Home > Money & Career > Biaya Pernikahan Bisa Dihemat dengan 5 Cara Cerdas Ini

Biaya Pernikahan Bisa Dihemat dengan 5 Cara Cerdas Ini

Biaya Pernikahan Bisa Dihemat dengan 5 Cara Cerdas Ini

RoomMies ingin segera menikah namun masih terkendala masalah biaya? Tidak perlu cemas berlebih. Sebenarnya, biaya pernikahan bisa dihemat dengan beberapa cara mudah di bawah ini.

Menikah sering mengeluarkan biaya yang tidak sedikit karena banyak yang sebenarnya bisa dipangkas atau tidak penting-penting banget. Dari undangan, katering, sewa gedung, sampai sewa baju pengantin. Namun, tanpa disadari di era pandemi COVID-19 saat ini, sebenarnya banyak biaya pernikahan yang bisa dihemat, loh, RoomMies. 

Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Untuk RoomMies yang ingin menghemat biaya pernikahan, beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu: 

1. Batasi jumlah tamu

Di era pandemi COVID-19, salah satu cara ampuh yang bisa RoomMies lakukan untuk menghemat biaya pernikahan adalah dengan membatasi jumlah tamu. Pastikan RoomMies hanya mengundang orang-orang yang memang akrab denganmu atau pasangan. Hal ini juga akan membuat pesta pernikahan semakin intim dan berkesan. 

2. Bikin undangan online

RoomMies ingin hemat biaya sekaligus mendukung gerakan ramah lingkungan untuk persiapan pernikahan? Bikin undangan secara online saja, yuk. Saat ini sudah banyak situs-situs yang menyediakan jasa pembuatan undangan secara online yang irit biaya.

Kalau lebih mau hemat dan berkesan lagi, RoomMies dan pasangan bisa membuat sendiri blog atau website yang berisi undangan pernikahan. Dengan begitu, RoomMies bisa lebih bebas ingin memasukkan foto, warna, atau desain apa yang sesuai dengan selera. Jadi, undangannya bisa lebih berkesankan.

Undangan online ini cocok banget diberikan untuk teman atau sahabat-sahabat terdekat RoomMies serta pasangan.  

Jangan lupa juga untuk tetap membuat undangan yang dicetak untuk diberikan kepada keluarga terdekat, keluarga yang ‘dituakan’, serta bos-bos di kantor untuk kesan yang lebih formal dan sopan. 

3. Cari vendor-vendor yang memberikan diskon

Lagi-lagi diskon memang merupakan hal yang sangat menguntungkan dan sayang untuk dilewatkan guna menghemat biaya pernikana. Dilansir dari Brides, saat ini ada banyak, loh, vendor pernikahan yang memberikan diskon dari mulai 10%. Lumayan banget, kan? Dari vendor make up artist, sewa baju, sampai katering biasanya menyediakan diskon. 

BACA JUGA: Tips Gelar Resepsi Pernikahan Saat New Normal

4. Sewa perhiasan

Perhiasan yang digunakan saat pernikahan tidak harus selalu mahal, RoomMies. Hal yang paling penting adalah perhiasannya tetap sesuai dengan tema pesta pernikahan dan indah dilihat. Oleh karena itu, nggak ada salahnya jika RoomMies menyewa perhiasan untuk menghemat biaya. 

Selain menyewa perhiasan, RoomMies juga bisa menggunakan perhiasan turun menurun di keluarga besar. Karena, hal ini akan membuat pesta pernikahanmu menjadi semakin berkesan.

5. Gunakan jasa teman untuk fotografer

Ayo, coba ingat-ingat lagi, kira-kira, ada nggak temanmu yang memang berprofesi atau berpengalaman menjadi fotografer untuk acara pernikahan? Kalau ada, coba minat tolong mereka untuk menjadi fotografer acara pernikahan.

Karena, menggunakan jasa teman untuk menjadi fotografer biasanya mendapat sedikit pengurangan biaya. Selain itu, menggunakan jasa teman sebagai fotografer akan memudahkan RoomMies mendapatkan hasil foto yang memang benar-benar diinginkan. Yang penting, tetap bayar mereka, ya. 

Pesta pernikahan itu nggak melulu perlu biaya yang mahal, kok. Hal yang paling penting adalah bagaimana membuat pesta pernikahan tetap berkesan dan bisa menyenangkan semua tamu yang datang. Oleh karena itu, nggak ada salahnya RoomMies mencoba melakukan beberapa hal di atas untuk menghemat biaya pernikahan. 

Artikel Rekomendasi kami