Home > Money & Career > 6 Tips Menghemat Uang ala Anak Kost, Tetap Tajir Selama Sebulan

6 Tips Menghemat Uang ala Anak Kost, Tetap Tajir Selama Sebulan

6 Tips Menghemat Uang ala Anak Kost, Tetap Tajir Selama Sebulan

Anak kost selalu identik dengan keuangan yang terbatas. Setiap uang bulanan yang diterima dari orang tua ataupun dari gaji, harus mereka kelola sebaik mungkin agar mencukupi selama satu bulan ke depan. Karena, itu anak kost dituntut menjalani tips menghemat uang supaya dan tidak menggunakan uang untuk hal-hal tidak penting.

Tips Menghemat Uang ala Anak Kost

Nah, bagi yang ingin menghemat uang bulanan, kamu bisa mencoba tips menghemat uang ala anak kost dibawah ini.

1. Buat anggaran keuangan sebaik mungkin

Agar uang tidak digunakan untuk hal-hal tidak penting, kamu harus membuat anggaran keuangan untuk satu bulan kedepan. Mulai dari pengeluaran untuk biaya sewa kost, makan satu bulan, transportasi, kuota internet, hingga kebutuhan sehari-hari seperti sabun, shampo, dana darurat dan lain sebagainya.

Jika masih ada dana yang tersisa, kamu bisa mengalokasikannya untuk hiburan. Tapi tentu saja, kamu bisa menyisihkannya jika sudah benar-benar memastikan semua dana kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi.

2. Manfaatkan promosi di toko online dan offline

Agar belanja bulanan kamu lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promosi yang sering diadakan oleh minimarket. Kamu juga bisa belanja melalui marketplace. Karena, biasanya barang-barang di marketplace jauh lebih murah dari barang yang berada di toko offline.

3. Masak dan bawa bekal

Makan sehari-hari bisa dikatakan pengeluaran yang cukup besar jika kamu setiap harinya membeli makanan jadi. Agar lebih menghemat pengeluaran, kamu bisa memasak sendiri. Jika tidak mahir memasak, kamu bisa belajar dan mengikuti resep makanan simpel khusus anak kost yang saat ini banyak beredar di internet.

Saat berangkat kuliah ataupun kerja, usahakan juga untuk membawa bekal sendiri dari kost. Itu karena makanan yang berada di kantin kampus atau kafetaria kantor memiliki harga yang jauh lebih mahal dari makanan yang kamu masak sendiri.

Selain membawa bekal, kamu juga perlu membawa minuman sendiri. Membeli air mineral tentunya harus mengeluarkan uang setidaknya Rp4.000. Jika dalam satu hari kamu meminum air mineral dua botol, berarti kamu harus mengeluarkan uang Rp8.000. Nah, jika kamu membawa minum sendiri, uang Rp8.000 tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membeli keperluan lain.

BACA JUGA:

4. Cari wifi gratis

Jika ingin menonton film online atau mengerjakan tugas kuliah, lebih baik cari wifi gratis untuk menghemat kuota bulanan kamu. Beruntung jika kosan kamu tersedia wifi. Jika tidak, kamu bisa memanfaatkan wifi kampus atau kantor (jika diizinkan oleh perusahaan).

5. Hindari nongkrong terlalu sering

Nongkrong bersama teman memang tidak ada salahnya, namun bisa menyebabkan masalah jika kamu melakukannya hampir setiap hari. Kamu akan mengeluarkan uang dan, jika setiap hari dilakukan, otomatis pengeluaran kamu akan lebih banyak. Jadi usahakanlah untuk tidak nongkrong terlalu sering. Usahakan juga untuk membatasi pengeluaran kamu. Misalnya, untuk satu kali nongkrong, maksimal uang yang kamu keluarkan adalah Rp50.000, tidak boleh lebih.

6. Berhenti shopping

Bagi kaum hawa, salah satu godaan terbesar adalah belanja. Baik itu belanja online ataupun belanja langsung di toko. Wanita memang mudah tergiur barang-barang diskon, namun jika kamu tidak terlalu membutuhkan barang tersebut maka urungkanlah niat untuk berbelanja.

Nah, itu, dia beberapa tips menghemat uang ala anak kost yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Artikel Rekomendasi kami