Home > Money & Career > 5 Tanda Kamu Perlu Ambil Cuti Kerja Secepatnya

5 Tanda Kamu Perlu Ambil Cuti Kerja Secepatnya

5 Tanda Kamu Perlu Ambil Cuti Kerja Secepatnya

Bosan terhadap pekerjaan merupakan hal lumrah yang bisa menyerang siapa saja. Ketika perasaan itu datang, kamu mungkin akan kehilangan fokus dalam bekerja, sehingga berdampak pada menurunnya produktivitas. Bila kamu sedang dalam posisi seperti ini sekarang, mengambil cuti kerja dan pergi liburan adalah salah satu kuncinya.

Pasalnya, rasa bosan terhadap pekerjaan bisa menjadi salah satu tanda tubuh dan pikiran membutuhkan sedikit waktu untuk beristirahat. Memaksakan diri untuk bekerja hanya akan membuat keadaan jadi semakin parah dan berujung pada stres. Hal tersebut tentu tidak baik untuk karir dan kelangsungan perusahaan tempatmu bekerja.

Tanda Kamu Perlu Ambil Cuti Kerja

Selain perasaan bosan dan jenuh, ada beberapa tanda lain yang menunjukkan kamu mesti segera cuti, seperti:

1. Pekerjaan seakan tiada habisnya

Pasti kamu merasa pekerjaan terus saja menumpuk dan seolah tak pernah ada habisnya? Selesai satu pekerjaan, pekerjaan lain sudah mengantre untuk segera ditangani. Bila akhirnya jadi banyak pekerjaan yang menumpuk dan terbengkalai, itu artinya cara kerjamu sudah tidak efisien lagi. Untuk itu, segera ajukan cuti untuk pergi berlibur.

2. Sulit untuk fokus pada pekerjaan

Tanda paling umum kamu perlu cuti dari pekerjaan adalah ketika sulit untuk fokus bekerja. Mungkin kamu ingin fokus pada pekerjaan, tapi pikiran sudah tidak bisa. Kamu merasa jika pikiran selalu dipenuhi dengan masalah lain yang membuat kamu tidak fokus saat bekerja.

Kondisi seperti ini tentu saja akan menyebabkan performa kerja kamu jadi menurun. Itu sebabnya, kamu perlu mengajukan cuti kerja secepatnya.

3. Mudah marah

Mudah marah-marah adalah pertanda bahwa tingkat stres kamu sudah terlampau tinggi. Kerjaan yang menumpuk, suasana kantor yang kurang menyenangkan, target yang belum tercapai, serta deadline yang padat bisa menjadi penyebab stres. Jika sudah seperti itu, bersiaplah untuk mengajukan cuti agar pikiran bisa kembali fresh.

4. Mudah merasa lelah

Seperti halnya gadget, tubuh kamu juga perlu diisi ulang agar tetap bisa bekerja secara maksimal. Bila gadget diisi dengan cara dicharge ke aliran listrik, maka tubuh kamu perlu diisi dengan istirahat yang cukup.

Ketika tubuh kamu terus-menerus merasa lelah, kemungkinan ada yang salah dengan tubuhmu. Cuti selama satu atau dua hari bisa kamu gunakan untuk mengistirahatkan fisik serta pikiran yang lelah akibat terlalu banyak bekerja.

5. Tidak ada waktu untuk melakukan hobi

Kapan terakhir kali kamu meluangkan waktu untuk menekuni hobi? Bila untuk menjawabnya kamu membutuhkan waktu yang lama, maka kamu harus mengambil waktu sejenak untuk menekuni hobimu itu.

Meluangkan waktu sekadar menekuni atau melakukan hobi yang disukai akan membuat pikiran kamu tetap fresh, walaupun pekerjaan sedang menumpuk. Maka dari itu, segera ambil cuti dan gunakan untuk melakukan hobi yang kamu sukai.

Itulah lima tanda kamu perlu mengajukan cuti kerja segera. Asalkan kamu menggunakan hak cuti untuk kebutuhan penting, seperti beristirahat dan merilekskan diri sejenak, hal itu tidak ada salahnya, kok.

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami