Home > Money & Career > Berapa Gaji Youtuber? Ini Cara Mereka Mendapatkannya

Berapa Gaji Youtuber? Ini Cara Mereka Mendapatkannya

Berapa Gaji Youtuber? Ini Cara Mereka Mendapatkannya

Sudah banyak informasi atau berita yang menyebutkan bahwa gaji seorang youtuber bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulannya. Karena itu, tidak heran jika kini youtuber jadi sebuah profesi dan diimpikan banyak orang. Lalu, bagaimana cara para youtuber tersebut mendapatkan gaji yang fantastis? 

YouTuber, Cita-Cita Kekinian

Sejak lahir pada tahun 2005, YouTube (YT) terus meraih popularitas. Saat ini, seperti disebutkan dalam Mediakix, YT memiliki 1,5 miliar pengguna aktif setiap bulannya, yang menyaksikan miliaran jam video setiap hari. YT pun melahirkan kelas selebritas media sosial baru di dunia, yaitu YouTuber. 

Fans YouTuber melihat mereka sebagai sosok ikonis yang berpengaruh dan kuat. Menurut studi yang dilakukan oleh harian The Sun dari Inggris tahun 2018 lalu, sekitar 75% anak-anak usia 6 – 17 tahun saat ini bercita-cita menjadi YouTuber. 

Cita-cita tersebut dipengaruhi beberapa faktor, yang tidak jauh beda dengan menjadi selebritas biasa. Yaitu, kreativitas, popularitas, self-expression, dan, tentu, gaji YouTuber yang diperoleh.

Berapa Gaji YouTuber?

Menurut Influencer Marketing Hub, berdasar berbagai sumber, seorang YouTuber menghasilkan pendapatan $0.01 – $0.03 (Rp143 – Rp431) per view (sekali videonya ditonton) dengan AdSense (iklan). Dan, rata-rata YouTuber mendapatkan $0.18 (Rp2.586) per view video dengan iklan. Namun, jumlah gaji YouTuber bergantung pada beberapa faktor, yaitu:

  • Jumlah view
  • Jumlah klik pada iklan yang tayang pada video
  • Kualitas iklan
  • Penghalang iklan (adblocker)
  • Panjang video

Dengan rata-rata YouTube membayar antara  $0.01 – $0.03 untuk sebuah iklan yang dilihat, gaji YouTuber populer bisa menerima $18 (±Rp258.000) per 1000 tampilan iklan. Artinya, $3 (±Rp43.000) – $5 (±Rp72.000) per 1000 view video. 

Menurut Forbes, rata-rata YouTuber saat ini dibayar $5 per 1000 view. Dan, banyak yang videonya mencapai jutaan. Jadi, per 1 juta views saja, gaji YouTuber kondang bisa mencapai $5.000 (±Rp72 juta). Kalau dalam sebulan, seorang YouTuber membuat empat video saja dan ditonton setidaknya 1 juta kali, artinya dia bisa mendapat ±Rp288.000.000 dalam sebulan. Wow!

Perlu diingat, gaji YouTuber tidak termasuk dari jumlah subscribers (pelanggan) pada kanal mereka. Bukan berarti subscribers tidak bernilai. Subscriber memilih untuk mengikuti akun atau kanal YouTube kamu supaya mudah menonton video-video terbarumu. Mereka paling berpotensi menonton, mengomentari, menyukai, dan membagikan videomu. Dengan begitu, kamu bisa mendapat lebih banyak views, yang artinya menambah gaji YouTuber kamu.

Syarat YouTuber Mendapat Gaji

YouTube baru akan membayar gaji YouTuber setelah satu videonya memperoleh pendapatan $100 (±Rp1.400.000) atau lebih dari penayangannya (views). Artinya, jika kamu memperoleh $5 setiap 1000 views, kamu harus mengumpulkan 20.000 views untuk mendapatkan minimal $100 supaya bisa mendapatkan bayaran. 

Untuk membantu para YouTuber mengumpulkan minimal $100 per videonya, YouTube membuat YouTube Partner Program. Melalui program ini, akan ada iklan pada video kamu untuk menambah penghasilan. Syarat gabung dalam program ini, adalah:

  • Mematuhi kebijakan YouTube, antara lain, konten tidak boleh berbau pornografi, kekerasan, plagiat, dan melanggar hak cipta.
  • Tinggal di negara atau wilayah yang masuk dalam program YouTube Partner.
  • Konten dalam kanal YouTube kamu telah mencapai 4.000 jam tayang dalam waktu 12 bulan.
  • Minimal punya 1.000 subscribers.
  • Terhubung dengan Google Adsense.

Cara mengaktifkan Google Adsense

  • Klik ikon YouTube di sudut kanan atas,
  • Masuk ke menu “Creator Studio”.
  • Klik “Channel”
  • Pilih “Status and Features”.
  • Klik “Monetization”.
  • Klik “Enable”.
  • Ikuti instruksinya.

Setelah bergabung dengan YouTube Partners Programs, ada dua cara mendapatkan uang gaji YouTuber, yaitu pendapatan per ribuan views (CPM) atau pendapatan per click (CPC). CPM berdasarkan akumulasi pendapatan setiap 1000 views. Sedangkan, dengan CPC, pendapatan kamu berasal dari jumlah orang yang klik iklan pada laman atau video YT kamu. .

Sebagai catatan, gaji YouTuber murni dengan CPM dihitung berdasarkan sistem bagi hasil sebesar 68% dari penayangan iklan dengan AdSense pada videomu. Contohnya, jika sebuah video menghasilkan $1.000 dari pendapatan AdSense, pendapatan yang masuk ke rekeningmu sebesar $680. Sedangkan, CPC-nya, jika dalam 1.000 tayang iklan, mendapat tiga klik, berarti fee-nya dari tiga klik tersebut.

Cara Lain Mendapat Gaji YouTuber

Selain dari iklan, ada beberapa cara lain yang bisa jadi sumber pendapatan YouTuber, yaitu:

  • Affiliate links: Ketika YouTuber mengulas atau menyebutkan sebuah produk dan menunjukkan link untuk diklik pada deskripsi dan penonton melakukan pembelian, YouTuber akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.
  • Merchandise: YouTuber yang sudah populer sering berani menciptakan brand-nya sendiri, kemudian menjual produk dengan logo brand tersebut.
  • Sponsorship: Sebagai platform video paling populer saat ini, banyak perusahaan yang ingin bekerja sama menjadi sponsor YouTuber-YouTuber ternama. 
  • Channel membership: Ada juga YouTuber yang memungut iuran keanggotaan per bulan dari subscriber-nya untuk konten-konten yang eksklusif.
  • Super Chat dan Super Stickers: Pada negara/zona/wilayah tertentu, fans dapat membayar supaya pesan mereka tertera jelas (highlighted) pada kolom chat di video yang sedang live streaming.
  • YouTube Premium Revenue: Daftarkan beberapa video pada kanal kamu sebagai bagian dari konten YouTube Premium. Pendapatan diperoleh dari subscriber yang membayar jadi anggota YouTube Premium.

Itulah cara seorang YouTuber mendapatkan gaji dan perhitungannya. Langkah awal yang paling penting untuk dapat bayaran adalah membuat konten yang menarik guna meraih views. Nah, salah satu cara RoomMies bisa membuat konten adalah dengan kost di lokasi yang strategis dan nyaman.

Kalau kamu sedang cari kost dengan sewa terjangkau, tapi nyaman dan strategis, cek info kost di web Roomme.id atau lihat di aplikasi RoomMe. Kamu bisa mendapatkan kost terbaik di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, hingga Surabaya, lo.

Artikel Rekomendasi kami