Home > Money & Career > Agar Tidak Menghambat Karir, Yuk Hindari 4 Kesalahan Dalam Bekerja Berikut Ini

Agar Tidak Menghambat Karir, Yuk Hindari 4 Kesalahan Dalam Bekerja Berikut Ini

Agar Tidak Menghambat Karir, Yuk Hindari 4 Kesalahan Dalam Bekerja Berikut Ini

Dalam bekerja, pasti kita pernah melakukan sejumlah kesalahan, entah yang remeh-temeh atau besar, disengaja atau tidak disengaja, dan lain sebagainya. Meski masih dimaklumi, tapi sejumlah kesalahan dalam bekerja yang kita lakukan tanpa disadari dapat menghambat karir kita kelak, lho.

Nggak mau, kan, karir kamu jadi mandek akibat melakukan kesalahan tersebut. Nah, supaya hal semacam itu tidak terjadi pada kamu, yuk simak kesalahan dalam bekerja yang harus kamu hindari.

Kesalahan Dalam Bekerja yang Patut Hindari Agar Tidak Menghambat Karirmu

1. Tidak mau belajar

Kesalahan dalam bekerja - tidak mau belajar

Kesalahan dalam bekerja pertama yang harus kamu hindari adalah tidak mau belajar. Apalagi, jika pekerjaan saat ini sudah kamu tekuni selama bertahun-tahun, sehingga tak perlu ada lagi hal baru yang perlu kamu pelajari. Padahal, tidak mau belajar sangat tidak baik untuk karirmu kelak.

Pasalnya, ketidakmauan kamu untuk belajar akan membuat kemampuanmu tidak ter-upgrade, sehingga menyebabkan karirmu jadi stagnan. Maka dari itu, kamu harus memacu diri agar terus mau belajar. Pelajari hal-hal apa saja yang menarik bagimu, meskipun itu tak ada hubungannya dengan passion atau bidang pekerjaanmu saat ini. Atau, kamu bisa mempelajari hal-hal yang menjadi kekuranganmu selama ini, sehingga kelemahanmu itu tidak menghambat karirmu di masa depan.

2. Enggan mengambil tanggung jawab yang lebih besar

Kesalahan dalam bekerja berikutnya adalah enggan mengambil tanggung jawab besar. Kesalahan seperti ini seharusnya kamu hindari agar kamu tak terjebak dalam zona nyaman pekerjaan sekarang, sehingga membuat karirmu jadi stagnan.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, kamu harus berani mengambil tanggung jawab pekerjaan yang datang kepadamu. Misalnya, bila atasan kamu memberikan proyek atau pekerjaan yang sulit, maka cobalah untuk mengambilnya. Meski sangat sulit untuk diselesaikan, tapi setidaknya kamu berani untuk mengambil tanggung jawab itu dibandingkan rekan kerjamu yang lain. Percayalah, kamu akan jadi lebih baik jika mau mengambil tanggung jawab pekerjaan itu dan berusaha untuk menyelesaikannya sebaik mungkin.

3. Membiarkan diri tak bahagia dengan pekerjaan sekarang

Ketidakbahagiaan dengan pekerjaan saat ini juga perlu kamu hindari agar karirmu tidak mendek ke depannya. Bila kamu merasakan hal semacam ini, resign adalah jalan satu-satunya untuk menghindarinya. Carilah pekerjaan baru atau tempat kerja yang lebih cocok untukmu. Jangan biarkan dirimu terjebak dalam ketidakbahagiaanmu itu.

Sebaliknya, jika kamu terus memaksakan bekerja dalam ketidakbahagiaan malah membuat performa dan reputasi kerjamu jadi buruk. Akibatnya, kamu pun berpotensi untuk dimarahi oleh atasan atau yang lebih buruk bisa mendapatkan surat peringatan (SP) hingga pemecatan.

4. Mengabaikan relasi yang kamu miliki

Kesalahan dalam bekerja - mengabaikan relasi

Relasi jadi salah satu kunci kesuksesaan untuk mencapai jenjang karir yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, mengabaikan relasi yang kamu miliki adalah sebuah kesalahan dalam bekerja yang perlu kamu hindari. Untuk menghindari kesalahan semacam ini, kamu harus mulai menjalin komunikasi baik dengan para relasimu itu.

Misalnya, dengan menanyai mereka dengan kabar terbaru melalui aplikasi chatting, seperti WhatsApp atau Line. Bila memiliki waktu luang, sempatkan untuk mengajak relasimu untuk sekadar bertemu atau makan bareng di kafe maupun di restoran.

Nah, itulah empat kesalahan dalam bekerja yang mesti kamu hindari atau bahkan tinggalkan agar karirmu tidak stagnan. Yuk, mulai tinggalkan kesalahan-kesalahan yang sudah dijelaskan tadi, ya!

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami