Home > Money & Career > 6 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

6 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

6 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari Saat Ini

Pekerjaan freelance kini sedang menjadi tren khususnya di Indonesia. Rata-rata orang melakukan pekerjaan freelance karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dikatakan cukup besar untuk beberapa bidang seperti IT dan desain grafis. Selain itu, ada juga orang yang bekerja freelance karena tidak ingin terikat jam kerja.

Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari

Bagi kamu yang ingin bekerja freelance, berikut beberapa daftar pekerjaan freelance yang paling banyak dicari saat ini.

1. Desainer Grafis

Saat ini desainer grafis sangat dibutuhkan khususnya untuk pemasaran sebuah produk. Karena, kini banyak orang yang lebih tertarik dengan visual daripada teks. Belum lagi perkembangan media sosial, terutama Instagram, menuntut semua produk agar memanfaatkan platform tersebut untuk menarik minat masyarakat, agar mengenal dan membeli produk yang mereka tawarkan.

Dan, untuk di Instagram, desain yang menarik menjadi salah satu faktor supaya masyarakat mengikuti akun Instagram tersebut. Desainer grafis banyak dibutuhkan untuk membuat sebuah logo hingga mendesain konten Instagram.

2. Content Writer

Banyak perusahaan yang ingin jika website perusahaannya terus ter-update untuk meningkatkan jumlah kunjungan di websitenya. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan di website adalah dengan membuat artikel ter-update. Disinilah content writer dibutuhkan untuk membuat artikel tersebut agar semakin banyak pembaca maka semakin banyak pula jumlah kunjungan di website.

BACA JUGA:

3. SEO Specialist

SEO specialist sebenarnya cukup berkaitan dengan content writer. Disini SEO specialist bertugas untuk meningkatkan kunjungan pada website. Tugas lainnya, membuat agar website masuk ke urutan pertama dalam kolom pencarian Google.

Pasalnya, saat ini, banyak orang yang memanfaatkan Google untuk mencari informasi. Jika website sudah masuk ke urutan pertama kolom pencarian Google, semakin banyak orang yang bisa mengetahui mengenai perusahaan tersebut.

4. Social Media Specialist

Pengguna media sosial semakin banyak setiap harinya. Dilansir dari Katadata, berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis pada bulan Januari 2019 silam, pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi.

Social media specialist bertanggung jawab untuk mengelola semua media sosial perusahaan mulai dari upload posting, membuat caption, hingga optimasi iklan di sosial media.

5. Web Designer

Saat ini website merupakan salah satu media branding yang sangat penting bagi perusahaan. Melalui website, pelanggan dapat bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai perusahaan. Mulai dari mengenal layanan yang diberikan hingga mengetahui nomor layanan pelanggan yang bisa dihubungi.

Web designer bertugas untuk membuat tampilan sebuah website menjadi menarik dan enak dilihat. Mulai dari tata letak informasi, pemasangan banner, dan lain sebagainya.

6. Voice Over

Di era serba online saat ini, voice over sangat dibutuhkan baik untuk produksi sebuah iklan, video game, materi pembelajaran online, hingga pembacaan audiobook. Seorang voice over talent bertugas untuk memberikan narasi dan dialog yang berkaitan dengan project yang dibutuhkan. Voice over talent juga harus memiliki pelafalan yang bagus serta mampu membaca dialog dengan jelas serta harus memiliki emosi dan nada yang sesuai.

Nah itu beberapa pekerjaan freelance yang saat ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan.

 

 

Artikel Rekomendasi kami