Home > Money & Career > 4 Warna Meja Kerja Ini Bisa Usir Bosan saat Bekerja di Kost

4 Warna Meja Kerja Ini Bisa Usir Bosan saat Bekerja di Kost

4 Warna Meja Kerja Ini Bisa Usir Bosan saat Bekerja di Kost

Meja kerja sesekali perlu didekorasi ulang. Alasannya, untuk mengembalikan semangat kerja yang menurun karena bosan pada rutinitas kerja. Motivasi kerja yang menurun ini bisa berdampak pada produktivitas kerja yang menurun juga.

Salah satu cara dekorasi ulang meja kerja adalah menambah sentuhan warna tertentu pada ruang kerja kamu tersebut. Pada penelitian yang dilakukan University of Texas (2007), menemukan jika tempat bekerja yang didominasi warna putih, krem, dan abu-abu dapat menimbulkan perasaan sedih dan depresi, terutama pada wanita. Perasaan serupa terjadi pada pria ketika menemui warna dominan ungu dan oranye pada ruang kerjanya

Warna terbaik untuk meja kerja

Masih dari penelitian yang sama, warna bukan hanya memengaruhi mood kerja, tapi berdampak juga pada produktivitasnya. Bisa lebih baik, bisa juga lebih buruk. Karena itu, untuk memompa semangat kerja, beri sentuhan beberapa warna berikut pada meja kerja kamu.

1. Merah: Fisik

warna meja kerja merah

Warna ini merupakan warna yang menstimulasi fisik supaya lebih aktif. Merah terbukti mampu meningkatkan denyut jantung, aliran darah, dan menguatkan emosi serta passion. Bila pekerjaan kamu banyak melibatkan aktvitas fisik, tambahkan warna merah pada meja kerja untuk menambah semangat kerja.

BACA JUGA: 9 Ide Cara Merapikan Meja Kerja yang Sempit di Kost

2. Biru: Pikiran

warna meja kerja biru

Warna biru dikenal sebagai warna yang membantu membuat tenang pikiran sekaligus meningkatkan fokus. Efek menenangkannya cocok bagi yang sering bekerja di bawah tekanan. Selain itu, biru membantu pikiran lebih jernih dan komunikasi lebih jelas, membantu mengutarakan ide atau pemikiran straight to the point.

BACA JUGA: 8 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Bosan, agar Kembali Semangat!

Gunakan biru pada pekerjaan yang membutuhkan fokus maksimal atau sering menjalankan tugas-tugas administrative. Tambahkan oranye untuk memudahkan mencari inspirasi.

3. Kuning: Emosi

Warna cerah ini mampu meningkatkan energi dan memancarkan perasaan positif. Kuning sering disebut juga warna yang penuh optimism. Mampu meningkatkan emosi dan kepercayaan diri hingga membuat kamu bisa mengeluarkan ide-ide baru. Dalam ilmu psikologi, kuning cocok untuk menstimulasi kreativitas.

Karena itu, mereka yang bekerja di bidang kreatif atau usaha mandiri, tambahkan warna kuning pada meja kerja. Kuning akan membantu menghasilkan ide-ide segar dan membuat kamu lebih optimis pada pekerjaan yang dilakukan.

4. Hijau: Harmonisasi

Tidak seperti warna merah yang mencolok, hijau membuat mata lebih terasa lebih teduh. Warna ini mampu memberikan keseimbangan pada sekitarnya, menimbulkan harmonisasi, sehingga menciptakan rasa lebih tenang dan tentram. Cocok bagi yang sering mengerjakan pekerjaan dalam waktu lama.

BACA JUGA: 8 Cara Simpel Mengurangi Stres ketika Bekerja

Itulah warna-warna yang bisa kamu pilih untuk menambahkan dekorasi pada meja kerja kamu. Hanya disebutkan empat warna karena, menurut psikolog warna, Angela Wright, disebutkan dalam Redbooth.com, adalah warna-warna inti dalam ilmu psikologi. Selain empat warna inti tadi, warna turunan atau kombinasi dari dua warna atau lebih akan memberikan efek yang mirip dengan warna-warna intinya.

Untuk kamu yang kost di RoomMe, gak perlu repot membawa meja kerja ke kost karena hampir di seluruh kost RoomMe sudah menyediakan meja kerja yang nyaman sekali untuk kamu gunakan bekerja. Yuk, tunggu apalagi kost di RoomMe aja, Kost nyaman dengan fasilitas lengkap.

Artikel Rekomendasi kami