Home > Money & Career > Arti Kata Passion dan Hobi Berbeda, Apa Saja Perbedaannya?

Arti Kata Passion dan Hobi Berbeda, Apa Saja Perbedaannya?

Arti Kata Passion dan Hobi Berbeda, Apa Saja Perbedaannya?

RoomMies pasti sering mendengar istilah bekerjalah sesuai passion!. Dan juga, sering dengar: Jadikan hobimu sebagai pekerjaanmu, jadi kamu tidak merasa bekerja tapi menjalankan hobi. Arti kata passion dan hobi adalah dua istilah yang maknanya sering tertukar.

Kedua istilah itu memang punya banyak kesamaan, yaitu melakukan aktivitas yang disukai. Meskipun begitu, kedua istilah ini sangatlah berbeda.

Mungkin, dengan menemukan artinya, kamu bisa menjawab pertanyaan yang sering kamu ajukan untuk diri sendiri: “Bagaimana cara menemukan hobi dan passion?”.

Perbedaan Antara Hobi dan Passion

Untuk mengetahui perbedaanya, kita harus mengetahui masing-masing arti kata passion dan hobi. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Hobi?

Hobi dapat diartikan sebagai sesuatu yang menyenangkan yang kamu lakukan secara teratur di waktu senggang untuk kesenangan. Apa pun bisa menjadi hobi karena setiap orang punya ide dan aktivitas berbeda akan apa yang mereka sukai.

Pilihan untuk hobi tidaklah terbatas, kamu bisa menemukan minat apa pun yang bisa membuatmu merasa nyaman, menghilangkan stres, bersosialisasi, dan menikmati aktivitas tersebut.

Kamu mempelajari hobi untuk bersenang-senang. Hobi juga dapat berupa sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya dan bersifat kreatif. Contohnya, bersepedah, mengumpulkan action figure, beternak lele, main layangan, main gim, atau menonton TV.

Pilihan hobi yang kamu sukai juga bermanfaat di bidang lain dalam hidup. Misalnya, belajar menjahit bisa mengajarimu ketekunan, ketelitian, kesabaran, dan memuaskan kesukaanmu. Selain itu, hobi menjahit juga bisa menghasilkan pakaian baru jadi kamu tak perlu membeli pakaian di toko.

Atau, misalnya kamu punya hobi berlari. Aktivitas ini mengajarimu disiplin dan ketahanan tubuh. Apalagi saat kamu memutuskan untuk rutin berlari pukul 6 pagi. Dalam melakukan hobi tentunya tak ada paksaan dari siapa pun kecuali dirimu sendiri. Hal ini karena kamu senang melakukannya dan menikmati saat melakukannya.

Apa Itu Passion?

Arti kata passion, dilansir dalam Higher Self Concept, diartikan sebagai emosi yang kuat dan hampir tidak bisa dikendalikan, bisa berupa perasaan positif atau negatif. Bentuknya sama sekali bukan aktivitas, tapi sebuah kekuatan dan petunjuk besar untuk membantumu membidik apa bidang kesukaanmu.

Saat melakukannya, kamu jadi saat bergairah, antusias, dan memiliki keinginan yang kuat terhadap orang-orangnya, ide, dan konsep aktivitasnya. Passion syarat akan emosi dan perasaan yang melekat pada aktivitas yang kamu lakukan.

Sebuah passion bisa berupa aktivitas atau hobi, tetapi yang membuatnya menjadi passion adalah tingkat perasaan atau emosi yang kamu rasakan ketika memikirkannya.

Misalnya, ada orang yang passion melakukan amal dan akan sangat senang membantu orang lain. Atau, ada juga penyayang binatang yang akan berdedikasi untuk membantu hewan.

Ciri-ciri saat kamu menemukan passion kamu adalah ketika kamu benar-benar lupa waktu saat melakukannya dan benar-benar membenamkan diri dalam aktivitas itu.

Psikolog Mihaly Csikszentmihalyi menjelaskan fenomena ini sebagai keadaan “mengalir”. Keadaan aliran konstan inilah yang menciptakan pengalaman yang benar-benar memuaskan.

Seperti yang dikatakan Oprah Winfrey:

“Passion is energy. Feel the power that comes from focusing on what excites you.”

Kenapa Passion Penting?

Kenapa sih kamu harus punya passion dan hobi? Ada kalanya dalam hidup tantangan muncul, peristiwa tak terduga terjadi dan kita dihadapkan pada keputusan sulit. Ada pilihan untuk terus maju meskipun progress-nya lambat dan pilihan lainnya adalah menyerah. Passion inilah yang akan membantu memotivasi dan memberi energi untuk tetap setia pada tujuanmu.

Dengan mengikuti passion kamu, kamu akan menyelaraskan tujuan, keyakinan, dan nilai. Jadi pada akhirnya semua akan mengalir ke jalan yang tepat sesuai dengan caramu.

Jadi, mulai sekarang jalani hobimu dan temukan passion-mu. Maka kamu akan belajar banyak tentang dirimu sendiri.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami