Home > Money & Career > 8 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Bosan, agar Kembali Semangat!

8 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Bosan, agar Kembali Semangat!

8 Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Bosan, agar Kembali Semangat!

Bosan saat bekerja merupakan hal yang normal terjadi. Namun, ternyata ada cara meningkatkan semangat kerja yang mudah untuk anak kost lakukan. Yuk, cari tahu informasinya berikut ini.

Melansir dari psychology today, beberapa pemicu penyebab seseorang bosan saat bekerja adalah tidak merasa nyaman dengan lingkungan kerja dan hasil kerja tidak dihargai. Bosan saat bekerja juga bisa terjadi karena seseorang tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan kariernya. Selain itu, bosan saat bekerja biasanya disebabkan karena kamu selalu mengerjakan hal yang sama setiap harinya.

Ragam Cara Meningkatkan Semangat Kerja Saat Bosan

Agar rasa bosan bisa tetap menjadi hal yang produktif dan kamu bisa kembali semangat kerja, ada beberapa cara meningkatkan semangat kerja yaitu:

1. Baca berita terbaru

Baca berita terbaru

Sumber:Dogital Trends

Saat rasa bosan ‘menyerang’ enggak ada salahnya juga jika kamu membuka platform berita untuk sekedar membaca informasi terkini. Enggak harus selalu berita yang terkesan ‘berat’ seperti berita politik atau ekonomi kok. Kamu bisa membaca informasi yang kamu suka seperti,informasi tentang kecantikan atau fashion terbaru. Hal ini terbukti ampuh untuk menghilangkan rasa bosan.

2. Bersihkan email

Membersihkan email

Sumber:Pexels

Ketika rasa bosan muncul saat kamu sedang bekerja di kost, mungkin kamu akan langsung tidur untuk mengatasinya. Namun, bagaimana jika rasa bosan justru muncul ketika kamu sedang bekerja di kantor? Jika hal ini terjadi, kamu bisa membersihkan email yang menumpuk dan belum terbaca di kantor. Karena hal ini telah terbukti bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan.

3. Habiskan waktu dengan berbicara bersama rekan kerja

Cara meningkatkan semangat kerja-ngobrol dengan rekan kerja

Sumber:EF Education first

Tidak bisa dipungkiri, salah satu cara ampuh untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan berbincang dengan rekan kerja. Tidak hanya menghilangkan rasa bosan, berbicara dengan rekan kerja kadang justru bisa membuatmu mendapatkan ide baru dalam melakukan pekerjaan.

Ketika sedang berada di kantor, anak kost bisa mengajak rekan kerja minum kopi atau sekedar membeli makanan ringan. Sedangkan ketika sedang bekerja dari kost, kamu bisa ngobrol dengan rekan kerja secara online, menggunakan aplikasi zoom atau google hangout.

4. Jalan kaki

Cara meningkatkan semangat kerja-jalan kaki

Sumber: Texas Health Resources

Jalan kaki tidak hanya bermanfaat untuk membuat tubuh lebih sehat saja, lho. Melansir dari click up, jalan kaki ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan sehingga kamu bisa kembali bekerja dengan semangat. Gak perlu lama-lama, jalan kaki lima menit juga sudah cukup untuk menghilangkan rasa bosan.

Saat bekerja dari kost kamu bisa jalan kaki di sekitar lingkungan kost. Sedangkan saat bekerja dari kantor, kamu bisa jalan kaki dalam kantor atau sekalian mencari makanan ringan di kantin kantor.

BACA JUGA:Kenali Tanda-Tanda Burnout Syndrome di Tempat Kerja

5. Lakukan olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan

Sumber:Bustle

Selain jalan kaki, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan saat bekerja. Misalnya dengan melakukan gerakan peregangan pada tangan dan kaki. Karena hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat, membuat tubuh lebih segar, dan pikiran lebih kreatif.

6. Bersihkan meja kerja

Cara meningkatkan semangat kerja-bereskan meja kerja

Sumber:Make space

Ayo coba ingat lagi kapan terakhir kali kamu membersihkan meja kerja? Kalau ternyata sudah lama, mungkin ini saat yang tepat untukmu membersihkan meja kerja. Karena bisa jadi, meja kerja yang berantakan justru memicu rasa bosan. Jadi, yuk mulai membersihkan meja kerja agar kamu bisa lebih semangat kerja. Bila perlu, kamu juga bisa meletakkan lilin aroma terapi di meja kerja agar lebih semangat.

7. Menulis rencana hidup 3 tahun ke depan

Menuliskan rencana 3 tahun ke depan

Sumber:Pexels

Ingin menghilangkan rasa bosan sekaligus meningkatkan produktivitas? Kalau iya, anak kost bisa menulis rencana hidup 3 tahun ke depan. Karena hal ini justru akan membuatmu kembali bersemangat bekerja. Biar lebih menarik, tuliskan rencana hidupmu pada buku catatan dengan menggunakan pulpen warna warni.

Melansir dari click up, menulis ternyata juga bermanfaat untuk membuat pikiran menjadi lebih kreatif. Sehingga kamu bisa kembali siap bekerja dengan ide-ide yang kreatif.

Rencana yang kamu tulis gak harus tentang karier aja kok. Tapi juga bisa rencana mengenai tempat wisata yang akan didatangi dan rencana pernikahan yang mungkin sedang kamu rancang.

8. Ambil cuti untuk liburan

Ambil cuti untuk liburan

Sumber:Pommie travels

Kadang saat rasa bosan menyerang rasanya tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan kecuali ambil cuti dan pergi berlibur. Hal ini boleh saja kok kamu lakukan. Karena selain menghilangkan rasa bosan dan meningkatkan semangat kerja, cuti dan berlibur juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas seseorang.

Apapun alasannya, bosan saat bekerja merupakan hal yang normal terjadi. Jadi, ketika kamu merasa bosan saat bekerja jangan langsung menyalahkan diri sendiri ya. Jangan lupa untuk melakukan cara meningkatkan semangat kerja ya Roommies.

Artikel Rekomendasi kami