Home > Money & Career > Bukan Hanya Sutradara, Ini Profesi Lain di Sebuah Film

Bukan Hanya Sutradara, Ini Profesi Lain di Sebuah Film

Bukan Hanya Sutradara, Ini Profesi Lain di Sebuah Film

Dalam pembuatan sebuah film, salah satu profesi yang paling banyak diketahui oleh masyakat adalah sutradara dan produser. Padahal, dalam pembuatan sebuah film layar lebar, ada banyak posisi lainnya yang tak kalah penting. Posisi-posisi tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membuat film yang mereka buat layak tayang dan mendapat perhatian khalayak.

Macam-Macam Profesi dalam Pembuatan Sebuah Film

Beberapa profesi tersebut ada yang langsung bekerja sebelum proses syuting dimulai (pra-produksi), saat syuting dimulai (produksi), dan saat semua rangkaian syuting selesai (pasca-produksi). Jika kalian perhatikan, di akhir sebuah film pasti selalu dibuat daftar kru yang terlibat dalam pembuatannya. Daftarnya banyak sekali, bukan? Terutama untuk film Hollywood yang memerlukan banyak sekali kru untuk proses editing.

Nah ,untuk itu, RoomMe berikan beberapa daftar profesi dalam pembuatan sebuah film yang posisinya sama pentingnya dengan sutradara.

1. Penulis Skenario (Pra Produksi)

Penulis skenario

Sumber: Fastamagorical Film Festival

Apa jadinya sebuah film jika tidak ada seorang penulis skenario? Pekerjaan penulis skenario terlihat mudah, padahal prosesnya tidak semudah yang dibayangkan. Seorang penulis skenario harus mampu membuat tulisannya dapat divisualisasikan dalam sebuah video serta membuat penggambaran tokoh sesuai dengan alur cerita.

Mereka dituntut untuk dapat kreatif, penuh imajinasi dan berwawasan luas. Seperti film sejarah, maka penulis skenario harus mengerti mengenai sejarah yang akan diangkat. Karena, jika melenceng sedikit saja dari sejarah aslinya, sudah pasti akan menimbulkan kontroversi.

2. Kameramen (Produksi)

kameramen

Sumber: Pexels

Kameramen bertugas untuk merekam video saat syuting berlangsung. Seorang kameramen harus tau teknik pengambilan gambar yang bagus. Mereka juga harus memastikan jika video yang diambil memiliki kualitas yang bagus mulai dari cahaya yang tidak terlalu gelap atau terang, tidak blur, tidak ada yang bocor dan tidak goyang. Dalam beberapa film, seperti film horor, kameramen akan mengambil shoot sesuai point of view dari pemeran utama atau sang hantu.

BACA JUGA:

3. Make Up Artist (Produksi)

Make up artist

Sumber: YouTube

Jangan berpikir jika make up artist disebuah film hanya bertugas untuk memberikan make up untuk para pemain alias tukang rias. Pekerjaan seorang make up artist disini artinya adalah seniman.

Mereka bukan hanya sekedar memberikan polesan makeup untuk membuat pemain menjadi lebih cantik atau tampan, namun mereka juga harus membuat makeup pemain sesuai dengan konsep film. Salah satu karya make up artist dalam sebuah film adalah Nebula dalam “Guardians of the Galaxy”, Valak dalam “The Nun” dan Captain Jack Sparrow dalam “Pirates of The Caribbean”.

4. Editor (Pasca-produksi)

editor

Sumber: Capsule Media

Jika tahap syuting sudah selesai, maka tugas selanjutnya berada di tangan editor. Editor bertugas untuk menyunting bagian-bagian film yang telah diambil. Sehingga, dapat menjadi rangkaian sebuah film yang dapat dinikmati penonton.

Seorang editor juga harus teliti dalam mengerjakan pekerjaannya. Jangan sampai bagian film yang tidak berguna masuk dan merusak estetika film. Editor juga biasanya bekerja sama dengan sutradara dan produser dalam proses pasca produksi.

5. Penata Suara (Pasca-produksi)

Penata suara

Sumber: Elite Reader

Dalam film horor, salah satu yang membuat penonton tegang selain hantu adalah efek suara yang mengagetkan. Efek suara tersebut merupakan hasil pekerjaan dari seorang penata suara.

Seperti film “A Quiet Place”, pengambilan efek suara menggunakan alat-alat khusus dan direkam secara khusus juga. Mereka menggunakan sayuran, kaki kepiting, air dan pasir untuk menciptakan efek-efek dalam film.

Ada banyak profesi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu, karena dalam membuat sebuah film dibutuhkan kerja sama antar semua kru. Nah, itulah beberapa profesi dalam pembuatan sebuah film, semoga bermanfaat.

 

 

Artikel Rekomendasi kami