Home > Money & Career > 6 Pilihan Pekerjaan untuk Orang dengan Kepribadian Introvert

6 Pilihan Pekerjaan untuk Orang dengan Kepribadian Introvert

6 Pilihan Pekerjaan untuk Orang dengan Kepribadian Introvert

Introvert merupakan salah satu jenis kepribadian ketika seseorang dengan kepribadian tersebut tidak menyukai berada di keramaian dan cenderung pendiam. Mereka cenderung merasa lelah jika sedang berkumpul dengan banyak orang dan lebih fokus terhadap perasaannya sendiri. Dibandingkan kepribadian ekstrovert yang senang berbicara, seorang introvert lebih senang menyampaikan pendapatnya melalui tulisan.

Jenis Pekerjaan untuk Kepribadian Introvert

Karena itu, tentu orang dengan kepribadian introvert tidak bisa bekerja di bidang pekerjaan yang mengharuskannya berbicara dengan banyak orang. Bagi kamu yang memiliki kepribadian introvert, berikut merupakan beberapa jenis pekerjaan yang bisa kamu tekuni.

1. Penulis dan Penerjemah

Pekerjaan menjadi seorang penulis adalah salah satu jenis pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kepribadian introvert. Sebabnya, mereka tidak diharuskan bertemu dengan banyak orang. Bahkan, bagi penulis freelance, dia cenderung bekerja sendiri dan bisa tanpa campur tangan orang lain. Dan, jika di perusahaan biasanya seorang penulis, bekerja sama dengan editor dan penulis lainnya.

Sama seperti penulis, seorang penerjemah juga cenderung bekerja sendiri tanpa harus berinteraksi dengan orang lain. Bahkan, kamu bisa bekerja sendirian, karena pekerjaan ini membutuhkan suasana tenang untuk berkonsentrasi.

2. Akuntan

Seorang akuntan diharuskan berhadapan dengan deretan angka. Pekerjaan ini sangat cocok bagi seorang introvert yang memiliki ketelitian dan mampu mengolah angka dengan baik.

Seorang akuntan juga tidak harus berhadapan dengan banyak orang. Bahkan, seorang akuntan bisa bekerja tanpa terikat kontrak perusahaan dengan bekerja sebagai akuntan publik. Namun ,untuk menjadi akuntan publik, kamu harus memiliki sertifikat profesionalnya, ya, yaitu Certified Public Accountant atau CPA.

3. Desain Grafis

Sama seperti seorang penulis, seorang desain grafis dalam pekerjaannya tidak harus bertemu dengan banyak orang. Seperti, ketika bekerja di sebuah agensi periklanan, lebih banyak karyawan di posisi  account executive yang akan bertemu sering bertemu banyak klien. Seorang desain grafis bisa bekerja sendiri (freelance) atau bekerja dengan perusahaan, tergantung mereka lebih nyaman bekerja seperti apa.

BACA JUGA:

4. Editor Video

Semakin berkembangnya Youtube, maka semakin banyak juga profesi editor video yang dibutuhkan. Profesi video editor mengharuskan kamu mengedit potongan video menjadi satu video utuh yang menarik minat penonton. Dalam praktiknya, profesi editor video umumnya bekerja seorang diri dan minim interaksi sehingga sangat cocok bagi orang dengan kepribadian introvert.

5. Pengembang Web dan Programmer

Kedua profesi ini juga cocok digeluti bagi orang dengan kepribadian introvert. Karena, mereka akan terus bergelut dan fokus di depan layar monitor. Bahkan, pekerjaan ini juga bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Namun, kamu harus tetap berkomunikasi intens dengan klien atau atasan.

6. Social Media Specialist

Meski namanya sosial, pekerjaan social media specialist tidak mengharuskan kamu untuk bersosialisasi dengan banyak orang secara langsung. Seorang social media specialist diharuskan memegang kendali akan sosial media sebuah perusahaan yang dipegangnya.

Pekerjaan ini mengharuskan kamu membuat konten dan meningkatkan brand awareness perusahaan. Kamu juga diharuskan untuk menjalin hubungan dengan customer melalui komen dan DM di sosial media.

Itulah beberapa pekerjaan yang cocok untuk kepribadian introvert. Semoga bermanfaat, RoomMies.

Artikel Rekomendasi kami