Home > Money & Career > 6 Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Anak Kost

6 Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Anak Kost

6 Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Anak Kost

Anak kost selalu identik dengan kehidupan yang serba pas demi menghemat uang bulanan yang orang tua kirimkan. Alasannya karena ada beberapa anak kost yang tidak bisa mengelola uang bulanan yang mereka terima. Akibatnya saat tanggal tua tiba, mereka akan mengandalkan mie instan sebagai makanan sehari-hari. Karena itulah anak kost identik dengan mie instan.

Belum lagi ada beberapa anak kost yang tidak bisa atau malas memasak sehingga lebih memilih membeli makanan di luar sana. Padahal membeli makanan setiap kali makan merupakan pemborosan selain itu, makanan yang kamu beli belum tentu sehat.

Tips Menghemat Uang Bulanan Untuk Anak Kost

Karena itu, anak kost harus tau bagaimana tips menghemat uang bulanan agar mereka terhindar dari makan mie instan di setiap bulannya. Dengan menghemat uang bulanan, kehidupan anak kost pasti juga akan lebih menyenangkan karena memiliki uang tabungan yang bisa sewaktu-waktu mereka gunakan saat darurat. Berikut tips menghemat uang bulanan yang bisa kamu praktikan di kehidupan sehari-hari sebagai anak kost.

1. Catat Semua Pengeluaran

Agar semua pengeluaran kamu tercatat dengan baik, ada baiknya saat uang bulanan dari orang tua turun, kamu segera mencatat untuk apa saja uang tersebut kamu gunakan. Catat juga pengeluaran rutin yang harus kamu sediakan mulai dari untuk membayar kost, belanja bulanan, transportasi, uang makan hingga kuota atau pulsa.

Selain itu, usahakan untuk mencatat semua pengeluaran sekecil apapun. Dengan begitu, kamu bisa tau kemana saja uang yang kamu habiskan dalam satu bulan ini. Jika bulan ini uang kamu habis untuk jajan atau belanja hal yang tidak penting, maka di bulan depan kamu bisa mengusahakan agar uang yang kamu miliki tidak habis untuk hal yang sama.

Jika kamu ingin biaya sewa kost lebih murah, kamu bisa menyewa kost di RoomMe. Karena RoomMe menghadirkan beragam pilihan kost yang bisa kamu sesuaikan dengan budget.

2. Masak Sendiri

Jika kamu bisa memasak, usahakan untuk terus memasak untuk makanan kamu setiap harinya. Dengan memasak sendiri, sudah pasti uang yang kamu keluarkan jauh lebih hemat daripada jika kamu membeli makanan jadi. Tidak harus masakan yang susah, ada banyak masakan yang cukup mudah dibuat oleh anak kost. Kamu juga bisa memanfaatkan makanan kaleng seperti sarden atau kornet.

Selain itu, dengan memasak sendiri kamu juga bisa membawa makanan yang kamu masak sebagai bekal untuk ke kampus. Sehingga saat di kampus kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk makan.

Tapi jika kamu tidak bisa memasak, usahakan untuk membeli makanan yang bisa untuk 2 hingga 3 kali makan. Seperti makanan warteg yang cukup murah. Hindari membeli makanan fast food atau restoran karena tentu akan menguras uang bulanan kamu jauh lebih banyak.

3. Bawa Minum Sendiri

Selain membawa bekal ke kampus, usahakan juga untuk membawa minum sendiri. Sadar atau tidak sebenarnya pengeluaran untuk membeli air minum juga cukup banyak jika kamu akumulasikan dalam satu bulan.

Misalnya dalam satu hari kamu membeli 2 minuman seharga 10 ribu, dan dalam seminggu kamu kuliah 4 hari. Jadi dalam satu bulan kamu bisa menghabiskan sekitar 160 ribu. Uang tersebut tentu akan sangat berguna dan menguntungkan jika kamu menyimpannya.

Selain menghemat uang, membawa minum sendiri terutama air putih akan membuat hidup kamu lebih sehat.

BACA JUGA:

4. Jangan Menyimpan Banyak Uang Cash

Memiliki banyak uang cash di dompet, secara tidak langsung membuat kamu lebih boros. Karena dengan uang cash yang banyak, kamu akan mengeluarkan uang untuk membayar apapun tanpa berpikir.

Usahakan untuk membawa uang pas di dalam dompet, karena jika uang yang kamu miliki di dompet pas maka kamu akan berpikir dua kali untuk membelanjakannya.

Selain itu, jika mendapatkan banyak uang logam sebagai kembalian jangan meletakannya begitu saja. Kamu bisa mengumpulkannya dalam satu wadah. Karena bisa saja uang logam tersebut menjadi penyelamat saat kamu benar-benar membutuhkan uang.

5. Hindari Hangout Terlalu Sering

Hangout di luar bersama teman-teman memang hal yang menyenangkan, namun jika terlalu sering tentu akan membuat pengeluaran kamu semakin besar. Jika kamu memiliki teman yang suka mengajak hangout di luar setiap selesai kelas, kamu bisa sesekali menolaknya demi menghemat uang.

Atau kamu juga bisa menghindari hangout di tempat-tempat mahal seperti coffee shop atau mall. Dan menggantinya dengan hangout di kantin kampus.

6. Buat ATM Khusus Untuk Tabungan

Satu hal yang wajib kamu lakukan saat menjadi anak kost ialah dengan membuat ATM khusus untuk menabung. Dengan menabung, maka kamu bisa memiliki uang simpanan yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu. Misalnya saat kamu harus membayar uang praktikum tapi saat yang bersamaan orang tua sedang tidak memiliki uang yang cukup.

Dan jika ATM tabungan yang kamu miliki berbeda dengan ATM yang biasa kamu gunakan, maka peluang uang tabungan digunakan akan semakin kecil.

Artikel Rekomendasi kami