Home > Money & Career > Anak Kost, Yuk Mulai Mandiri Secara Finansial dengan Cara ini

Anak Kost, Yuk Mulai Mandiri Secara Finansial dengan Cara ini

Anak Kost, Yuk Mulai Mandiri Secara Finansial dengan Cara ini

Anak kost tahukah kamu menjadi seseorang yang mandiri secara finansial tidak hanya bermanfaat untuk meringankan beban keluarga, tapi juga membuatmu lebih mencintai diri sendiri. Oleh karena itu, yuk coba mulai melakukan mandiri secara finansial dengan beberapa cara mudah di bawah ini.

Mandiri secara finansial atau financially independent merupakan istilah yang ditunjukkan untuk seseorang yang memiliki penghasilan sendiri dan mampu mengelola keuangannya sendiri tanpa perlu bergantung pada orang lain. Financially independent bisa berarti seseorang mendapatkan uang dari membuka usaha ataupun bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan. Namun, secara finansial orang tersebut tidak membebani keluarga atau orang lain.

Cara Mudah Menjadi Seseorang yang Mandiri secara Finansial

Beberapa cara mudah yang bisa RoomMies lakukan untuk menjadi mandiri secara finansial adalah:

1. Buat daftar pendapatan dan pengeluaran

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat daftar pendapatan dan pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya. Misalnya untuk sumber pendapatan RoomMies bisa menuliskan sumber pendapatan yang berasal dari gaji, uang jajan dari orang tua, dan penghasilan dari pekerjaan sampingan.

Sedangkan untuk pengeluaran, RoomMies bisa menuliskan biaya untuk membayar kost, transportasi, makanan, dan biaya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Saat menuliskan daftar pendapatan dan pengeluaran berusahalah untuk sejujur mungkin dengan diri sendiri. Jangan sampai ada jumlah pendapatan atau daftar pengeluaran yang tidak dimasukkan.

2. Batasi berbelanja barang yang kurang penting

Sesekali tidak ada salahnya memang membeli barang yang dirasa kurang penting untuk sekadar menyenangkan diri sendiri. Namun, jangan biarkan hal ini terus berlanjut dan akhirnya justru membuat semua uangmu habis ya, RoomMies.

Karena bagaimanapun juga menjadi seseorang yang financially independent, kamu harus rajin menabung, dan tidak menghabiskan uang lebih banyak daripada yang kamu hasilkan.

3. Sisihkan uang untuk dana darurat

Sesuai namanya dana darurat adalah dana cadangan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan darurat dan tidak terduga. Misalnya untuk biaya berobat saat sakit ataupun membayar biaya perawatan gadget yang rusak. Dana darurat ini bisa RoomMies sisihkan dari tabungan yang dimiliki.

BACA JUGA:

4. Lunasi utang

Tidak memiliki utang memang hal yang sangat membahagiakan. Selain itu bebas utang juga bisa membuatmu memiliki lebih banyak tabungan agar bisa menjadi seseorang yang financially independent. Oleh karena itu, jika sekarang kamu memiliki utang yuk coba lunasi utang sedikit demi sedikit.

5. Mulai lakukan investasi

Salah satu cara tepat untuk mendapatkan tambahan tabungan adalah melakukan investasi. Namun, jika RoomMies baru pertama kali akan melakukan investasi sebaiknya pilih investasi dalam jumlah yang tidak terlalu besar dan risikonya kecil ya.

Tidak sulit kan RoomMies untuk menjadi orang yang mandiri secara finansial. Karena hal yang penting diingat saat ingin menjadi seseorang yang mandiri secara finansial adalah niat yang kuat dan berusahalah untuk tidak membeli barang-barang yang dirasa kurang perlu, jika kamu tidak mendapatkan penghasilan tambahan.

Artikel Rekomendasi kami