Home > Money & Career > Anak Kost, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Anak Kost, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Anak Kost, Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Program studi teknik informatika merupakan salah satu program studi yang memiliki banyak peminat. Sebagai informasi, jurusan teknik informatika membahas mengenai pengolahan data yang memanfaatkan teknologi komputer dengan menggunakan prinsip dan proses logika.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Prospek kerja lulusan teknik informatika terbilang cerah, karena saat ini semua hal berkaitan dengan teknologi yang mengharuskan perusahaan merekrut orang yang ahli di bidang IT dengan gaji yang lumayan tinggi. Mau tau peluang kerja apa saja bagi kamu yang lulusan teknik informatika? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Programmer

prospek kerja lulusan teknik informatika programmer

Source: Pexels

Prospek kerja teknik informatika yang pertama adalah programmer. Programmer adalah salah satu profesi yang paling banyak dicari di era digital saat ini. Seorang programmer setidaknya harus menguasai satu bahasa pemrograman.

Dalam sebuah perusahaan seorang programmer bertugas untuk menulis barisan kode, menguji sebuah program, menganalisa bug dan error dan melakukan perbaikan pada kekurangan suatu program. Seorang programmer umumnya harus memiliki keahlian untuk membaca source kode, matematika, logika dan algoritma.

Enaknya, programmer bisa bekerja tanpa terikat oleh kantor sebagai freelancer. Gaji seorang programmer rata-rata berkisar Rp 4.500.000 hingga Rp 10.000.000.

2. Android/ iOS Developer

prospek kerja lulusan teknik informatika mobile developer

Source: Construction Executive

Berdasarkan survei dari statista pada tahun 2020 jumlah pengguna smartphone di Indonesia menyentuh angka 81.87 juta pengguna. Perkembangan industri mobile yang cukup pesat, membuat perusahaan mau tidak mau harus mengikutinya.

Untuk android developer, umumnya mereka akan membuat sebuah aplikasi berbasis android hingga nantinya mengunggah aplikasi tersebut ke Google Play Store. Biasanya seorang android developer menggunakan bahasa pemrograman Java atau Kotlin. Hal tersebut berlaku juga untuk iOS developer. Untuk iOS developer mereka menggunakan bahasa pemrograman Swift atau Objective-c dalam membuat sebuah aplikasi.

Rata-rata gaji kedua profesi tersebut ada di angka Rp 4.000.000 hingga Rp 9.000.000 per bulan.

3. System Analyst

prospek kerja lulusan teknik informatika system analyst

Source: King University Online

System analyst merupakan satu tingkatan dari profesi programmer yang mahir mengenai software dengan pengalaman sekitar 3 hingga 5 tahun. Profesi ini bertugas untuk meneliti, menganalisis dan mendesain sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam pekerjaannya, seorang system analyst bekerja berdampingan dengan seorang programmer untuk mengatur apa saja yang harus dikerjakan oleh sang programmer. Seorang system analyst juga harus dapat menerjemahkan keinginan klien dan mengubahkan ke dalam dokumen yang dapat dipahami programmer.

Seorang system analyst memiliki penghasilan perbulan di angka Rp 6.500.000 hingga Rp 22.500.000.

BACA JUGA:

4. Game Developer

prospek kerja lulusan teknik informatika game developer

Source: Central College

Untuk pecinta game, game developer bisa jadi merupakan pekerjaan idaman. Seorang game developer harus membuat dan mengembangkan sebuah game untuk berbagai platform mulai dari PC, playstation, nintendo, Android atau iOS.

Tugas mereka bukan hanya sekedar membuat game itu bisa dimainkan, namun mereka juga bertugas untuk membuat karakter hingga mendesain level dari sebuah game. Mereka juga dituntut untuk selalu up to date terhadap perkembangan dunia game agar dapat terus membuat permainan sesuai dengan kemauan pasar.

Dalam sebulan, game developer rata-rata mendapatkan gaji sekitar Rp 4.000.000 hingga Rp 15.000.000.

5. Back End, Front End & Full Stack Developer

web development

Source: Global Graphic Web Design

Ketiga profesi tersebut berkaitan dengan pengembangan sebuah website. Ketiganya juga memiliki tugas yang berbeda-beda.

Back end developer bertugas untuk menangani segala hal dalam pembuatan website yang berkaitan dengan server dan database, umumnya mereka menggunakan bahasa PHP, JavaScript, Python, dan Ruby. Sedangkan front end developer bertugas untuk menghasilkan tampilan sebuah website agar menarik di mata user, mereka biasanya menggunakan baris kode HTML, CSS, dan JavaScript.

Untuk full stack developer sendiri seseorang yang memiliki tugas sebagai back end sekaligus front end developer. Rata-rata gaji per bulan untuk back end developer sekitar Rp 4.600.000 – Rp 9.400.000, front end developer Rp 4.600.00 – Rp 10.000.000 dan full stack developer sekitar Rp 7.200.000 – Rp 10.900.000

6. Database Administrator

database administrator

Source: Oracle

Database administrator merupakan profesi penting di sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab atas semua yang berkaitan dengan database perusahaan mulai dari mendesain, memelihara hingga perbaikan.

Seorang database administrator harus memiliki pengetahuan bahasa pemrograman seperti SQL, OQL, SQL/XML dan XQuery. Di Indonesia rata-rata gaji seorang database administrator sekitar Rp 7.000.000 hingga Rp 17.000.000.

Itulah beberapa prospek kerja jurusan teknik informatika. Semoga bermanfaat RoomMies.

Artikel Rekomendasi kami