Home > Money & Career > 7 Manfaat Jomblo dari Sisi Finansial

7 Manfaat Jomblo dari Sisi Finansial

7 Manfaat Jomblo dari Sisi Finansial

Orang yang memutuskan untuk hidup tanpa pasangan alias jomblo, biasanya menjadi sasaran olok-olok yang sangat empuk. Pilihannya untuk hidup sendiri dianggap sebagai penderitaan dan aib yang tidak patut untuk dipertahankan. Padahal, anggapan tersebut tidak selamanya benar, loh, karena banyak sekali manfaat jomblo yang akan kamu dapatkan.

7 Manfaat Jomblo dari Sisi Finansial

Sebuah studi justru menemukan bahwa para jomblo biasanya adalah orang yang lebih sehat daripada orang yang mempunyai hubungan asmara. Penelitian yang diterbitkan dalam Psikologikal Sosial dan Ilmu Kepribadian juga menemukan bahwa seseorang yang takut mengalami konflik jika memiliki hubungan spesial dengan lawan jenis akan lebih bahagia saat mereka jomblo.

Selain manfaat jomblo dari sisi psikologi, ternyata dari sisi finansialpun banyak sekali manfaatnya. Jangan-jangan selama ini punya pacar adalah alasan kamu susah kaya, lho. Oleh karena itu, yuk, simak 7 manfaat jomblo dari sisi finansial yang perlu kamu tahu

1. Bisa Menyisihkan Uang untuk Menabung

Manfaat pertama yang bisa kamu nikmati di antaranya, yaitu kamu bisa menyisihkan lebih banyak uang untuk ditabung. Pasalnya, kamu tidak harus membuat anggaran khusus untuk membeli beberapa keperluan dan pasangan.

Seperti misalnya, untuk membeli hadiah ketika pasangan ulang tahun, wisuda, anniversary hubungan, liburan, makan nonton dan lain sebagainya. Dengan begitu, gaji atau uang yang kamu miliki akan utuh dan 70 persennya bisa kamu gunakan untuk menabung.

Jika disimulasikan mungkin akan seperti ini, dalam satu kali pacaran kamu akan menghabiskan uang sebesar Rp300 ribu. Apabila dalam satu bulan kamu bertemu empat kali, maka penghitungannya:

4 x Rp300 ribu = Rp1,2 juta

Dapat dibayangkan, total biaya yang harus kamu keluarkan untuk pacaran dalam satu bulan sebesar Rp1,2 juta. Cukup besar, bukan? Sebagai jomblo, kamu tidak harus mengeluarkan dana sebesar itu.

Terlebih, dana tersebut juga bisa kamu alihkan untuk ditabung atau digunakan dalam keadaan darurat.

2. Uang yang Dimiliki Bisa untuk Investasi

Manfaat jomblo dari sisi finansial yang kedua adalah kamu bisa menggunakan uang yang kamu miliki untuk berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, kamu pun satu langkah lebih maju untuk mencapai kehidupan yang sejahtera.

Kamu bisa coba untuk berinvestasi di bidang saham, reksadana, maupun obligasi. Melalui investasi, uang yang kamu miliki pun berada di posisi aman bahkan memberikan keuntungan yang berlipat ganda, apabila kamu serius, konsisten dan cerdas dalam menganalisis perkembangan ekonomi.

3. Memiliki Lebih Banyak Waktu untuk Produktif

Manfaat jomblo dari sisi finansial yang berikutnya adalah kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk produktif. Hal tersebut dikarenakan, kamu tidak memiliki waktu khusus atau jadwal untuk bertemu dengan pasangan.

Sehingga, kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan pekerjaan sampingan dan lain sebagainya. Sebab, dengan melakukan pekerjaan sampingan, kamu tidak hanya mendapat penghasilan tambahan, tetapi juga mengisi waktu luangmu dengan lebih produktif.

Tidak hanya itu, sebagai jomblo kamu pun bisa lebih fokus meniti karier tanpa harus memberatkan pasangan. Seperti yang diketahui, banyak orang memutuskan untuk pindah kerja, hanya karena pasangannya tidak setuju dengan pekerjaan yang sedang ditekuni saat ini.

4. Terbebas dari Risiko Berutang

Ketika kamu memutuskan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, pastikan kamu memiliki kemampuan finansial yang mumpuni. Jangan sampai ketika sudah menjalin hubungan, kamu rela berutang hanya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perihal pacaran.

Saat menjalin hubungan, kamu tentu harus mengajak pasanganmu pergi untuk quality time, setidaknya satu kali dalam seminggu. Entah untuk makan, nonton bioskop, atau sekedar jalan-jalan keliling kota hanya untuk menghabiskan waktu bersama.

Semua kegiatan tersebut tentu membutuhkan biaya yang besar dan menguras kantong, bukan? Belum lagi jika pasanganmu hanya ingin pergi ke tempat-tempat yang bagus dan mewah, kamu sudah pasti pusing memikirkan bagaimana cara mendapatkan sejumlah uang untuk bisa memenuhi keinginan pasanganmu.

Salah satu cara yang mungkin terlintas di kepalamu adalah berutang. Kamu bisa saja meminjam uang ke teman, saudara bahkan layanan penyedia pinjaman online. Apabila ke depannya kamu tidak bisa membayar utang-utang tersebut, tentu ini menjadi sebuah petaka.

5. Memiliki Kemampuan Mengatur Keuangan yang Baik

Manfaat jomblo dari sisi finansial yang kelima adalah kamu sudah pasti memiliki kemampuan mengatur keuangan yang baik. Bagaimana tidak? Kamu bisa mengalokasikan uang yang kamu miliki untuk kebutuhan-kebutuhan di masa depan.

Namun, jika kamu memiliki pasangan, semua dana yang sudah dialokasikan tersebut sebagian besarnya mungkin akan terkikis untuk membeli kebutuhan pasangan.

Seperti misalnya, memberi hadiah untuk anniversary, hadiah ulang tahun pasangan bahkan rewards untuk dirimu sendiri karena sudah bekerja keras.

Untuk itu, menyandang status jomblo sejatinya sangat menyenangkan, tidak hanya dari sisi finansial tetapi juga dari psikologis. Hal tersebut dikarenakan, tidak ada yang melarang atau mengomel, apabila kamu melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan pasangan.

6. Bisa Tampil dan Jadi Diri Sendiri

Nyatanya, sebagai jomblo kamu pun memiliki kebebasan berekspresi dalam berperilaku maupun berpenampilan. Kamu bisa tampil sesuai keinginan dan menunjukan jati dirimu yang sebenarnya.

Hal semacam itu mungkin tidak akan kamu dapatkan apabila memiliki pasangan. Pasalnya, kamu secara tidak langsung dituntut untuk tampil sempurna di depan pasangan. Kamu tidak ingin mempermalukan pasangan dengan pakaian dan riasan yang gunakan.

Tidak hanya itu, kamu pun memiliki rasa gengsi dan malu apabila tampil apa adanya. Sehingga, kamu mencari cara untuk bisa tampil menarik, dengan membeli makeup dan pakaian mahal, agar bisa tampil percaya diri. Sangat merepotkan, bukan?

Untuk itu, sebagai jomblo kamu sangat beruntung karena tidak perlu terlalu memusingkan hal-hal semacam itu. Kamu bisa bebas berekspresi dan tampil apa adanya sesuai dengan jati diri.

7. Terbebas dari Tagihan Kartu Kredit yang Membludak

Manfaat jomblo dari sisi finansial yang terakhir adalah kamu bisa terbebas dari risiko membludaknya tagihan kartu kredit.

Karena seperti yang diketahui, kartu kredit memberikan sederet keuntungan dan kemudahan untuk para penggunanya. Tetapi apabila digunakan dengan tidak bijak, semua keuntungan dan kemudahan tersebut justru berujung petaka.

Terlebih jika kamu pacaran, kamu mungkin akan menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Seperti, membeli barang-barang mewah untuk pasangan, traktir makan di restoran mahal, dan lain sebagainya.

Namun, jika kamu jomblo hal itu tidak akan terjadi. Kamu justru bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan kartu kredit untuk membeli keperluan rumah yang harganya cukup mahal, dengan memanfaatkan fasilitas cicilan 0 %. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk modal usaha. Lebih bermanfaat, bukan?

Tips Mengatur Keuangan untuk Jomblo agar Cepat Mapan

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui beberapa manfaat jomblo dari sisi finansial, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tips mengatur keuangan untuk jomblo agar cepat mapan. Adapun tips-tips mengatur keuangan tersebut di antaranya, yaitu:

Berani Berinvestasi

Siapa di sini yang tidak tahu, bahwa dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lebih besar dari menabung yang biasa kamu lakukan. Terlihat dari banyaknya jutawan di dunia yang kariernya sukses di usia muda, karena memiliki investasi.

Maka dari itu, sebagai jomblo kamu harus berani berinvestasi agar cepat mapan. Kamu bisa mulai mencoba beberapa jenis investasi seperti,  saham, reksadana, obligasi korporasi, Surat Berharga Negara (SBN) dan lain sebagainya.

Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya jika kamu mempelajari terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan investasi, keuangan negara dan dunia, perkembangan ekonomi dan lainnya.

BACA JUGA: 

Hal itu berguna untuk melatih daya analisismu dalam berinvestasi. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan dari kamu melakukan investasi, agar bisa memilih jenis investasi yang cocok dan sesuai dengan tujuanmu.

Mengetahui Tujuan Keuangan

Tips berikutnya adalah kamu perlu mengetahui apa mimpi dan tujuan kehidupanmu ke depannya. Karena, dengan tujuan tersebut kamu bisa fokus mengatur keuangan, agar dapat mewujudkan semua mimpi. Selain itu, kamu pun tidak akan mudah menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Hilangkan Kebiasaan Boros

Agar cepat mapan, kamu juga harus menghilangkan kebiasaan menghambur-hamburkan uang atau boros. Khususnya bagi kamu, para jomblo yang tak jarang memanfaatkan momen sendirinya untuk menikmati hidup dengan menghambur-hamburkan uang.

Terlebih begitu menerima gaji, biasanya mereka akan mudah tergiur untuk berbelanja ataupun menghabiskannya untuk bersenang-senang bersama kerabat, dengan alibi “mumpung masih jomblo”.

Meski hal tersebut tidak salah dan dilarang, namun ada baiknya kamu menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain yang lebih penting dan membatasi frekuensi “senang-senang”.

Pisahkan Tabungan yang Dimiliki

Tips terakhir yang perlu kamu ketahui dan lakukan adalah memisahkan tabungan yang kamu miliki atau membuat kategori tabungan. Sebab, banyak dari jomblo memiliki tabungan yang berantakan.

Para jomblo tak jarang hanya memiliki satu rekening tabungan untuk semua keperluan. Mulai dari keperluan makan, ongkos, hingga keperluan darurat lainnya.

Maka dari itu, agar tabunganmu tidak berantakan dan pengaturan keuanganmu lancar, kamu bisa membuka rekening tabungan baru khusus investasi.

Karena dengan membuka tabungan investasi, secara tidak langsung kamu sudah satu langkah lebih maju dari orang-orang lainnya. Pasalnya, investasi dapat membantumu mempersiapkan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Artikel Rekomendasi kami