Home > Money & Career > 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Memiliki Sifat Iri Hati

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Memiliki Sifat Iri Hati

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Memiliki Sifat Iri Hati

Persaingan dengan rekan kerja sudah menjadi hal lumrah dalam dunia pekerjaan. Persaingan dalam dunia pekerjaan ini sebenarnya baik untuk melecut para pekerja agar bisa bekerja lebih baik lagi.

Meski sama-sama bersaing untuk bisa mengungguli satu sama lain, hal tersebut tentu harus dilakukan secara sehat dan sportif. Kendati demikian, persaingan ini sering kali tercemari oleh rekan kerja yang memiliki rasa iri hati.

Menghadapi Rekan Kerja yang Suka IriĀ 

Nah, jika kamu kebetulan sedang menghadapi rekan kerja yang seperti itu, jangan buru-buru memusuhinya. Cobalah hadapi mereka yang memiliki sifat iri hati dengan cara berikut ini.

1. Jaga profesionalitas

Menjaga profesionalitas ketika bekerja akan menunjukkan bahwa diri kamu memang lebih baik dari mereka yang iri hati terhadapmu. Jangan pernah sekalipun untuk bersikap kekanak-kanakan dengan menolak tugas karena harus bekerjasama dengan mereka yang memiliki sifat iri hati. Sebab, hal tersebut hanya akan memperlihatkan kekurangan dalam diri kamu pada mereka.

Bersikap biasa saja dan tetap profesional ketika bekerjasama dengan mereka bisa menjadi solusi yang tepat. Saat mereka membutuhkan bantuan terkait pekerjaan, maka berikan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kamu. Jangan dilebihkan, apalagi dikurangi, ya.

2. Jangan pernah balas dendam

Betapa pun kamu kesal dan marah dengan tindakan rekan kerja yang iri hati, jangan pernah terpikirkan untuk melakukan balas dendam. Apalagi sampai membalas perlakuan buruk yang mereka lakukan kepada kamu.

Menghadapi mereka yang iri hati padamu harus dilakukan dengan sikap yang elegan. Termasuk ketika atasan kamu menanyakan konflik yang sedang terjadi, ceritakanlah apa adanya. Bersikap jujur akan menunjukkan hal positif dari diri kamu di hadapan atasan maupun sesama rekan kerja.

3. Bersikap rendah hati

Saat kamu meraih prestasi di tempat kerja, jangan pernah menyombongkan diri, terlebih di hadapan teman kerja. Pasalnya, hal tersebut akan memancing sifat iri hati mereka pada kamu.

Oleh karena itu, agar teman kerja tidak semakin iri hati, alangkah baiknya kamu bersikap rendah hati ketika mendapatkan prestasi di tempat kerja. Dengan bersikap rendah hati, kamu sedikit menghilangkan iri hati mereka kepadamu.

4. Komunikasi sewajarnya

Apabila teman kerja kamu sulit untuk mengubah sifat iri hatinya, maka hal yang harus kamu lakukan adalah berkomunikasi sewajarnya saja. Artinya, komunikasi yang kamu lakukan hanya sebatas tentang pekerjaan saja dan tak lebih dari itu.

Sebab, tipe orang seperti itu cenderung menebar energi negatif ketika kamu terlalu banyak berkomunikasi dengan mereka. Bahkan, bisa berpotensi menimbulkan konflik di tempat kerja yang bisa membuat kamu merasa tidak nyaman.

5. Kenali karakternya lebih dalam

Bila kamu memiliki teman kerja dengan sifat iri hati, jangan langsung menjauhinya atau, bahkan, membencinya. Cobalah untuk mengenalnya lebih dalam karena bisa jadi sifat iri hati yang muncul tidak terkait dengan prestasi kamu di tempat kerja.

Untuk mengenalinya, kamu bisa menanyakannya pada teman dekatnya. Atau, kamu bisa menanyakan kepada pihak HRD untuk mengenali lebih dalam teman kerjamu itu.

Itulah lima cara menghadapi teman kerja yang memiliki sifat iri hati. Semoga cara-cara di atas bermanfaat untuk kamu. Selamat Mencoba!

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami