Home > Money & Career > 8 Persiapan supaya Anak Kost Sukses Memasuki Dunia Kerja di Tahun 2021

8 Persiapan supaya Anak Kost Sukses Memasuki Dunia Kerja di Tahun 2021

8 Persiapan supaya Anak Kost Sukses Memasuki Dunia Kerja di Tahun 2021

Sebagian besar orang pasti sepakat 2020 adalah tahun yang sulit dan penuh tantangan, tidak terkecuali pada dunia kerja. Hampir setiap orang merasakan kariernya terdampak oleh hadirnya pandemi COVID-19 di dunia. Meski demikian, supaya anak kost bisa sukses menghadapi tahun yang baru, persiapan memasuki dunia kerja tetap perlu dilakukan.

Perubahan Dunia Kerja di 2020

Menjelang berakhirnya tahun 2020, masih banyak ketidakpastian dirasakan. Pada benak setiap orang, pasti ada pertanyaan-pertanyaan seperti ‘kapan kita akan kembali ke kantor?’, ‘berapa lama lagi harus bekerja jarak jauh?’, ‘apakah gaji tidak dipotong lagi?’, dan lainnya. Banyak hal berubah dalam waktu setahun, bahkan ada yang menjadi ‘kebiasaan baru’. Ada kemungkinan beberapa hal tidak akan kembali seperti sebelumnya.

Ketika kita melihat kembali ke belakang, perjalanan karier sepanjang 2020 ini bukan hal mudah. Prediksi karier 202 pun banyak yang meleset karena tidak menyangka pandemi akan melanda sedemikian kerasnya. Selama itu pula, dunia banyak perubahan yang berpengaruh pada pekerjaan dan cara mencari pekerjaan.

Perubahan tersebut antara lain bekerja jarak jauh atau work-from-kost menjadi sebuah kebiasaan saat ini. Ditambah lagi, absen kerja, meeting, menyelesaikan pekerjaan, mengikuti pelatihan, hingga berburu kerja, wawancara kerja, dan menjalani proses penerimaan karyawan dilakukan serba online saat ini.

Setiap pekerja menjadi akrab dengan aneka software meeting online, seperti Zoom, Google Hangout, WhatsApp Video Conference, Skype, Blue Jeans, Microsoft Teams, dan lainnya. Duduk depan laptop sepanjang hari sambil memastikan sambungan Internet selalu terkoneksi baik adalah bagian dari rutinitas harian saat ini.

Persiapan Memasuki Dunia Kerja di 2021

Kondisi yang masih belum pasti saat ini bukan berarti menghilangkan semangat menghadapi tahun yang baru. Bergantinya angka pada tahun justru tetap memberikan suntikan semangat untuk bisa menjalani hidup lebih baik lagi. Termasuk, memiliki harapan-harapan baru bagi karier.

Untuk itu, sebelum melangkah, lakukan dulu beberapa persiapan menghadapi dunia kerja di tahun 2021 ini.

1. Tulis pencapaian tahun 2020

Sebelum memulai langkah di tahun 2021, sisihkan waktu untuk duduk dan menulis apa saja yang sudah kamu peroleh dalam perjalanan karier selama tahun 2021. Tuliskan perubahan apa yang dirasakan atau terjadi, hal-hal apa yang didaptasi ke dalam pekerjaan, momen-momen ketika kamu mampu menghadapi kesulitan dan tantangan dengan kekuatan sendiri.

Setelah tuliskan juga bagaimana kamu menghadapi berbagai hal yang terjadi dalam karier di tahun 2020. Apa saja strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan dan hambatan yang ada. Catat strategi atau kemampuan baru yang kamu peroleh untuk kehidupan karier kamu.

2. Update CV dan profil LinkedIn

Aktivitas ini sebenarnya rutin untuk selalu meninjau kembali CV kamu. Tuliskan lagi apa saja perubahan yang kamu alami selama 2020 dan memengaruhi isi CV. Jika tidak ada perubahan, tetap cek kembali CV kamu, sekiranya ada perubahan penulisan atau kalimat supaya lebih menarik lagi.

Sekalipun kamu tidak lagi bekerja gara-gara pandemi, tetap update CV. Tuliskan apa yang kamu lakukan selama tidak bekerja. Adakah kursus online yang diambil untuk meningkatkan kemampuan profesional? Pekerjaan sampingan? Pekerjaan magang? Dengan cara ini, kamu bisa memperlihatkan dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Lakukan hal serupa dengan profil LinkedIn kamu. Pastikan profilnya memperlihatkan kemampuan dan kekuatan kamu. Jika tidak sedang bekerja, aktivkan fitur ‘open to work’ pada profil kamu. Dengan cara ini, kamu bisa terlihat dan dicari oleh para pemberi kerja.

3. Cari pelatihan online

Lakukan riset kursus online atau webinar yang gratis atau terjangkau untuk membantu kamu terinspirasi dan berkembang di tahun yang baru. Kamu bisa mencarinya do LinkedIn, Eventbright, The Open University, Cousera, FutureLearn, dan sebagainya.

Kemungkinan tahun 2021 kita masih akan menghabiskan sebagian besar waktu di tempat tinggal dan bekerja dengan sistem online. Meski begitu, meningkatkan skills tidak boleh absen dan dapat dilakukan secara online juga.

4. Bikin rencana karier satu tahun ke depan

Sekali lagi kamu perlu menuliskan sesuatu. Kali ini, coba tulis rencana apa saja yang akan kamu lakukan di tahun 2021 nanti. Jangan hanya menulisnya sekilas atau singkat-singkat. Bagi-bagi menjadi 12 rencana bulanan, kemudian mingguan dan harian.

Berikan penjelasan singkat masing-masing rencana yang ada tentang goals atau tujuan apa yang mau kamu raih pada waktu-waktu tersebut, cara meraih, dan faktor apa yang diperlukan untuk mencapainya. Dengan demikian, rencana-rencana tersebut terlihat lebih realistis, mampu dijalankan, dan dilakukan pada waktu yang pasti.

5. Mulai menulis jurnal harian

Salah satu cara meningkatkan skills adalah membuat diri lebih terorganisasi. Aktivitas juga menjadi rapi dan terukur. Untuk mengajari diri lebih disiplin, buat jurnal harian pribadi. Setiap malam tulis paling tidak tiga hal yang paling kamu sukuri dan banggakan hari itu. Tidak harus ukurannya adalah sukses besar. Yang penting, tuliskan pengalaman kamu setiap harinya supaya menjaga optimisme sepanjang tahun.

6. Sisihkan waktu untuk self-care dan refleksi diri

Sebelum melangkah ke tahun 2021, sempatkan diri untuk melakukan self-care guna mengenal diri sendiri lebih baik lagi. Kamu dapat melakukannya dengan mengisi free assessment secara online yang terdapat pada situs-situs psikologi, seperti 16 Personalities dan Sparketype. Mengetahui diri sendiri lebih baik bakal membantu kamu membuat keputusan terbaik sepanjang tahun.

7. Menghubungi kenalan lama

Orang-orang seringkali lebih mudah dihubungi ketika sedang musim libur. Itulah saat yang tepat untuk mencoba tersambung kembali dengan teman atau kenalan lama yang sudah tidak bertegur sapa karena kesibukan masing-masing. Dengan membuka kembali hubungan, membuka lagi pintu kesempatan untuk hal baru dalam berkarier.

Namun, jangan terang-terangan mengungkapkan bahwa kamu butuh pekerjaan baru, ya. Biarkan percakapan mengalir dengan alami. Cara sederhana seperti mengirimkan chat, mengucapkan selamat, bertanya apa yang mereka lakukan sekarang, dan beritahu bahwa kamu sedang memikirkan mereka sudah cukup. Jadikan tujuan utamanya adalah untuk menjaga hubungan baik.

8. Cari kerja baru

Kalau kamu ingin menapaki pekerjaan atau karier baru, waktu yang lenggang saat libur akhir tahun gunakan untuk cek lowongan pekerjaan yang baru diunggah. Buka situs-situs lowongan kerja, bookmark laman situs resmi perusahaan yang ingin kamu masuki, atau atur peringatan lowongan baru di LinkedIn.

Begitu melihat pekerjaan yang menarik minat kamu, baca dengan seksama syarat dan cara melamarnya. Lakukan juga sedikit riset pada perusahaannya. Jika yakin ingin melamar, langsung mengirimkan lamaran saat itu juga. Biasanya, begitu perusahaan menemukan kandidat yang cocok, posisi langsung diisi meski batas penutupan lowongan masih jauh.

Setelah memasukkan lamaran tadi, tetap lakukan riset pada posisi dan perusahaan yang dituju. Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan bila sewaktu-waktu dipanggil untuk wawancara kerja. Artinya, kamu sudah ada persiapan memasuki dunia kerja di tahun 2021.

BACA JUGA:

 

Artikel Rekomendasi kami