Home > Money & Career > Ingin Jadi Freelance Writer yang Sukses? Begini Caranya!

Ingin Jadi Freelance Writer yang Sukses? Begini Caranya!

Ingin Jadi Freelance Writer yang Sukses? Begini Caranya!

RoomMies ingin menjadi freelance writer atau penulis lepas tapi masih sering bingung cara memulai dan menjadi sukses? Yuk, cari informasi lengkap cara sukses menjadi freelance writer di bawah ini!

Saat pekerjaan sebagai penulis lepas sudah cukup mulai banyak dilirik banyak orang. Hal ini karena menjadi penulis lepas memiliki banyak keuntungan. Misal, waktu kerja yang lebih fleksibel, bebas menentukan pekerjaan apa yang ingin diambil, dan pendapatan yang pasti cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Selain itu, menjadi seorang penulis lepas lebih mudah untuk berkreativitas dan menemukan waktu mencari ide dan mood menulis supaya lancar menulis. Pasalnya, seorang penulis lepas bebas menulis dimana saja (di kost atau di perpustakaan) dan kapan saja untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tips Sukses Jadi Freelance Writer

Buat RoomMies yang pengen banget jadi penulis lepas yang sukses, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, nih, yaitu:

1. Belajar tentang cara menulis yang baik

Hal pertama yang perlu RoomMies lakukan untuk menjadi freelance writer yang sukses adalah dengan mempelajari banyak hal dasar tentang jenis dan cara menulis dulu, nih. Pasalnya, menulis dan menjadi penulis lepas sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan.

Ada banyak hal yang perlu dipelajarai. Antara lain, jenis tulisan atau artikel, cara menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, tone bahasa yang digunakan (formal, semiformal, atau informal), serta pengetahuan diksi atau pemilihan kata untuk mengungkapkan suatu gagasan.

Jika RoomMies telah menguasai beberapa hal tersebut dengan baik, kamu bisa mendapatkan kesempatan menjadi penulis lepas yang sukses dan dilirik banyak pengguna.

Buat RoomMies yang memang enggak punya dasar pendidikan tentang menulis jangan khawatir. Beberapa hal di atas bisa dipelajari dengan mudah, kok. Salah satu caranya dengan mengikuti kelas menulis online dan belajar otodidak dari internet. Saat ini ada banyak banget, kok, materi tentang cara menulis artikel yang tersebar di internet.

2. Tentukan fokus jenis tulisan yang ingin ditonjolkan

Ada beragam jenis tulisan dan tema artikel yang bisa dipilih. Misalnya, artikel tentang kecantikan, gaya hidup, kesehatan, fashion, jalan-jalan, dan living. Sebenarnya, saat menjadi penulis lepas sebaiknya bisa mengerjakan beberapa jenis tulisan sekaligus.

Namun, alangkah baiknya jika kamu menentukan dulu, nih, fokus tulisan yang ingin dikuasai. Misalnya, bila ingin jadi penulis yang andal dalam bidang kesehatan dan living, maka berlatihlah dengan keras dan tonjolkan kemampuan kamu dalam bidang tersebut saat mengajukan diri sebagai penulis lepas.

BACA JUGA:

3. Memperbarui terus portofolio

Untuk seorang penulis, portofolio merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu memperbarui portofolio minimal 2 bulan sekali ya.

4. Selalu penuhi target atau deadline pada klien

Saat RoomMies sudah benar-benar menjadi seorang penulis lepas jangan lupa untuk selalu memenuhi target yang sudah ditentukan. Karena, hal ini akan sangat berpengaruh pada kredibilitas kamu. Selain itu, memenuhi target juga memungkinkan kamu mudah mendapatkan proyek menulis lainnya. Jangan lupa juga untuk menjalin hubungan yang baik dengan klien, ya, RoomMies.

Menjadi seorang freelance writer yang sukses memang tidak semudah yang dibayangkan. Namun, jika kamu melakukan beberapa hal di atas kemungkinan untuk menjadi freelance writer yang sukses pun akan cukup besar.

Artikel Rekomendasi kami