Home > Money & Career > Tips Sukses Interview Online di Kost! No 6 Paling Dinilai Recruiter!

Tips Sukses Interview Online di Kost! No 6 Paling Dinilai Recruiter!

Tips Sukses Interview Online di Kost! No 6 Paling Dinilai Recruiter!

Jika kamu baru saja mendapatkan interview online untuk pertama kali, tak perlu panik, bingung, tapi juga jangan meremehkan! Interview jarak jauh ini tetap membutuhkan persiapan matang meski kamu melakukan wawancara dari kost. Supaya tak ada hambatan dan interview berjalan lancar, kami memiliki beberapa tips sukses untuk wawancara online. Berikut ulasannya.

Tips Sukses Interview Online

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa wawancara online lebih mudah untuk dilakukan. Padahal, interview jarak jauh seperti ini memiliki beberapa hambatan, terutama soal koneksi jaringan internet. Jangan salah HRD tetap akan memperhatikanmu dengan detail. Jangan sampai gagal, ini tips sukses melakukan wawancara pekerjaan secara online.

1. Pakaian rapi dan sopan

pakaian saat interview online

Jika kamu berpikir interview online lebih santai dari interview offline, kama kamu jelas keliru. Pakaian adalah kesan pertama yang akan mempengaruhi penilaian HRD. Pastikan kamu menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Tiidak ada salahnya menggunakan pakaian formal untuk memberi kesan profesional. Ingatlah meskipun kamu melakukan wawancara di kamar sewa kost, bukan berarti kamu berpakaian seperti layaknya orang bangun tidur. Jadi, pastikan selain menggunakan pakaian yang rapi, kamu juga harus tampil menata rambutmu dengan baik dan gunakan makeup agar tampil lebih menarik.

2. Siapkan tempat yang mendukung

Salah satu tantangan dari wawancara online adalah kamu perlu menentukan tempat yang tepat untuk melakukan wawancara. Pilih tempat yang nyaman. Kost nyaman ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, pastikan jika kamar kost bebas dari gangguan seperti suara yang berisik. Pastikan memilih spot dengan tembok yang bersih, rapikan terlebih dahulu kamar kamu sehingga akan lebih enak untuk dilihat.

Seperti Kost RoomMe Tanjung Barat Rancho 21 yang berlokasi di Jagakarsa ini nyaman sekali untuk kamu tempati. Kamarnya yang luas dengan jendela yang besar akan membuat sirkulasi udara pada kamarmu sangat baik. Di sudut kamar terdapat meja kerja yang bisa kamu pakai untuk interview online secara nyaman.

3. Perhatikan volume suara dan pencahayaan

interview online

Sebelum melakukan interview online pastikan untuk memperhatikan segala detailnya, termasuk pencahayaan dan volume suara. Jangan sampai nanti ternyata perangkat elektronik tidak didukung dengan suara yang jernih. Dan pastikan jika pencahayaannya baik. Jangan sampai pula rekturer tidak dapat melihat wajah kamu dengan jelas karena minimnya pencahayaan.

Pencahayaan sendiri memang sangat penting, recruiter bukan hanya saja akan lebih jelas melihat wajahmu, tapi juga gestur dan tatapan saat kamu menjawab pertanyaan yang ia ajukan.

4. Pastikan sudah menguasai pertanyaan umum yang biasa diajukan saat wawancara kerja

Persiapan interview online dan offline pada dasarnya sama, kamu perlu mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan umum yang biasanya diajukan oleh recruiter. Dari mulai kelebihanmu kekurangan, rencana lima tahun mendatang dan berbagai pertanyaan umum lain yang biasanya muncul saat wawancara kerja. Jangan sampai nantinya kamu masih kebingungan saat menjawab pertanyaan.

BACA JUGA: Kesalahan Saat Interview Yang Harus Dihindari Anak Kost

5. Jelaskan kompetensi dengan percaya diri

Salah satu hal terpenting dalam wawancara kerja adalah mengetahui apakah kamu sesuai dengan kriteria posisi pekerjaan tersebut? Apakah kamu memiliki skill yang sesuai untuk mendukung pekerjaan yang kamu lamar. Untuk meyakinkan recruiter kamu perlu menjelaskannya dengan detail dan penuh percaya diri. Ini akan membuat kesan bahwa kamu memang dapat mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik. Menjawab dengan percaya diri dapat membantu meyakinkan recruiter, jika kamu menjawab dengan terbata dan ragu-ragu, bagaimana bisa mereka percaya dengan skill kamu.

BACA JUGA: 5 Pertanyaan Saat Interview Yang Harus Ditanyakan ke HRD

Namun, meskipun kamu harus menjawab dengan percaya diri bukan berarti kamu bisa menjawab dengan arogan dan terkesan sombong. Patikan untuk menjawab pertanyaan dengan sopan tapi juga penuh keyakinan. Selain dengan komunikasi verbal, kamu juga bisa memberikan penekanan dengan gesture. Tapi jangan juga berlebihan, ini bisa mengganggu.

Dan, jangan lupa jelaskan tentang pengalaman kerja sebelumnya yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar saat ini, ya.

6. Wajib memastikan koneksi internet stabil

Hal terpenting saat melakukan wawancara online adalah koneksi internet yang stabil. Semuanya akan sia-sia jika koneksi internet terkendala. Ini memang menjadi salah satu tantangan terbesar saat melakukan wawancara kerja secara online.

Bayangkan jika kamu sudah mempersiapkan segalanya namun harus gagal hanya karna internet kost kamu yang tidak stabil, sudah pasti kamu akan gagal dalam interview online.

Tapi, tenang saja, hal ini gak akan terjadi kalau kamu bisa melakukan wawancara di kamar kost nyaman dengan internet super lancar. Kost di RoomMe internetnya gak pake lemot, internet lancar dan stabil. Kost di RoomMe, wawancara tanpa drama!

 

Artikel Rekomendasi kami