Home > Money & Career > Minim Risiko, Kenali Reksadana Pasar Uang sebagai Alat Berinvestasi

Minim Risiko, Kenali Reksadana Pasar Uang sebagai Alat Berinvestasi

Minim Risiko, Kenali Reksadana Pasar Uang sebagai Alat Berinvestasi

Sebagai anak muda, investasi harus menjadi salah satu hal yang mulai kamu perhitungkan sedini mungkin. Apalagi, jika kamu sudah mulai memperoleh pendapatan secara rutin perbulannya. Salah satu jenis investasi yang mulai banyak dilirik adalah reksadana pasar uang.

Investasi ini memiliki keuntungan yang cukup menggiurkan jika dibandingkan dengan hanya membiarkan uang diam di bank. Alasan lainnya adalah karena reksadana pasar uang disebut memiliki risiko yang cukup minim dibanding dengan investasi lain, seperti saham. Tapi, tentu saja dengan keuntungan yang lebih rendah dari saham, ya. Semakin berani kamu mengambil resiko, semakin besar pula keuntungan yang akan kamu dapat.

Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita ketahui reksadana pasar uang lebih lanjut.

Apa Itu Reksadana Pasar Uang?

Reksadana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai wadah yang dipakai guna menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk kemudian diinvestasikan. Biasanya, yang membantu investasi adalah para manajer investasi, dan diinvestasikan ke instrumen pasar uang. Contoh instrumen pasar uang adalah mulai dari deposito hingga SBI.

Sebenarnya, tidak ada kewajiban untuk kamu memulai investasi dari reksadana pasar uang. Namun, bagi pemula yang masih asing dengan investasi, takut dan ragu, serta galau, reksadana ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebelum mencoba investasi lain.

Reksadana yang satu ini telah menjadi salah satu instrumen yang stabil. Meskipun kondisi ekonomi global sedang terguncang atau goyah, tetap dapat menghasilkan keuntungan. Apalagi, jika kamu tipe orang yang lebih senang dengan investasi jangka pendek untuk memperoleh keuntungan dalam waktu yang tak terlalu lama.

BACA JUGA: Minat Investasi Mata Uang Asing? Simak Dulu Untung dan Ruginya

Keuntungan Reksadana Pasar Uang

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa jenis reksadana yang satu ini dinilai lebih minim resiko. Namun, ada beberapa manfaat lain yang perlu kamu ketahui. Diantaranya:

1. Keuntungan lebih tinggi

Rata-rata keuntungan yang akan kamu peroleh dari investasi reksadana adalah 6 hingga 7 persen. Jika dibandingkan dengan suku bunga tabungan, tentu investasi ini akan jauh lebih menguntungkan. Tabungan yang kurang dari Rp1 juta saja bisa tidak memperoleh bunga tabungan alias bunganya hanya 0 persen. Ini sebabnya, lebih baik memilih untuk berinvestasi reksadana.

2. Bisa dimulai dari  Rp100.000

Siapa bilang investasi harus dimulai dari nominal yang besar? Kini, kamu bisa turut serta berinvestasi hanya mulai dari Rp100 ribu saja.

Sementara, seperti deposito saja,  kamu harus memiliki uang sekitar Rp5 juta untuk dapat berinvestasi. Apalagi, deposito dikenai pajak. Tentu keuntungan akan semakin menipis, bukan? Sedangkan, reksadana pasar uang tidak dikenai pajak. Jadi, keuntungan yang kamu peroleh adalah keuntungan bersih.

3. Mudah melakukan investasi

Keuntungan lainnya adalah syarat bergabungnya yang sangat mudah dan antiribet. Kamu hanya perlu membuka rekening melalui aplikasi milik manajer investasi. Umumnya, syarat yang diperlukan hanya foto ktp, dan foto selfie saat memegang KTP saja. Namun, ada pula yang meminta foto buku tabungan.

Pembeliannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih produk reksadana yang ingin dibeli. Kemudian, masukan jumlah pembelian dimulai dari Rp100 ribu. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengkonfirmasi pembelian tersebut. Nanti, akan jadwal transfer ke rekening manajer investasi. Jangan lupa untuk mengunggah foto bukti transfernya supata pembelian diproses.

BACA JUGA: Berbagai Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

4. Fleksibel

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mencairkan dana yang sudah kamu investasikan. Bahkan, prosesnya pun sangat cepat. Kamu juga bisa melakukan transaksi jual beli tanpa takut adanya tambahan biaya.  Jenis investasi yang satu ini juga cocok untuk menaruh dana darurat. Uang aman dan kamu pun mendapat keuntungan.

Saran RoomMe, bagi RoomMies yang baru memulai untuk menginjakan kaki di dunia investasi, maka lebih baik menjajal yang resikonya minim. Kamu akan tetap dapat untung hanya dengan menginvestasikan sejumlah uang yang kamu miliki.

Artikel Rekomendasi kami