Home > Money & Career > Menjadi Tren Terbaru, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Kerja dari Kost

Menjadi Tren Terbaru, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Kerja dari Kost

Menjadi Tren Terbaru, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Kerja dari Kost

Seiring dengan merebaknya pandemi COVID-19, berbagai aktivitas perkantoran harus ditutup dan disarankan untuk kerja dari kost demi menghentikan penyebaran virusnya. Kerja di kost kemudian menyadarkan kita banyak hal, bahwa terkadang beberapa pekerjaan bisa diselesaikan #DiKostAja. Bila di kantor buka laptop, di kost juga sama-sama buka laptop. Di kantor atau kost, sama-sama mengerjakan pekerjaan yang sama. Kerja di kost sekarang ini bisa dibilang menjadi tren terbaru.

Pandemi COVID-19, Kerja di Kost Jadi Tren Terbaru

Bagi sebagian orang, tak perlu bangun pagi, lalu siap-siap ke kantor, langsung buka laptop dengan keadaan belum mandi adalah sebuah kenikmatan. Tapi, ada juga yang merasa bosan jika berlama-lama kerja di kost. Tak bertemu dengan teman kantor, tak ada cerita baru, sampai bingung makan makanan sekitar kost. Terlebih lagi kerja di kost membutuhkan beberapa adaptasi sistem kerja, mulai dari tempat kerja, waktu kerja, sampai suasana kerja.

Kelebihan Kerja dari Kost

1. Enggak perlu mengeluarkan uang transport

Kalau biasanya kamu menyisihkan uang untuk transport, di tren terbaru kerja di kost ini kamu tak perlu menyisihkannya karena tak perlu berangkat ke kantor. Kamu bisa seharian bekerja di kost tanpa pergi ke mana pun, masih dengan piyama, dan tak ada yang mempedulikan kamu udah mandi apa belum.

2. Jam kerja fleksibel, bisa mengerjakan hal lain selain pekerjaan

Salah satu kelebihan kerja di kost adalah jam kerja yang fleksibel yang penting kerjaan beres. Kamu bisa menggeser waktu kerjamu sesuka hati. Kecuali, ketika atasan mengajak meeting via video conference kamu harus siap sedia dalam hal itu. Kelebihannya, kamu jadi bisa mengerjakan berbagai hal selain kerjaan. Misalnya, melakukan hobi kamu atau mengubah posisi barang-barang kamar kostmu.

3. Enggak perlu dress up, bisa kerja dengan penampilan apa pun

Tren terbaru dari kerja di kost adalah kerja dengan piyama. Karena kamu tak perlu bertemu dengan siapa pun, kamu bisa bekerja dengan piyama tanpa perlu mandi dulu sebelum kerja.

4. Kamu punya waktu luang lebih banyak

Ketika kamu kerja Senin sampai Jumat, jam 9 sampai jam 6, pulang kerja capek dan langsung istirahat. Jadi, sepertinya kamu tak punya banyak waktu untuk dirimu sendiri. Nah, sekarang kamu jadi punya banyak waktu untuk mengenal dirimu, melakukan hal yang biasanya tidak kamu lakukan sebelumnya, menemukan hobi baru, dan jadi punya waktu luang lebih banyak untuk dimanfaatkan.

 

BACA JUGA:

Kekurangan Kerja dari Kost

1. Kurang bersosialisasi karena kamu enggak ketemu teman kantor

Sayangnya, kerja di kost enggak selamanya enak. Kadang kita kangen sama teman-teman kantor yang ketemu setiap hari, ngobrolin banyak hal, dan saling mengenal.

2. Jadi kurang kompetitif

Kekurangan kerja di kost selanjutnya kamu jadi kurang kompetitif dengan pekerjaanmu. Hal ini karena kamu tidak melihat langsung apa yang dikerjakan rekan kerjamu, sehingga kurang termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan secepatnya.

3. Jadi sulit berdiskusi dengan rekan kerja

Secanggih apa pun teknologi, tak ada yang bisa mengalahkan komunikasi langsung dengan bertatap muka. Komunikasi tatap muka memang paling efektif agar kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mendapatkan pesannya. Terkadang, kalau berkomunikasi pakai teknologi, jadi suka salah paham. Komunikasi langsung meminimalisasi kesalahpahaman ini.

4. Biaya listrik kost jadi makin naik

Kalau biaya transport jadi hemat, tapi tidak dengan biaya listrik. Kamu jadi harus mengeluarkan uang ekstra untuk kebutuhan listrik. Karena, selama kamu berada di kost, kamu pasti harus menggunakan alat-alat listrik.

Artikel Rekomendasi kami