Home > Money & Career > 6 Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual, Bisa Bikin Usaha Sendiri

6 Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual, Bisa Bikin Usaha Sendiri

6 Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual, Bisa Bikin Usaha Sendiri

Kuliah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) memang jadi apa? Mungkin kamu sering menanyakan pertanyaan tersebut. Tidak sedikit orang yang masih belum tahu betul prospek kerja desain komunikasi visual. Padahal, jurusan tersebut memiliki berbagai peluang karir, termasuk jika anak kost ingin menggeluti bisnis nantinya. Tak perlu berlama-lama, ini peluang karir lulusan DKV.

Prospek Kerja Desain Komunikasi Visual

Berikut beberapa peluang pekerjaan yang bisa kamu geluti.

1. Desainer Grafis

Salah satu karir utama bagi lulusan desain komunikasi visual adalah dengan menjadi desainer grafis di sebuah perusahaan maupun agensi iklan. Saat ini, lapangan pekerjaan tersebut terbilang cukup luas, mengingat kini sudah memasuki era digital. Promosi konvensional banyak yang berubah menjadi promosi digital dengan berbagai strategi menarik. Oleh sebab itu, peran desainer grafis akan sangat penting,

Tugas desainer grafis sendiri adalah membuat desain dengan memadukan gambar, warna, tipografi dan unsur lainnya dalam suatu karya pekerjaan.

2. Web Designer

Bagi RoomMies yang memiliki ketertarikan untuk mendesain situs, prospek kerja desain komunikasi visual salah satunya adalah menjadi seorang web designer. Namun, bukan hanya keterampilan desain komunikasi visual saja yang kamu perlukan, RoomMies juga harus dibekali dengan kemampuan coding.

3. Illustrator

Profesi yang satu ini mungkin menjadi salah satu alasan banyak orang untuk kuliah di jurusan DKV. Seorang illustrator umumnya memiliki tugas untuk menyediakan gambar ilustrasi untuk menyampampaikan pesan sebuah produk. Dengan begitu, tampilannya jauh lebih menarik. Misalnya gambar untuk poster, iklan, maupun cover novel.

4. Editor Video

Desain komunikasi visual bukan hanya berbicara mengenai gambar tidak bergerak saja, namun juga tentang video. Lulusan jurusan ini pun dituntut untuk dapat menguasai video editing. Jika kamu memang sudah terbiasa menggunakan tools atau software video editing–seperti Final Cut, atau Adobe Premiere–kesempatan untuk berkarir sebagai seorang editor video akan terbuka lebar.

5. Art Director

Bagi RoomMies yang memiliki cita-cita bekerja di dunia pertelevisian maupun media lainnya, tidak ada salahnya untuk memulai karir sebagai art director. Art director sendiri memiliki tanggung jawab terhadap gambar maupun desain visual di berbagai media seperti film, majalah, dan lainnya. Seorang art director nantinya dituntut untuk dapat membuat desain visual secara menyeluruh, baik foto, video dan hal yang berkaitan lainnya.

6. Usaha Desain Sendiri

Tidak mau bekerja di perusahaan? Ini saatnya ciptakan peluang kamu sendiri. Salah satu prospek kerja desain komunikasi visual lainnya adalah kamu bisa meraih peluang bisnismu sendiri. Kamu, bisa menjual desain yang telah kamu buat tanpa perlu bergabung dengan sebuah perusahaan atau agensi tertentu.

Selain itu, kamu juga dapat menjual berbagai barang seperti tas, buku dan benda lain yang membutuhkan desain dalam pembuatannya. Dengan keahlian yang kamu miliki, bisa memulai bisnismu sendiri.

BACA JUGA: 5 Prospek Kerja yang Cocok untuk Sarjana Ilmu Komunikasi

Artikel Rekomendasi kami