Home > Money & Career > 4 Cara Melakukan Perencanaan Karir untuk Meraih Sukses di Masa Depan

4 Cara Melakukan Perencanaan Karir untuk Meraih Sukses di Masa Depan

4 Cara Melakukan Perencanaan Karir untuk Meraih Sukses di Masa Depan

Lulus kuliah adalah langkah awal menuju dunia nyata yang sesungguhnya. Di masa ini, RoomMies akan merasa struggle untuk menghadapi dunia orang dewasa. Bagaimana, tidak? Sebab kamu sudah harus mulai memikirkan masa depan, terutama soal pekerjaan. Sebagai seorang fresh graduate, kamu tentu memiliki pengalaman yang minim tentang karir. Namun, dengan perencanaan karir yang matang, kamu bisa menghindari salah pilih pekerjaan di masa mendatang. Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai tuntas.

Perencanaan Karir Masa Depan

Bukan hanya soal fase menganggur, kamu juga akan dihadapkan pada pilihan karir yang begitu bervariasi. Namun, tidak menutup kemungkinan karir yang kamu pilih tersebut ternyata “salah”. Oleh sebab itu, penting untuk membuat perencanaan karir yang matang, kalau bisa dilakukan sejak masih kuliah.

1. Jangan memaksakan diri tetap bertahan di satu pekerjaan jika tidak cocok

Sebagai seorang fresh graduate yang baru masuk ke dunia kerja, kamu pasti memiliki banyak kekhawatiran, seperti apakah pihak HRD perusahaan akan berpikiran negatif kalau melihat kamu sering berganti pekerjaan? Padahal, berganti pekerjaan adalah hal yang normal dan wajar untuk dilakukan. Jika memang RoomMies tidak merasa cocok dengan pekerjaan tersebut, tidak ada salahnya kok untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.

2. Maksimalkan career center yang ada di universitas

Apakah di tempat kuliah RoomMies memiliki career center untuk para mahasiswanya? Jika memang ada, pastikan untuk tidak melewatkan layanan tersebut untuk membantu menemukan jenis pekerjaan yang memang tepat sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Lebih baik mulai berkomunikasi dengan mereka sebelum RoomMies lulus, sehingga perencanaan yang diberikan akan lebih awal. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan pengetahuan mengenai pekerjaan yang cocok dengan keahlian kamu sejak dini.

3. Ambil pekerjaan temporary untuk menambah pengalaman

Banyak orang enggan mencoba pekerjaan dalam waktu singkat karena dianggap membuang waktu. Anggapannta, lebih baik memilih pekerjaan dengan kontrak jangka panjang karena bisa menjamin masa kerja. Padahal, jika RoomMies memang belum bisa menemukan jenis pekerjaan yang cocok, pekerjaan temporary justru sangat membantu.

Kamu bisa memperoleh pengetahuan sekaligus pengalaman secara nyata. Dari situ, kamu bisa tahu, apakah memang pekerjaan tersebut cocok dijalankan atau tidak. Jika tidak cocok pun sebenarnya tak masalah karena pekerjaanya berdurasi cukup singkat.

BACA JUGA: Mau Naik Gaji? Lakukan 4 Tips Ini Saat Negosiasi dengan HRD

4. Luangkan waktu untuk berpikir tentang jenis pekerjaan impian

Luangkanlah waktu untuk benar-benar berpikir mengenai pekerjaan yang kamu inginkan. Kebanyakan fresh graduate melamar di banyak tempat dan pada bermacam pekerjaan selama memenuhi kriteria yang dibutuhkan. Hal tersebut tidaklah salah. Tapi, kamu juga perlu memikirkan jenis pekerjaan yang kamu idamkan dan sesuaikan dengan keahlian yang dimiliki.

Kamu juga bisa menuliskan keahlian apa saja yang dibutuhkan oleh jenis pekerjaan tersebut. Mulailah untuk menyiapkan keahlian ini sejak dini. Sehingga, karir impianmu akan terasa lebih dekat untuk digapai.

Artikel Rekomendasi kami