Home > Money & Career > Apa Itu Freelance dan 5 Tips Sukses Memulainya

Apa Itu Freelance dan 5 Tips Sukses Memulainya

Apa Itu Freelance dan 5 Tips Sukses Memulainya

Di era teknologi seperti sekarang, pekerjaan freelance lebih banyak dipilih daripada pekerjaan full-time. Ada alasan mengapa seseorang lebih memilih freelance. Mulai dari waktu kerja yang fleksibel, bisa bekerja di mana saja, serta tidak dituntut untuk datang ke kantor.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menekuni pekerjaan tersebut, yuk, ketahui terlebih dulu apa itu freelance dan tips sukses memulainya.

Apa Itu Freelance?

Secara umum, freelance adalah suatu pekerjaan yang dilakukan tanpa adanya kontrak atau perjanjian jangka panjang (long-term) dengan perusahaan tertentu. Profesi satu ini juga bisa disebut sebagai seorang pengusaha mandiri atau pekerja lepas. Hal ini karena seorang freelancer harus bekerja secara individu untuk menyelesaikan proyek yang diberikan perusahaan kepadanya.

Sementara definisi lain menyebut, freelance adalah pekerja lepas yang ditunjuk oleh suatu perusahaan atau pemberi kerja untuk menyelesaikan proyek jangka pendeknya. Ada target yang kapan proyek tersebut harus diselesaikan, dan seorang freelancer akan dibayar sesuai dengan jasa atau jumlah pekerjaan yang diselesaikan.

Tips Memulai Profesi Freelance

Setelah tahu apa itu freelance, kini saatnya kamu mengetahui tips sukses memulainya. Tips ini sangat berguna untuk kamu yang ingin menekuni lebih dalam profesi tersebut.

Lantas, apa saja tips sukses memulai profesi freelance? Yuk, disimak langsung ulasannya berikut ini.

1. Temukan minat dan kemahiran kamu

Salah satu tips awal memulai pekerjaan freelance adalah dengan menemukan  terlebih dulu minat dan kemahiran kamu. Dengan menemukan kedua hal tersebut, kamu jadi memiliki nilai plus yang bisa ditawarkan ke beberapa perusahaan. Ingat, jangan batasi diri sebelum kamu menemukan minat dan kemahiran kamu.

2. Riset kebutuhan pasar

Usai menemukan minat dan kemahiran, kini saatnya kamu melakukan sedikit riset pasar. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu berapa banyak perusahaan yang membutuhkan jasa kamu. Selain itu, riset pasar juga berguna untuk mengetahui berapa tarif per jam yang kompetitif.

3. Tentukan jam kerjanya

Selain melakukan riset pasar, kamu juga perlu menentukan jam kerjannya. Menentukan jam kerja ini penting agar kamu tidak terus-menerus bekerja untuk menyelesaikan proyek tersebut. Seperti yang kita tahu, freelance memiliki fleksibilitas dalam waktu pengerjaanya. 

Kamu bisa mengatur waktu jam kerja freelance layaknya pekerjaan full-time, yaitu sembilan jam kerja yang dibagi delapan jam untuk kerja dan satu jam untuk beristirahat.

4. Mengembangkan merek pribadi

Sebagai seorang freelancer yang bekerja untuk kepentingan diri sendiri, maka kamu juga harus mempromosikan produk dan skills pribadi untuk mendapatkan penghasilan.

5. Manfaatkan semua peluang yang datang

Saat pertama kali menekuni pekerjaan freelance, kamu mungkin belum memiliki banyak pengalaman untuk ditampilkan. Maka dari itu, untuk membangun portofolio dan resume kamu, kamu harus mengambil setiap kesempatan freelance yang datang ke kamu.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu pun bisa menjadi seorang freelancer yang sukses. Jadi, jangan pernah takut untuk menjadi seorang freelancer, ya.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami