Home > Money & Career > 5 Cara Menghemat Biaya Bulanan yang Mudah Supaya Enggak Tekor

5 Cara Menghemat Biaya Bulanan yang Mudah Supaya Enggak Tekor

5 Cara Menghemat Biaya Bulanan yang Mudah Supaya Enggak Tekor

RoomMies sering bingung cara menghemat biaya bulanan karena uang bulanan yang diterima setiap bulan selalu terasa tidak cukup atau malah tekor? Mungkin RoomMies kurang teliti dalam mengatur keuangannya. Makanya, biar tekor terus tiap bulan, yuk, simak beberapa tips di bawah ini.

Pada dasarnya kalau RoomMies tahu cara mengatur keuangan yang baik dan bisa menahan nafsu untuk tidak berbelanja barang yang kurang penting. RoomMies tidak akan tekor dan justru untung setiap bulannya, loh.

Cara Menghemat Biaya Bulanan

Biar RoomMies, enggak tekor terus tiap bulan, yuk, ikuti cara menghemat biaya bulanan di bawah ini.

1. Catat pengeluaran setiap bulan

Di pertengahan bulan, kamu bisa mulai mencatat estimasi pengeluaran apa saja yang akan dibayar pada akhir atau awal bulan. Misalnya, biaya untuk bayar kost, membeli kebutuhan sehari-hari, biaya makan, internet, dan transportasi.

Jangan lupa menyisihkan dana darurat dan uang untuk ditabung. Setelah itu, kamu bisa mencatat di buku catatan atau aplikasi di handphone.

Nah, di akhir atau awal bulan ketika uang gaji atau jajan dari orangtua sudah masuk. RoomMies bisa mulai membayar atau memilah-milah uang sesuai dengan yang telah dicatat.

2. Fokus pada kebutuhan

Saat gaji sudah masuk, hal pertama yang mungkin terlintas di pikiranmu adalah belanja. Entah itu belanja bulanan atau belanja untuk sekedar memuaskan hawa nafsu.

Nah, agar tidak tekor. Ada baiknya, RoomMies benar-benar membeli barang yang memang benar-benar dibutuhkan, alih-alih membeli barang yang kurang bermanfaat dan hanya untuk memuaskan nafsu belanja sesaat saja.

BACA JUGA:

3. Beli barang diskon

Pada akhir bulan dan awal bulan, supermarket biasanya memberikan diskon untuk beberapa kebutuhan. Nah, RoomMies bisa banget nih menggunakan kesempatan ini untuk menghemat uang belanja.

4. Hindari utang

Berutang memang tampak menyenangkan dan menggiurkan. Namun, jika terus dibiarkan berutang justru bisa membuatmu tekor setiap bulannya, loh. Karena uang yang perlu dikeluarkan untuk membayar bunga atau biaya administrasi utang setiap bulannya bisa membuatmu tekor.

Oleh karena itu, yuk, mulai sekarang hentikan kebiasaan berutang. Bila RoomMies ingin beli suatu barang tapi ternyata harus berutang. Tahan dulu keinginan kamu dan mulailah menabung untuk membeli barang tersebut. Karena dengan begitu, secara tidak langsung kamu bisa menghemat biaya bulanan.

5. Kurangi kebiasaan makan di luar

Kadang, tanpa disadari kebiaan makan di luar atau nongkrong di coffee shop bisa membuatmu menjadi tekor, loh, RoomMies. Karena sebenarnya, biaya yang RoomMies keluarkan untuk satu nongkrong atau makan di luar, mungkin bisa digunakan untuk makan di kost selama 2-3 hari jika RoomMies memutuskan untuk masak.

Oleh karena itu, yuk, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Awalnya memang terasa sulit, namun lama-lama RoomMies pasti akan terbiasa dengan hal ini.

Ternyata, ada banyak cara menghemat biaya bulanan, kan? Meskipun awalnya memang terasa sulit, tpi percaya, deh, kamu bakal terbiasa dengan hal ini. RoomMies pun tidak akan mengalami tekor lagi tiap bulan.

Artikel Rekomendasi kami