Home > Money & Career > 8 Cara Simpel Mengurangi Stres ketika Bekerja

8 Cara Simpel Mengurangi Stres ketika Bekerja

8 Cara Simpel Mengurangi Stres ketika Bekerja

Manusiawi jika kamu merasa sedikit stres ketika bekerja. Selama setengah hari, waktu kamu dihabiskan di kantor untuk mengerjakan berbagai tugas yang seakan tidak pernah habis. Tapi, mengeluh sepanjang waktu soal pekerjaan tidak akan membuat pekerjaan selesai. Akibatnya, tekanan itu selalu ada. Meskipun begitu, ada cara mengurangi stres yang bisa dilakukan selama kamu menjalani pekerjaan atau bekerja di kantor.

Cara Mengurangi Stres Ketika Bekerja

Stres bukan hanya dari tugas kantor. Bahkan, bila harus ke kantor, perjalanan pergi dan pulang yang memakan waktu dan kadang mengesalkan. Belum lagi bila ada urusan pribadi yang memenuhi pikiran. Semua hal tadi bisa mengganggu penyelesaian pekerjaan. Makin stres, deh.

Oleh karena itu, selama bekerja, coba lakukan cara mengurangi stres berikut supaya pekerjaan bisa selesai dengan baik.

1. Selesaikan tugas yang paling sulit dulu

Usahakan menyelesaikan pekerjaan yang paling sulit atau rumit dulu di awal hari kerja kamu. Begitu selesai, kamu bisa menjalani sisa hari dengan beban lebih ringan dan tenang.

2. Jangan lupa olahraga

Ketika olahraga, tubuh melepaskan hormon dopamine dan meningkatkan kadar serotonin yang membuat pikiran lebih bahagia dan relaks. Stres pun berkurang. Karena itu, olahraga selalu ada dalam daftar pengusir stres. Tidak perlu waktu lama, 20 menit per hari sudah cukup membuat kamu lebih bugar.

Meregangkan badan juga jadi bagian dari menggerakkan tubuh. Jadi, selama bekerja, lakukan peregangan setiap jam supaya tubuh lebih segar, pikiran juga lebih relaks.

3. Menikmati snack buatan sendiri

Selain bekal makan siang, bawa juga makanan atau asupan dari rumah yang bakal jadi camilan di sela-sela kamu bekerja. Jadinya, tidak perlu mengunyah aneka camilan tanpa terkendali. Membawa camilan sendiri dari rumah tidak hanya meningkatkan mood dan energi, juga menyehatkan.

4. Ngobrol dengan teman

Di sela-sela pekerjaan, ajak ngobrol rekan kerja di dekat kamu. Tidak perlu membicarakan mengenai kantor atau pekerjaan, justru hal-hal ringan bisa membuat pikiran kamu lebih relaks. Contohnya, berita terbaru, cerita-cerita seru yang lagi viral di media sosial, atau film terbaru.

5. Melakukan hal ringan

Hentikan dulu pekerjaan kamu dan lakukan hal ringan selama lima menit. Tidak perlu beranjak dari tempat duduk. Misalnya, menggambar sesuatu, baca artikel online, charge ponsel, atau cek media sosial. Tapi, ingat, lima menit saja, ya. Jangan lebih!

6. Tarik nafas

Tidak perlu neko-neko. Cukup hentikan dulu pekerjaan tanpa bangkit dari tempat duduk, lalu tarik napas dalam-dalam untuk melegakan paru-paru dan menenangkan pikiran. Tidak perlu meditasi serius supaya pikiran tenang tanpa melakukan apa pun. Hanya butuh 10 tarikan napas yang dalam supaya lebih relaks.

7. Dengarkan musik

Pasang headphone atau earphone kamu dan nyalakan musik favorit kamu. Pilih yang meningkatkan mood. Jika sedang kesal atau pusing karena tekanan, coba dengarkan musik-musik yang tenang, seperti jazz, lo-fi, atau chill out. Butuh semangat, pilih lagu-lagu yang bertempo cepat sebagai penambah energi.

8. Bersihkan meja kerja

Area kerja bisa memberikan efek yang besar untuk perilaku kamu. Meja kerja yang berantakan ketika bekerja seringkali membuat pikiran semakin mumet dan menghambat kreativitas. Jadi, bila terlihat berantakan, rapikan dulu barang-barang di sekitar kamu sambil mengalihkan diri dari pekerjaan sekejap. Sesimpel merapikan kertas-kertas, sudah bisa menurunkan stres kamu.

Selain merapikan, bisa juga sambil membersihkan bersihkan barang-barang dan meja tempat kamu bekerja dari kotoran dan mikroorganisme penyebab penyakit, menggunakan disinfektan atau sanitizer setiap empat jam sekali. Rajin membersihkan meja kerja dapat jadi cara untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab COVID-19 yang sedang mewabah sekarang.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami