amalan Saat Haid Ini Bisa Tetap Menjadi Ladang Pahala di Saat Bulan Ramadhan

4 Amalan Saat Haid Ini Bisa Tetap Menjadi Ladang Pahala di Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang bulan yang penuh berkah dan rahmat. Di bulan yang suci ini kaum muslim menjalankan ibadah puasa sekaligus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun, untuk perempuan yang tengah datang bulan atau haid tidak diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah puasa tersebut. Tak perlu berkecil hati atau khawatir jika amalan ketika Ramadhan dapat berkurang. Kamu tetap bisa menjalankan berbagai amalan saat haid ko RoomMies.

Lantas apa saja sih amalan yang bisa dilakukan ketika haid datang? Berikut ulasannya

4 Amalan Saat Haid

bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. RoomMies tetap bisa memperoleh pahala dengan melakukan amalan saat haid.

1. Mendengarkan Bacaan Al-qur’an

Meskipun ketika haid kamu tidak dapat melakukan puasa maupun membaca Al-quran bukan berarti tidak ada amalan yang bisa dikerjakan. Salah satu amalan saat haid  yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan Al-quran.

Kini, dengan menggunakan teknologi digital mendengarkan al-quran bisa dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan mudah.

Daripada menghabiskan waktu dengan tidur, lebih baik pergunakan waktu tersebut dengan mendengarkan lantunan ayat suci.

Bahkan dalam (QS. Al-A’raf:204) Allah telah berfirman mengenai rahmat yang akan diberikan bagi hambaNya yang mendengar kan dan memperhatikan ayat al-Qur’an ketika dibacakan.

2. Zikir

Selain mendengarkan Al-quran amalan saat haid yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berzikir. Dengan melakukan Zikir, Roommies bisa lebih mendekatkan diri sekaligus mengingat Allah SWT. Selain Zikir, perempuan yang tengah Haid juga tetap diperbolehkan untuk bershalawat Nabi.

Rassullulloh bahkan bersabda bahawa manusia yang nantinya berhak bersamanya ketika hari kiamat tiba ialah yang banyak membacakan sholawat kepadanya.

Haid bukanlah penghalang untuk tetap mengingat Allah dan Rasulullah.

BACA JUGA

3. Memberi Makan Orang yang Tengah Berbuka Puasa

Meskipun ketika haid kamu tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah puasa, namun kamu tetap diperbolehkan untuk menebar kebaikan. Salah satu caranya adalah dengan berbagi makanan dengan orang yang tengah berbuka puasa.

diriwayatkan dalam HR Tirmidzi bahwa barang siapa yang memberikan makanan pada orang yang tengah berpuasa, akan memperoleh pahala yang sama seperti orang yang menjalankan ibadah puasa tanpa perlu mengurangi sedikit pun pahala orang yang tengah berpuasa itu.

4. Bersedekah

Selain berbagi makanan kepada orang yang tengah berbuka, Roommies juga dapat bersedekah sebagai bentuk amalan saat haid.

Bukan hanya dapat membantu saudara-saudara yang tengah membutuhkan, sedekah sendiri banyak sekali manfaatnya. Sedekah dapat dijadikan sebagai tabungan akhirat kelak. Selain itu, sedekah juga dapat mensucikan harta yang dimiliki.

Pahala dari sedekah yang diberikan bahkan mampu terus mengalir meskipun pemberinya telah meninggal dunia.

Banyak orang menunggu memiliki harta sekian banyaknya untuk mau bersedekah. Padahal, bersedekah tidaklah harus memberi dalam jumlah banyak, dengan nominal yang tak  terkira. Bersedekah bisa dilakukan hanya dengan 1000 rupiah.

Melalui gerakan #SeribuUntukBangkit Roommies dapat menjadi bagian dalam gerakan donasi untuk memerangi pandemi.

Tak sedikit orang terdampak akibat covid-19 yang tengah terjadi. Kini saatnya untuk bersama-sama bangkit dari dampak pandemi covid-19 ini. Roommies bisa turut bergabung dalam #SeribuUntukBangkit mulai tanggal 1 Mei- 22 Mei 2020.

 

 

Artikel Rekomendasi kami