Home > Money & Career > Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Bekerja di Perusahaan Startup

Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Bekerja di Perusahaan Startup

Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Bekerja di Perusahaan Startup

Belakangan ini, Indonesia semakin dibanjiri oleh perusahaan-perusahaan startup atau rintisan. Kehadiran perusahaan tersebut pun memberi angin segar bagi para pencari kerja, baik itu yang sudah professional maupun yang baru memasuki dunia kerja.

Selain tawaran gaji besar, kebanggan bisa bekerja di perusahaan rintisan menjadi hal yang amat didambakan oleh para pencari kerja. Apalagi jika bisa bekerja di perusahaan startup yang sudah berlabel unicorn”, pastinya bakal semakin bangga, deh.

Tapi, sebelum memutuskan untuk bekerja di perusahaan startup pertimbangkan dulu beberapa hal ini agar kamu tidak menyesal nantinya.

1. Budaya kerja yang dinamis

Seperti yang kita tahu, perusahaan berbasis digital startup biasanya tengah berlomba-lomba agar bisa bersaing dengan perusahaan lainnya. Banyak perusahaan rintisan kini yang mencari kandidat yang mampu bekerja dengan ritme cepat dan tanpa henti.

Hal ini wajar, apalagi saat kamu ingin bekerja di perusahaan startup. Sebab, budaya kerja perusahaan startup memang sangat dinamis, sehingga kamu bisa saja harus bekerja meski di hari weekend sekalipun.

2. Tingkat stres yang tinggi

Bekerja di perusahaan rintisan memiliki tingkat stres yang cukup tinggi daripada perusahaan konvensional. Pasalnya, karyawan di perusahaan startup dituntut mampu melakukan pekerjaan di luar kemampuannya.

Selain itu, target kerja yang tinggi dan harus diselesaikan dalam waktu singkat juga bisa membuat para karyawan di startup mengalami stres karena pekerjaan. Oleh karena itu, kamu harus memiliki mental yang kuat dan manajemen stres yang baik untuk bisa bekerja di perusahaan rintisan.

3. Tidak ada jenjang karir

Struktur organisasi di startup biasanya masih sangat terbatas. Di samping itu, tidak begitu banyak divisi atau lapisan atasan seperti di perusahaan konvensional pada umumnya.

Bila kamu memutuskan untuk bekerja di perusahaan rintisan mau tidak mau jenjang karir kamu akan mentok. Tapi tidak menutup kemungkinan peluang kamu untuk mendapatkan jabatan yang tinggi di perusahaan rintisan juga sangat besar, terlebih jika selama bekerja performa kamu terlihat baik.

4. Bisa mengembangkan soft-skills

Ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bekerja di perusahaan rintisan yaitu bisa mengembangkan soft-skills. Pasalnya, bekerja di perusahaan rintisan mau tidak mau kamu bakal mengerjakan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang kamu.

Perusahaan rintisan pada umumnya menuntut para karyawannya untuk bisa menguasai beberapa bidang sekaligus. Jadi, jika kamu benar-benar ingin belajar dan mengembangkan soft-skills, kamu bisa bekerja di perusahaan rintisan.

Bekerja dengan budaya digital startup memang mengasyikkan, terutama buat kamu yang senang berpetualang dan mencari pengalaman baru. Meski begitu, kamu juga harus mempertimbangan empat hal di atas sebelum memutuskan untuk bekerja di perusahaan tersebut. Jangan sampai, penyesalan justru datang setelah kamu bekerja di perusahaan rintisan, ya.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami