Home > Money & Career > Frustasi Saat Cari Pekerjaan? Tenangkan dengan Cara Ini

Frustasi Saat Cari Pekerjaan? Tenangkan dengan Cara Ini

Frustasi Saat Cari Pekerjaan? Tenangkan dengan Cara Ini

Tidak ada yang mengatakan bahwa mendapatkan pekerjaan adalah hal yang mudah. Beberapa orang tidak perlu melalui penantian dan perjuangan yang memakan waktu lama saat proses cari pekerjaan. Namun, kebanyakan orang harus berjuang untuk mendapatkan karier impiannya. Dari mulai melamar pekerjaan secara online, datang langsung, hingga menyiapkan profil semenarik mungkin di Linkedin sudah dilakukan, tapi panggilan pekerjaan tidak kunjung datang.

Panggilan pekerjaan yang belum juga datang memang sering kali menyebabkan frustasi. Di satu sisi, rasa frustasi tersebut bukannya membantu kamu untuk lebih cepat mendapatkan karier impian, justru sering membuat seseorang terpuruk dan menyerah akan keadaan. Daripada hanya meratapi nasib, lebih baik alihkan rasa frustasi dengan beberapa hal ini.

Cara Mengalihkan Frustasi Saat dalam Proses Cari Pekerjaan

Gak dapet kerja memang bikin stress, daripada hanya meratapi nasib, lebih baik alihkan rasa frustasi tersebut dengan beberapa kegiatan berikut ini.

1. Atur waktu antara istirahat dan kembali melamar pekerjaan

Ketika stress dan frustasi sudah hadir, tandanya kamu harus sudah mulai mengatur waktu istirahat. Berdiam diri seharian dan merenungi nasib tidak bisa membawa perubahan, tapi terlalu banyak menghabiskan waktu untuk cari kerja juga tidak baik lo. Apalagi, jika kamu sudah berada pada tahap frustasi.

Aturlah waktu yang tepat untuk melamar pekerjaan dan kebutuhan pribadi seperti bercengkrama dengan teman dan keluarga. Dengan begitu, rasa frustasi bisa berkurang dan RoomMies bisa tetap berjuang mendapatkan karir impian.

2. Sempatkan waktu untuk olahraga

Duduk di depan laptop untuk cari pekerjaan, membuat CV, serta mengirim lamaran memang menghabiskan waktu yang tidak sedikit. Olahraga bukan hanya untuk meregangkan otot dan persendian, tapi bermanfaat juga mengatasi rasa stres dan frustasi. Hal ini dikarenakan olahraga menghasilkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood jadi lebih baik.

3. Bagi keluh kesah kamu dengan sahabat

Rasa frustasi tidak kunjung mendapatkan pekerjaan akan semakin memburuk jika tidak diatasi. Salah satu caranya adalah membagi beban atau rasa frustasi tersebut kepada sahabat. Dengan mengungkapkan apa yang ada pada pikiranmu, hati bakal terasa lebih lega.

Sahabat kamu juga bisa memberi saran atau semangat, sehingga membantu mengurangi rasa frustasi tersebut. Tidak ada salahnya untuk sesekali menikmati waktu dengan teman untuk mengalihkan rasa frustasi yang semakin tumbuh.

BACA JUGA:

4. Nikmati prosesnya

Berada pada fase pengangguran sering menimbulkan banyak pikiran negatif. Coba atasi dengan beranggapan bahwa ini adalah bagian dari perjalanan karier kamu. Dengan kata lain, nikmati segala proses yang kamu lalui. Cari pengalaman sebanyak mungkin selama proses tersebut.

Kamu akan menemui banyak orang, memiliki pengalaman bagaimana berhadapan dengan orang lain (para HRD dari perusahaan yang berbeda), serta menyiapkan diri lebih matang untuk menyambut pekerjaan nantinya.

Gunakan waktu tersebut sebagai proses pembelajaran yang berharga sehingga ada hal lain yang bisa kamu peroleh dari proses mencari pekerjaan tersebut.

Artikel Rekomendasi kami