Home > Money & Career > 5 Cara Mengelola Bonus Akhir Tahun Anak Kost agar Tidak Cepat Habis

5 Cara Mengelola Bonus Akhir Tahun Anak Kost agar Tidak Cepat Habis

5 Cara Mengelola Bonus Akhir Tahun Anak Kost agar Tidak Cepat Habis

Setelah menyelesaikan tugas-tugas dalam pekerjaan selama satu tahun, biasanya perusahaan memberikan penghargaan atau reward atas jerih payah karyawannya. Salah satu reward yang biasa diberikan oleh perusahaansetiap penghujung tahun adalah bonus akhir tahun. Umumnya, bonus tersebut diberikan jika perusahaan mendapatkan keuntungan yang cukup banyak selama satu tahun ini.

5 Cara Bijak Mengelola Bonus Akhir Tahun

Bonus akhir tahun tentu banyak ditunggu-tunggu oleh semua pihak, tak terkecuali anak kost. Namun, melihat mendapat rezeki lebih banyak daripada biasanya, seringkali kita malah memakainya tanpa banyak kendali dan tahu-tahu habis begitu saja dalam waktu cepat.

Padahal, pendapatan ekstra tersebut bisa juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak kost yang benar-benar diperlukan. Supaya hal tersebut tidak terjadi, bonus akhir tahun perlu dikelola dengan bijak seperti cara-cara berikut ini.

1. Lunasi utang

Jika kamu memiliki banyak utang dan cicilan, manfaatkan bonus akhir tahun dari perusahaan untuk melunasinya. Utang yang sekiranya tidak terlalu banyak, bisa langsung dilunasi. Namun, kalau masih terlalu banyak, tidak masalah jika kamu masih perlu mencicil, tapi persingkat waktu cicilan menggunakan pendapatan ekstra tadi. Misalnya, jadi hanya tinggal satu atau dua bulan lagi. Dengan begitu, kamu bisa hidup tenang tanpa memikirkan cicilan utang selama beberapa bulan ke depan.

2. Sisihkan untuk keluarga

Saat masih sekolah, segala macam pengeluaran kamu ditanggung oleh orangtua. Dari uang bonus yang didapat, saatnya kamu membalas kebaikan orangtua dengan menyisihkan sebagian uang bonus. Berapapun nominalnya, percayalah akan sangat berarti bagi mereka. Atau, kamu bisa membelikan sebuah barang untuk orang tua. Misalnya, emas untuk ibu atau peralatan hobi untuk ayahmu.

BACA JUGA:

3. Tambah tabungan

Jika selama ini rutin menyisihkan gaji bulanan untuk tabungan, tidak ada salahnya kamu kembali menyisihkan bonus akhir tahun untuk menambah pundi-pundi tabungan. Agar lebih semangat, kamu bisa menargetkan untuk apa uang tersebut ditabung. Bisa untuk membeli rumah, mobil, atau travelling.

4. Investasi

Saat ini banyak anak muda yang belajar investasi. Salah satu cara mereka belajar adalah dengan menanamkan investasi dalam jumlah kecil pada platform investasi online. Tidak ada salahnya kamu mencoba investasi tersebut.

Namun, ingat, jangan menanamkan investasi pada perusahaan tidak dikenal atau platformnya yang tidak terdaftar di OJK. Agar tidak salah langkah, kamu bisa belajar melalui buku atau internet mengenai cara dan waktu yang tepat untuk melakukan investasi.

5. Manjakan diri

Cara terakhir ini bisa kamu lakukan kalau semua pengeluaran penting sudah diselesaikan. Bonus tadi boleh juga kamu gunakan untuk memanjakan diri. Para wanita bisa menggunakan uang bonus untuk perawatan kecantikan atau membeli baju. Sedangkan untuk pria, kamu bisa menggunakan uang bonus untuk barang-barang yang berkaitan dengan hobi.

Salah satu kunci agar bonus akhir tahun tidak habis begitu saja adalah dengan membelanjakannya dengan sebaik-baiknya. Dan, ingat, utamakan uang tersebut untuk hal-hal yang penting terlebih dahulu.

Artikel Rekomendasi kami