Home > Money & Career > 5 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Cocok Dicoba Anak Kost

5 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Cocok Dicoba Anak Kost

5 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan yang Cocok Dicoba Anak Kost

Bulan ramadan adalah bulan yang selalu dirindukan oleh seluruh umat muslim setiap tahunnya. Selain sebagai ladang pahala, bulan ini juga bisa dikategorikan sebagai ladang rezeki. Pasalnya, banyak sekali ide bisnis di bulan ramadhan yang menguntungkan .

Berbisnis di bulan Ramadan biasanya akan mendatangkan keuntungan yang besar, terutama yang jeli melihat potensi produk yang dijual. Mulai dari berjualan takjil hingga membuka jasa membuat parsel untuk lebaran, banyak sekali pilihan yang sayang untuk dilewatkan

Ide Bisnis di Bulan Ramadhan

Hal penting yang patut diperhatikan untuk meraup keuntungan adalah berfokus pada kebutuhan masyarakat. Apa yang menjadi kebutuhan teman-teman di rumah kost saat bulan Ramadan, itulah yang harus RoomMies perhatikan baik-baik. Jika kamu ingin memulai bisnis di bulan Ramadhan, berikut bisnis yang bisa menjadi pilihan yang sangat cocok untuk anak kost.

1. Berjualan Aneka Macam Menu Takjil

ide bisnis di bulan ramadhan

sumber: suara

Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit sudah menjadi tradisi yang tidak pernah lepas di bulan Ramadan. Ngabuburit biasanya diisi dengan mencari takjil untuk berbuka puasa.

Nah, ide bisnis pertama yang sangat mudah untuk dicoba anak kost adalah berjualan takjil. Peluang usaha menjual aneka macam menu takjil ini dapat dikatakan cukup menggiurkan karena bisa mendatangkan untung besar.

Selain itu, untuk memulai usaha ini kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu bisa memulainya dengan menjual es teh manis, aneka minuman sirup dingin, jus buah, sop buah atau minuman lainnya. Kamu juga bisa menambahkan menu makanan untuk takjil seperti jajanan pasar, aneka kue basah, martabak mini, puding jagung dan lain sebagainya. Ingat! Patok harga yang sesuai dengan kantong anak kost agar banyak yang membeli menu takjil kamu, namun tetap memberikan untung.

Mulailah untuk menjualnya ke teman-teman kost atau membuka stand kecil di depan rumah kost kamu agar para tetangga sekitar bisa membeli takjil yang kamu jual. Tapi jangan lupa untuk izin ke pemilik kost sebelumnya, yah. 

BACA JUGA: Timun Suri Segar Untuk Buka Puasa, Bermanfaat Juga Buat Kesehatan

2. Usaha katering untuk sahur dan berbuka puasa

Bagi kamu yang memiliki hobi masak, kamu bisa menjalankan usaha katering untuk menu sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadan. 

Jika kamu tertarik untuk membuka bisnis katering ini, kamu harus pandai dalam mengkombinasikan menu makanan agar pelanggan kamu tidak bosan. Selain itu, kamu juga dapat memberikan menu paket murah jika pelanggan memesan menu catering untuk sahur dan berbuka puasa sekaligus. Tingkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan menawarkan jasa antar catering ke tempat tujuan.

Hal utama yang perlu kamu ingat dalam menjalani bisnis katering adalah makanan yang enak dan pelayanan yang memuaskan. Dengan demikian, ide bisnis di bulan Ramadhan ini bisa memberikan lebih banyak berkah dan keuntungan.

BACA JUGA: 3 Ide Menu Sahur Lezat dan Anti Ribet

3. Menjual kurma

Pada bulan Ramadan, permintaan akan berbagai jenis kurma meningkat. Rasanya tidak afdol jika berbuka tanpa memakan kurma. selain itu, berbuka dengan kurma dan air putih merupakan anjuran dari Rasulullah. Oleh karena itu, kamu dapat menjadikan kurma sebagai kesempatan untuk berusaha. Kamu bisa memulai dengan mencari agen kurma yang ada di Indonesia, yang menjual buah kurma dengan harga murah.

Selanjutnya kamu dapat mengemas ulang buah kurma tersebut dalam berbagai macam berat, dan kemudian kamu jual kembali ke teman-teman kost. Kesempatan seperti ini adalah salah satu ide bisnis paling untung saat Ramadan yang tak boleh kamu lewatkan. Kamu juga dapat menjual buah kurma tersebut secara offline maupun online.

BACA JUGA: Kenali Berbagai Jenis Kurma Sebagai Teman Bebuka Anak Kost

4. Berbisnis Busana Muslim

Tak bisa kamu pungkiri, ini merupakan ide bisnis yang bisa menguntungkan saat Ramadan. Di bulan suci ini, umat muslim akan selalu memaksimalkan ibadahnya dari hal sekecil apapun.

Salah satunya adalah berpakaian tertutup atau berbusana muslim dalam keseharian. Kesempatan seperti ini tidak boleh kamu lewatkan, karena membuka usaha busana muslim tidak hanya menjadi peluang bisnis selama bulan Ramadan saja tapi juga dapat kamu lanjutkan sebagai usaha tetap.

Bisnis busana muslim cukup menjanjikan, tidak hanya di bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri saja, namun juga pada bulan-bulan biasa. Hal tersebut karena tren masyarakat kita yang mayoritasnya adalah muslim memiliki kecenderungan untuk berbusana muslim terutama bagi wanita.

Untuk menjalankan ide bisnis paling untung saat Ramadan ini, kamu tidak perlu memikirkan modal awal karena terdapat usaha busana muslim yang tanpa modal atau bermodal kecil dengan cara menjadi reseller atau dropshipper.

5. Parsel Lebaran

bisnis di bulan ramadhan

Usaha parsel lebaran dapat kamu jadikan usaha yang cocok dijalankan di bulan Ramadan. Sebab, ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat kita banyak yang berlomba-lomba mengirim parsel ke sanak saudara, teman atau klien mereka.

Terlebih tahun ini pemerintah masih melarang untuk mudik. Sehingga, kita masih tidak bisa bersilaturahmi dan berkumpul bersama sanak saudara dan kerabat, kamu bisa menjual parcel lebaran bagi mereka yang tetap ingin menjalin silaturahmi tanpa harus bertemu.

Jika kamu ingin memulai membuka usaha parsel ini, kamu harus mempunyai ide kreatif dalam menentukan isi parcel dan bagaimana mengemasnya. Isi dari parsel dan bagaimana parcel dikemas akan menjadi daya tarik konsumen untuk memesan parsel lebaran dari kamu.

Oleh karena itu, kamu perlu kreatif dalam menentukan isi parcel dan bagaimana mengemasnya. Sebagai contoh, kamu bisa mengkombinasikan isi parsel berupa kue kering dengan peralatan makan seperti piring dan garpu kecil untuk makan kue atau kamu juga bisa membuat parsel yang berisi perlengkapan ibadah.

BACA JUGA: Hampers Lebaran Unik Yang Bisa Jadi Inspirasi

Artikel Rekomendasi kami