Home > Money & Career > Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan dan Mudah Dilakukan Anak Kost

Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan dan Mudah Dilakukan Anak Kost

Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan dan Mudah Dilakukan Anak Kost

Anak kost, saat ini menguasai bahasa asing merupakan hal yang penting dilakukan karena bisa bermanfaat untuk meningkatkan karir. Nah, untuk RoomMies yang ingin tahu tips belajar bahasa asing, yuk simak tips di bawah ini.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan karir, belajar bahasa asing juga memudahkanmu untuk menonton serial di netflix, meningkatkan rasa percaya diri, dan memudahkanmu untuk mendapatkan teman baru dari negara lain RoomMies.

Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan

Jika RoomMies ingin belajar dan menguasai bahasa asing dengan mudah, ada beberapa tips mudah yang bisa dipraktekkan, yaitu:

1. Belajar setiap hari

Bersama teman

Sumbe:Freepik

Cara lain yang bisa anak kost lakukan untuk belajar bahasa asing adalah berlatih setiap hari. Gak perlu belajar untuk waktu yang lama kok. Meluangkan waktu untuk belajar 5-15 menit di tengah padatnya aktivitas sudah bisa bermanfaat untuk memudahkanmu menguasai bahasa asing.

Bila perlu, RoomMies juga bisa ‘memaksa’ diri untuk menambah satu kosa kata bahasa asing setiap harinya, setelah itu catat di buku kecil dan baca setiap hari. Agar lebih mudah, RoomMies bisa belajar kosa kata yang berkaitan dengan kegiatan atau benda yang sering dilihat setiap hari. Misalnya makan, mandi, membersihkan kamar kost, meja, buku, dan botol minum.

Selain itu, RoomMies juga bisa mengajak teman yang untuk belajar bahasa asing bersama. Karena hal ini bisa semakin memudahkanmu untuk belajar. Jika RoomMies tidak memiliki teman yang mau diajak belajar bahasa asing bersama, maka RoomMies bisa menemukan di sosial media.

2. Nonton film atau mendengarkan musik

Tips belajar bahasa asing-nonton film

Sumber:Freepik

Meskipun terlihat sederhana, faktanya mendengarkan nonton film atau mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara ampuh agar anak kost bisa cepat menguasai bahasa asing loh.

Karena saat menonton film dan mendengarkan musik, secara tidak langsung otak akan lebih menghafal dan bahasa dengan baik. Untuk RoomMies yang ingin menguasai bahasa dengan alfabet seperti bahasa Indonesia, disarankan untuk perlahan tidak menggunakan subtitle sama sekali.

Sedangkan untuk RoomMies yang ingin menguasai bahasa dengan alfabet yang berbeda dengan bahasa Indonesia (seperti Korea atau Rusia), disarankan untuk menggunakan transliterasi (alih aksara alfabet asing ke alfabet Indonesia) tanpa menggunakan subtitle terlebih dahulu. Hal ini bermanfaat untuk memudahkanmu menghafal alfabet bahasa asing.

Jika anak kost sudah menguasai alfabet bahasa asing, perlahan gunakan subitle, dan lambat laun hilangkan subtitle sama sekali.

BACA JUGA:

3. Berbicara dengan diri sendiri

Ngomong sendiri

Sumber:Freepik

Berbicara dengan diri sendiri bukan selalu menjadi hal yang buruk kok RoomMies. Bahkan melansir dari Healthline, berbicara dengan diri sendiri bisa membawa beberapa manfaat. Seperti melatih otak agar tetap fokus dan mengurangi stres.

Nah, saat belajar bahasa asing RoomMies juga bisa ngomong dengan diri sendiri, untuk memudahkan menguasai bahasa asing. Hal ini karena saat berbicara maka otak akan dengan mudah menghafal.

Beberapa kalimat singkat yang bisa diucapkan pada diri sendiri adalah “i want to listen music” atau “what should i do today”. Jangan takut gramatikanya berantakan ya RoomMies.

4. Lakukan test secara rutin

Ikut test

Sumber:Times Higher Education

Untuk mengetahui sejauh mana kamu berhasil menguasai bahasa asing, maka tidak ada salahnya jika kamu melakukan test secara rutin, minimal 2 bulan sekali. Test yang dilakukan juga tidak harus mengeluarkan uang banyak kok RoomMies.

Mengerjakan test toefl di aplikasi handphone juga sudah cukup. Setelah mengikuti test, anak kost bisa mengetahui bagian mana yang harus ditingkatkan lagi. Misalnya ternyata anak kost lemah dalam hal mendengarkan, maka dalam 2 minggu-1 bulan kedepan, anak kost bisa fokus belajar mendengarkan bahasa asing.

Nah, RoomMies itu tadi beberapa tips belajar bahasa asing yang bisa dengan mudah di praktekkan. Intinya saat akan belajar bahasa asing, gak usah malu atau takut salah. Karena justru kesalahan-kesalahan itulah yang nantinya bisa menjadi bahan koreksi agar kamu bisa menguasai bahasa asing dengan lebih baik lagi.

Artikel Rekomendasi kami