Home > Money & Career > 3 Penyebab dan Cara Mengatasi Writers Block

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Writers Block

3 Penyebab dan Cara Mengatasi Writers Block

Writers block atau kebuntuan menulis atau saat akan mengerjakan suatu tulisan merupakan hal yang wajar. Namun, jangan biarkan hal ini terus terjadi. Untuk itu segera atasi writers block dengan beberapa cara ini di bawah ini.

Writers block merupakan suatu kondisi yang menyebabkan seorang penulis kehabisan ide untuk menulis atau mencari bahan tulisan. Hal ini bisa terjadi oleh siapa saja, baik penulis yang bekerja full time atau freelance sekalipun.

Kebuntuan menulis juga bisa dialami oleh siapa saja RoomMies. Misalnya untuk mahasiswa yang sedang menyusun tesis ataupun karyawan kantor yang sedang menulis laporan pertanggung jawaban.

Penyebab Writers Block

Penyebab dan cara mengatasi writers block

Sumber:Freepik

Dilansir dari psychology today, writers block biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Burnout

Burnout adalah suatu kondisi ketika seseorang merasa stres dan kelelahan yang berlebihan akibat pekerjaan. Hal ini biasanya terjadi jika kamu sudah terlalu memaksakan diri untuk bekerja, padahal tubuh sudah memberi sinyal untuk istirahat.

2. Adanya distraksi atau gangguan dari lingkungan

Tidak bisa dipungkiri memang salah satu pemicu seseorang mengalami kebuntuan menulis adalah adanya distraksi. Misalnya saja suasana kantor yang terlalu berisik atau adanya suara gonggongan anjing dari tetangga di sekitar kost.

3. Terlalu perfeksionis

Ayo coba ingat lagi sudah berapa paragraf dalam tulisan yang kamu hapus hanya karena kurang puas dengan tulisanmu. Memiliki sifat yang perfeksionis saat menulis memang baik, namun jika hal ini terjadi secara berlebihan. Sifat perfeksionis ini justru bisa membuatmu mudah mengalami kebuntuan menulis.

BACA JUGA: Mental Block Bisa Hambat Kesuksesan Karier, Ini 6 Cara Mengatasinya!

Ragam Cara Mengatasi Writers Block

RoomMies, pada dasarnya writer’s block bisa kamu atasi dengan beberapa cara mudah kok, bahkan beberapa diantaranya bisa RoomMies lakukan meski sedang kerja dari kost:

1. Lakukan hal sederhana untuk membuat diri lebih rileks

Kunci utama yang perlu RoomMies lakukan untuk mengatasi kebuntuan saat menulis adalah membuat diri lebih rileks. Misalnya dengan melakukan olahraga ringan, membuat camilan, jalan-jalan di sekitar lingkungan kost atau kantor, menonton series favorit, ataupun mandi air hangat.

Selain mengatasi kebuntuan saat menulis, melakukan hal sederhana untuk membuat diri lebih rileks juga bisa bermanfaat untuk memicu munculnya inspirasi untuk mengerjakan tulisan lain dan membuatmu lebih berenergi.

2. Jangan paksakan diri untuk menulis

Saat mengalami kebuntuan saat menulis hal pertama yang perlu RoomMies lakukan adalah berhenti sejenak dari menulis. Karena jika RoomMies memaksakan diri menulis saat mengalami kebuntuan, maka hasilnya akan kurang baik.

Cobalah untuk meninggalkan tulisan tersebut selama beberapa saat, sampai pikiranmu menjadi jernih. Jika RoomMies tetap ingin menulis saat mengalami kebuntuan, maka cobalah untuk melakukan free writing atau menulis bebas tentang hal apapun itu yang sedang mengganggu pikiran.

Misalnya sesederhana menuliskan daftar pekerjaan yang ingin kamu selesaikan saat selesai menulis ataupun menulis menu makan selama beberapa hari kedepan.

3. Dengarkan musik favorit

Dilansir dari studio binder, cara lain yang efektif untuk mengatasi kebuntuan saat menulis adalah dengan mendengarkan musik favorit. Hal ini karena mendengarkan musik favorit telah terbukti efektif untuk mengatasi kebuntuan menulis, memicu munculnya kreativitas di otak, dan membuat tubuh lebih berenergi saat bekerja.

Jika RoomMies sudah terbiasa mendengarkan musik saat bekerja, maka saat mengalami kebuntuan menulis coba dengarkan musik dengan genre lain atau coba dengarkan musik yang bisa membawa kenangan menyenangkan di masa lalu.

Pada dasarnya kebuntuan saat menulis bisa kamu atasi dengan cara membuat diri sendiri lebih rileks dan terhindar dari stres. Hal ini akan membuat ide untuk menulis mengalir begitu saja dan RoomMies bisa menghasilkan tulisan yang baik.

Artikel Rekomendasi kami