Home > Money & Career > Anak Kost, Siap-Siap! Ini 7 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Indonesia Tahun 2021

Anak Kost, Siap-Siap! Ini 7 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Indonesia Tahun 2021

Anak Kost, Siap-Siap! Ini 7 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Indonesia Tahun 2021

Tahun 2021 sudah di depan mata. Di tengah perekonomian yang mengalami resesi akibat pandemi COVID_19, masih ada tujuh pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia pada tahun 2021. Beberapa di antaranya pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Jenis pekerjaan yang paling dibutuh di Indonesia tahun 2021 tersebut disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, secara virtual pada tanggal 12 Agustus 2020 lalu. Menurutnya pekerjaan yang dibutuhkan pada masa adaptasi kebiasaan baru berorientasi pada bidang big data, digital, dan pengembangan aplikasi berbasis teknologi informasi.

7 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Indonesia Tahun 2021

Dilansir dari Galamedia.com, kehadiran jenis pekerjaan baru tidak hanya dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan teknologi. Pandemi COVID-19 yang saat ini mewabah di banyak negara juga menambah kecepatan perubahan jenis pekerjaan di pasar tenaga kerja.

Nah, apa saja, sih, pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia di tahun 20212? Simak ulasannya berikut ini.

1. Apps Creator/Developer

Application developer adalah seseorang yang membuat dan menguji aplikasi yang didesain khusus untuk kebutuhan electronic computing. Salah satu tugas dari pekerjaan ini adalah mengatasai masalah (bugs) pada aplikasi yang kamu buat.

Hampir semua perusahaan saat ini membutuhkan application developer, termasuk bank, lembaga pemerintahan, hingga berbagai organisasi di masyarakat. Apalagi, ketika adaptasi kebiasaan baru diberlakukan, banyak sektor yang bersandar pada teknologi untuk mempermudah pekerjaan.

2. Digital Marketing

Digital marketing juga menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan di Indonesia pada tahun 2021. Berbagai sektor mulai menggunakan pemasaran secara digital dan adaptasi kebiasaan baru membuat berbagai hal dialihkan menjadi daring. Kebiasaan konsumen yang berubah dari luring menjadi daring adalah pemicu munculnya pekerjaan tersebut. Karena itu, digital marketing akan tetap bertahan dan menjadi pekerjaan paling dicari.

BACA JUGA: 5 Kursus Kerja dengan Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan

3. Barista

Barista mungkin terlihat hanya pekerjaan untuk menyiapkan kopi saja. Namun, banyak juga yang menganggap barista ialah seorang seniman dengan media kopi. Di tengah maraknya bisnis kedai kopi, menjadikan barista masih menjadi pekerjaan yang dibutuhkan di Indonesia pada tahun 2021.

4. Blogger

Dulu blogger bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan hanya tempat menyalurkan hobi. Namun, saat ini, blogger telah jadi pekerjaan yang paling dibutuhkan tahun 2021 nanti. Banyak produk memilih menggunakan blogger untuk memasarkan produk mereka setelah melihat identitas dan latar belakang para blogger yang ada saat ini. Menjadi seorang blogger tidak bisa dianggap remeh, ya, RoomMies, karena membutuhkan beragam keterampilan untuk menarik pembaca.

5. Cat and Dog Whisperer

Dalam bahasa Indonesia, cat and dog whisperer artinya psikolog anjing dan kucing. Mereka memiliki pengalaman dan kemampuan untuk menangani anjing atau kucing. Bisa dibilang pekerjaan ini cukup unik. Belum banyak yang menggeluti profesi ini serta tidak semua orang memiliki kemampuan bisa melatih anjing atau kucing agar menjadi patuh. Pekerjaan ini akan dibutuhkan di tahun 2021 seiring dengan meningkatnya tren memiliki anjing atau kucing sebagai binatang peliharaan.

6. Medical Sonographer

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung membuat pekerjaan di bidang medis akan semakin dibutuhkan. Salah satunya adalah medical sonographer. Dilansir dari Vista Education, diagnostic medical donography atau ultrasound adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang teknik menggunakan suara dengan frekuensi yang tinggi untuk membuat gambar area tertentu dari tubuh, dengan tujuan mendiagnosis berbagai patologi (ilmu yang mempelajari tentang bagaimana sebuah penyakit bisa terjadi).

7. Operator Drone

Seiring dengan bertambahnya para selebgram yang ingin mendapatkan gambar dengan kualitas sebaik mungkin, operator drone yang dulu dipandang hanya sebuah hobi kini jadi pekerjaan. Menjalankan drone membutuhkan keterampilan khusus harus dipelajari, termasuk mengaoprasikannya dengan aman, bertanggung jawab, dan penuh etika.

BACA JUGA: 6 Kesalahan Pencari Kerja yang Bikin Gagal Mendapat Pekerjaan Impian

Artikel Rekomendasi kami