Home > Money & Career > Tips Membuat dan Contoh Resume Lamaran Kerja dalam Satu Halaman

Tips Membuat dan Contoh Resume Lamaran Kerja dalam Satu Halaman

Tips Membuat dan Contoh Resume Lamaran Kerja dalam Satu Halaman

Salah contoh tantangan membuat resume lamaran kerja adalah bagaimana menuliskan berbagai informasi dari kamu pada kertas yang terbatas. Selain itu, membuat isi resume lebih menarik di mata perekrut. Ditambah lagi, saat ini, ada aturan tidak tertulis di dunia kerja, yaitu resume sebaiknya dibuat dalam satu halaman. Bagi anak kost yang masih bingung membuat dan mencari contoh resume lamaran kerja satu halaman, simak tipsnya berikut ini.

CV vs Resume

Ketika mengirimkan lamaran kerja, kamu mesti perhatikan, apakah perusahaan meminta mengirimkan CV atau resume? Perbedaan keduanya terletak dari panjang isinya. Menurut Novoresume, CV adalah dokumen mendalam yang menceritakan mengenai perjalanan karier kamu secara keseluruhan.

Termasuk dalam CV adalah informasi mengenai apa yang sudah kamu lakukan dan pencapaian-pencapaiannya, serta data-data personal (tempat dan tanggal lahir, hobi, status). Oleh karena itu, CV bisa lebih panjang dari satu halaman–setidaknya dua atau tiga halaman.

BACA JUGA: 4 Kursus Online Gratis untuk Memperkaya CV, Daftar, Yuk!

Sedangkan resume hanya menyajikan ringkasan pendidikan, pengalaman, skills, pencapaian, dan hal-hal lain yang terkait pekerjaan yang sedang kamu lamar saat itu. Dalam resume, termasuk ringkasan karier kamu. Resume bersifat fleksibel, relevan, dan fokus pada posisi yang kamu incar.

Ketika membuat resume, kamu harus mencoba membuatnya sesingkat mungkin. Kalau masih fresh graduate atau entry level, cukup satu halaman. Dipersilakan membuat jadi dua halaman jika kamu sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan dapat menyebutkan poin-poin yang jadi nilai tambah lamaranmu.

Kenapa Resume harus Satu Halaman?

Umumnya, resume diharapkan satu halaman saja. Hal ini bermanfaat bagi fresh graduate atau yang pengalaman kerjanya masih terbatas, resume satu halaman sudah cukup panjang meringkaskan kemampuan, pencapaian, dan pengalaman kamu yang relevan.

Lagipula, resume satu halaman memudahkan perekrut menilai kualifikasi kamu. Jadinya, memperbesar peluang mendapat panggilan wawancara. Apalagi, kalau perekrut berasal dari perusahaan besar yang harus membaca ratusan resume setiap hari.

Kalau resume kamu terlalu panjang, kemungkinan besar mereka bakal melewatkannya dan berisiko informasi penting tentangmu jadi terlewat. Faktanya, perekrut hanya menghabiskan waktu 6 detik untuk membaca dan menilai resume pelamar.

BACA JUGA: 7 Soft Skills yang Perlu Dicantumkan dalam CV Supaya Dilirik HRD

Namun, jangan lupa, resume tetap harus bisa “menceritakan” hal-hal esensial sebagai alasan kenapa kamu cocok untuk pekerjaan tersebut. Kalau tidak, meski kamu sudah bisa bikin resume satu halaman, resume kamu tetap tidak ada nilainya.

Juga, jika pengalaman kamu sudah lebih dari 10 tahun, boleh saja membuat resume maksimal dua halaman. Tujuannya, supaya informasi yang relevan dapat tertampung baik.

Contoh Membuat Resume Lamaran Kerja Satu Halaman

Menyingkat seluruh pengalaman karier kamu dalam satu halaman kelihatannya memang susah. Namun, jangan cemas, seberapa banyak pengalaman yang kamu punya, masih mungkin, kok, memangkasnya jadi satu halaman resume lamaran kerja. Berikut caranya:

1. Hanya pengalaman yang relevan

Meskipun kamu punya setumpuk pengalaman magang, mungkin tidak semuanya harus kamu tulis dalam resume. Baca deskripsi pekerjaan dengan seksama dan garis bawahi kata kunci dan kemampuan yang lowongan tersebut cari. Lalu, tinjau pengalaman kamu dan tuliskan hanya yang relevan dengan deskripsi pekerjaan tersebut.

2. Gunakan bullet point

Pada bagian “Work Experience”, hanya tuliskan pencapaian yang kamu banggakan. Gunakan bullet point untuk membuat daftar penjelasan tersebut. Penjelasan mengenai pengalaman bekerja juga jangan panjang, cukup satu kalimat atau, maksimal banget, dua kalimat.

Tulis maksimal tiga hal (tanggung jawab atau pencapaian). Jika perekrut ingin tahu lebih banyak tentang kamu dan pengalamanmu, mereka akan menghubungimu untuk wawancara lebih lanjut.

3. Tidak perlu cantumkan referensi

Orang sering memanfaatkan ruang kosong pada resume untuk menuliskan “References Available Upon Request”. Sebenarnya, tidak perlu. Kalau perekrut ingin referensi, mereka akan memintanya dalam lowongan. Gunakan ruang kosong untuk menuliskan hal lain yang lebih penting pada contoh resume lamaran kerja satu halaman.

4. Atur format

Untuk membuat resume satu halaman, harus kreatif menata dan memaksimalkan tempat pada halaman tersebut. Caranya:

  • Pakai bullet points (list) daripada paragraf
  • Kurangi margin halaman
  • Gunakan font lebih kecil (minimal 10 pt)
  • Bagi resume jadi dua kolom
  • Kurangi ruang antarbagian

BACA JUGA: 10 Jenis Font Terbaik dan yang Perlu Dihindari Ketika Membuat CV

5. Utamakan pencapaian

Selain pengalaman kerja dan kemampuan, hal relevan lain yang perlu kamu tambahkan dalam resume satu halaman adalah pencapaian-pencapaian. Tentu saja, pencapaiannya juga relevan dengan posisi yang dilamar. Daftar pencapaian tersebut tetap harus kamu tuliskan padat dan singkat.

Untuk diketahui, pendidikan juga bagian dari pencapaian. Jadi, tidak masalah kalau kamu mau mencantumkan pendidikan, tapi hanya pendidikan terakhir dan tidak usah terlalu panjang menjelaskannya.

Contoh Resume Lamaran Kerja Satu Halaman

Bagi yang masih bingung cara membuat resume lamaran kerja dalam satu halaman, bisa melihat lima contoh dari Zety berikut.

  1. https://cdn-images.zety.com/pages/one_page_resume_templates_enfold.jpg
  2. https://cdn-images.zety.com/pages/one_page_resume_templates_005.jpg
  3. https://cdn-images.zety.com/pages/one_page_resume_templates_001.jpg
  4. https://cdn-images.zety.com/pages/one_page_resume_templates_018.jpg
  5. https://cdn-images.zety.com/pages/one_page_resume_templates_vibes.jpg

Itu tadi lima contoh dan cara membuat resume lamaran kerja satu halaman. Satu halaman memang terbatas, karena itu RoomMies hanya perlu memasukkan informasi yang paling penting dan menarik saja. Kamu bisa menjelaskan hal lebih banyak lagi ketika wawancara.

Selain membuat resume, jika salah satu aktivitas kamu saat ini sedang cari kost, langsung saja buka website atau aplikasi RoomMe. Ada banyak pilihan kost nyaman di lokasi strategis dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih. Dari kost murah Jakarta, kost Jogja, sampai kost di Surabaya, lo.

Artikel Rekomendasi kami