Home > Money & Career > 3 Cara Mengatur Waktu dengan Metode Time Blocking

3 Cara Mengatur Waktu dengan Metode Time Blocking

3 Cara Mengatur Waktu dengan Metode Time Blocking

Untuk beberapa orang, kerja dari kost bisa menurunkan produktivitas saat kerja. Namun, RoomMies bisa mengatasi hal ini dengan melakukan metode time blocking. Yuk cari tahu cara melakukan metode time blocking di bawah ini.

Saat kerja dari kost atau dari rumah, seseorang cenderung memiliki waktu bekerja yang lebih panjang dibandingkan kerja di kantor, karena berkurangnya waktu untuk pergi menuju kantor. Hal inilah yang kadang membuat seseorang mengalami penurunan produktivitas saat bekerja karena waktu untuk bekerja dan beristirahat cenderung kurang jelas.

Apa itu Time Blocking?

Cara Mengatur Waktu dengan Metode Time Blocking

Sumber:Pexels

Melansir dari verywell mind metode time blocking atau yang disebut juga dengan monotasking (metode memblokir slot waktu) adalah metode yang digunakan ketika kamu memblokir waktu selama beberapa menit atau jam untuk fokus mengerjakan pekerjaan.

Selain meningkatkan produktivitas melansir dari verywell mind, monotasking juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan kreativitas diri. Karena dalam suatu periode waktu kamu hanya fokus mengerjakan satu pekerjaan saja.

Cara Mengatur Waktu Melakukan Time Blocking

Metode memblokir slot waktu pada dasarnya sangat berguna untuk RoomMies yang sedang kerja di kost atau rumah, namun metode ini juga cocok dipraktikkan saat RoomMies sedang kerja di kantor. Saat kerja di kantor, metode ini bisa bermanfaat untuk mengurangi risiko kamu melakukan lembur hanya karena ada kerjaan yang belum selesai.

Beberapa cara melakukan time blocking yang bisa RoomMies praktikkan, yaitu:

1. Tentukan skala prioritas

Cara pertama yang bisa RoomMies lakukan adalah menentukan skala prioritas. Misalnya dalam seminggu ada 10 artikel yang harus dikerjakan dan 20 artikel yang juga harus di upload. Maka RoomMies harus bisa memilah terlebih dahulu berapa artikel yang harus diselesaikan setiap harinya. Selain itu, tentukan juga pekerjaan mana yang mendesak dan perlu dikerjakan setiap harinya.

BACA JUGA: 7 Cara Mencari Waktu untuk Membaca Buku bagi Anak Kost

2. Tentukan durasi waktu yang ingin di blokir

Setelah itu, menentukan skala prioritas, RoomMies bisa mulai menyusun durasi dan pemblokiran waktu. Misalnya satu artikel bisa kamu kerjakan dalam waktu 2 jam. Jadi jika kamu ingin mengerjakan 2 artikel setiap hari, maka sisihkan waktu sebanyak 4 jam untuk fokus bekerja.

Selain menentukan durasi waktu untuk bekerja, tentukan juga daftar pekerjaan lain yang ingin dikerjakan dan berapa durasi yang diperlukan untuk mengerjakan suatu hal. Misalnya dalam satu hari, RoomMies harus ibadah, makan, membereskan kamar kost, olahraga, dan mencuci baju. Tulis daftar kegiatan dan pekerjaan yang ingin dikerjakan dalam satu hari di selembar kertas, lalu letakkan kertas tersebut di tempat yang sering RoomMies lihat. Misalnya di meja kerja atau di meja samping tempat tidur.

Ssst, bila memungkikan jangan lupa juga untuk menyisihkan waktu untuk sekedar bersantai atau nonton serial di netflix ya. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi risiko RoomMies mengalami stres.

Durasi waktu setiap orang bisa berbeda-beda ya RoomMies. Selain itu, RoomMies juga bisa menentukan sendiri mau bekerja di pagi, siang, sore, atau malam hari. Karena setiap orang memiliki waktu bekerja masing-masing.

3. Konsisten dengan jadwal yang sudah ditentukan

Setelah melakukan beberapa hal di atas, kunci utama kesuksesan melakukan monotasking adalah konsisten dan disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat. Karena ketika satu kali RoomMies sudah tidak konsisten melakukan hal yang sudah ditentukan, maka metode time blocking tidak bisa berjalan dengan lancar.

Jika dalam satu hari tiba-tiba ada kegiatan mendesak yang perlu dilakukan, misalnya menjenguk teman yang sakit atau bertemu saudara jauh, RoomMies disarankan untuk mengerjakan waktu bersantai untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Pada awalnya metode time blocking mungkin terlihat cukup sulit untuk dilakukan. Namun, jika RoomMies tetap konsisten menjalankan metode ini. Maka sebaliknya, metode ini akan terasa sangat membantu RoomMies mengerjakan tugas dan meningkatkan produktivitas kerja.

BACA JUGA:Kuliah Sekaligus Kerja Part Time? Ini Tips untuk Atur Waktu

Artikel Rekomendasi kami