Home > Money & Career > Ini 5 Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil, Gajinya Tinggi!

Ini 5 Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil, Gajinya Tinggi!

Ini 5 Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil, Gajinya Tinggi!

Indonesia semakin gencar dalam melakukan pembangunan skala besar. Oleh sebab itu, pekerjaan jurusan teknik sipil pun semakin menjanjikan. Jika RoomMies berniat untuk mengambil jurusan yang satu ini, keputusan yang tepat! Selain prospek kerja lulusan teknik sipil yang cerah, gaji yang ditawarkan pun cukup menggiurkan untuk fresh graduate.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil

Berikut beberapa karier yang bisa kamu geluti jika mengambil jurusan teknik sipil.

1. Insinyur Sipil

Pekerjaan yang satu ini memiliki tanggung jawab terhadap manajemen desain, hingga mensupervisi proyek konstruksi. Contohnya, dalam proyek rel kereta api, jembatan, jalan, pelabuhan, bendungan, proyek irigasi, dan lain sebagainya.

Insinyur sipil akan mengambil peran penting dalam mengambil keputusan pada sebuah proyek. Selain itu, ia juga harus mampu untuk memprediksi masalah serta tantangan yang akan dihadapi dalam mengelola sebuah proyek, sekaligus mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Untuk fresh graduate, gaji yang umum diberikan berkisar Rp5 hingga 7 juta.

2. Teknisi Sipil

Seorang teknisi sipil mempunyai tugas untuk menerapkan ilmunya dalam proses merencanakan, merancang, hingga mengawasi konstruksi, struktur, dan fasilitas pada sebuah proyek. Teknisi sipil juga bertugas membantu insinyur sipil dalam menggarap sebuah proyek konstruksi. Gaji yang diberikan berkisar Rp5 hingga 6 juta untuk lulusan baru.

3. Insinyur Sumber Daya Perairan

Pekerjaan yang satu ini berfokus pada pembangunan yang menjadikan sumber daya perairan menjadi lebih optimal. Selain itu, seorang insinyur sumber daya perairan juga harus mampu menghindari dampak buruk atau pencemaran. Prospek kerja yang satu ini memiliki kisaran gaji Rp5 hingga 7 juta untuk lulusan baru.

4. Konsultan Konstruksi

Prospek kerja lulusan teknik sipil selanjutnya adalah menjadi konsultan konstruksi. Tugasnya adalah memberikan saran dalam proyek bangunan, dari mulai ide desain hingga teknik pembangunannya.

Proyek yang umum dilakukan yakni jembatan, jalan tol, saluran pipa, sistem pembuangan, hingga sistem kontrol air. Gaji yang umum diberikan untuk fresh graduate adalah Rp5 hingga 6 juta.

5. Pegawai Negeri Sipil dan BUMN

Salah satu prospek kerja lainnya adalah bekerja di kantor pemerintahan. Kamu bisa bekerja di PMU-Bina Marga, dinas tata kota dan pertamanan, badan perencanaan pembangunan daerah atau nasional, maupun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Selain itu, RoomMies juga dapat berkarir di Badan Usaha Milik Negara (BUMN.) Beberapa perusahan bumn yang membutuhkan lulusan teknik sipil seperti, Waskita Karya, Cipta Karya, Telkom Indonesia, Hutama Karya, hingga PLN.

Salah satu karir yang bisa kamu geluti adalah dengan menjadi pengawas dan penyelidik properti dan infrastruktur pemerintah. Tugasnya, yakni memeriksa properti guna memastikan berjalan sesuai dengan perjanjian kontrak maupun peraturan pemerintah yang telah ditetapkan.

Gaji yang akan didapatkan yakni mulai dari Rp4 juta. Namun, gaji tersebut belum termasuk tunjangan lain yang akan kamu dapatkan.

BACA JUGA: 5 Prospek Kerja yang Cocok untuk Sarjana Ilmu Komunikasi

Artikel Rekomendasi kami