Home > Money & Career > 8 Tips Sukses Job Interview Bahasa Inggris Anti Gagal

8 Tips Sukses Job Interview Bahasa Inggris Anti Gagal

8 Tips Sukses Job Interview Bahasa Inggris Anti Gagal

Bahasa asing kerap kali jadi penghalang bagi jobseeker yang akan melakukan job interview bahasa Inggris. Keterbatasan bahasa dan kurangnya rasa percaya diri saat berbicara bahasa asing jadi alasan utamanya. Padahal sekarang banyak perusahaan multinasional yang menggunakan bahasa Inggris saat interview kandidat.

Bukan hanya untuk mengujimu, perusahaan juga menggunakan bahasa Inggris karena kamu harus bisa berkomunikasi dengan rekan kerja antar negara saat bekerja. Jadi, tak ada salahnya belajar bahasa Inggris sejak dini.

BACA JUGA: 7 Tips Interview Online yang Tepat, Jangan Dianggap Remeh!

Tips Sukses Job Interview Bahasa Inggris

Tips Sukses Job Interview Bahasa Inggris

Sumber: Photo by ijeab from Freepik

Bagi kamu yang sudah dipanggil untuk job interview bahasa Inggris, RoomMe ucapkan Selamat! Sekarang kamu tinggal harus mempersiapkan interview tersebut dengan benar. Begini caranya.

1. Riset tentang perusahaan dan jabatan yang kamu lamar

Banyak orang yang melupakan tahap riset ini. Padahal mengetahui informasi dasar dari perusahaan dan jabatan yang kamu lamar bisa membuat interviewer terkesan. Riset juga akan membantumu menjawab pertanyaan saat ditanya oleh interviewer.

Jangan lupa untuk terjemahkan berbagai informasi tersebut ke dalam bahasa Inggris supaya kamu bisa lancar menjawab pertanyaan. Kamu juga tak akan kehabisan topik baik itu tentang perusahaan, industri, hingga deskripsi pekerjaan yang dilamar.

2. Prediksi pertanyaan yang akan ditanyakan

Tips persiapan job interview bahasa Inggris selanjutnya adalah prediksi pertanyaan yang akan ditanyakan. Biasanya recruiter akan menyuruhmu memperkenalkan diri menggunakan bahasa Inggris. Kuasai tahap tersebut karena kesan pertama di waktu interview yang singkat akan sangat menggambarkan dirimu.

Pertanyaan selanjutnya biasanya mengenai pekerjaan kamu sebelumnya, apa yang kamu kerjakan, achievement apa yang sudah kamu raih selama bekerja dalam posisi itu. Kemudian, skill apa yang kamu miliki sebagai asset perusahaan. Kumpulkan semua pertanyaan tersebut, kemudian terjemahkan dalam bahasa Inggris agar kamu mudah mempelajarinya.

BACA JUGA: Tidak Bisa Menjawab Pertanyaan Saat Interview Kerja? Ini Cara Mengatasinya

3. Berlatih berbicara bahasa Inggris

Dilansir dari The Balance Careers, meluangkan waktu latihan untuk melakukan job interview bahasa Inggris akan mengurangi rasa gugup saat menghadapi recruiter nanti. Kamu bisa minta tolong teman kost untuk simulasi interview.
Coba berlatih pengucapan, artikulasi, pilihan kata yang sudah kamu susun, bahasa tubuh, sampai cara basa-basi ketika kamu tak bisa menjawab pertanyaan recruiter.

4. Tetap tenang dan jaga bahasa tubuh

Karena kamu sudah berlatih dan melakukan persiapan, tetaplah tenang dan jaga bahasa tubuh saat melakukan job interview bahasa Inggris.

Rasa gugup yang kamu rasakan dan kesalahan bahasa yang kamu lakukan sangatlah wajar karena kamu bukan seorang native speaker bahasa Inggris. Tapi kesalahan itu masih bisa kamu tutupi dengan bahasa tubuh.

Bahasa tubuh biasanya tidak disadari, tapi dengan latihan mengendalikannya, kamu bisa menunjukkan kepercayaan diri kepada orang lain sehingga bisa menutupi kesalahan kecil yang kamu lakukan. Bahasa tubuh juga menjadi cara berkomunikasi dengan orang lain, melalui gestur tubuh, ekspresi, dan gerakan.

5. Tanyakan hal yang belum mengerti

Interview merupakan aktivitas dua arah, interviewer ingin mengetahui dirimu, begitu juga dengan kamu yang ingin mengetahui perusahaan. Jangan ragu tanyakan hal yang belum kamu mengerti atau belum jelas kepada interviewer. Tanyakan hak dan kewajiban yang kamu dapatkan dengan jelas, agar tak ada salah paham di kemudian hari.

BACA JUGA: 5 Pertanyaan Saat Interview Yang Harus Ditanyakan ke HRD

6. Bicara dengan kalimat efektif

Tips sukses job interview selanjutnya adalah berbicara dengan kalimat efektif. Tuliskan dulu di secarik kertas kemudian kembangkan dengan bahasamu, tapi jangan kepanjangan dan bertele-tele.
Kalimat kurang efektif membuat interviewer kesulitan menangkap maksud yang kamu sampaikan. Cukup pakai kata seperlunya, singkat, jelas, dan padat.

7. Jaga intonasi dan kecepatan bicara

Saat gugup kita cenderung berbicara lebih cepat agar interview segera selesai. Berbicara cepat tidak mempercepat proses interview, namun hanya akan mengacaukan artikulasi bicara dan intonasi bahasa Inggris yang sudah kamu latih.
Bicara perlahan tapi jelas, agar pesan yang ingin kamu sampaikan akan terkirim dengan baik oleh penerima pesan. Banyak-banyaklah berlatih mendengarkan rekaman atau menonton film berbahasa Inggris untuk dapat mengetahui kecepatan bicara yang ideal dengan Bahasa tersebut.

BACA JUGA: 8 Hal yang Menjadi Perhatian HRD saat Wawancara Pekerjaan

Job interview bahasa Inggris ketika itu bukan Bahasa utama kamu memang menjadi tantangan tersendiri saat melakukannya. Jangan dijadikan halangan dan jadikanlah sebagai motivasi untuk terus belajar. Jangan lupa ikuti tips-tips di atas supaya interview kamu sukses, ya!

Artikel Rekomendasi kami