Home > Money & Career > 7 Arti Mimpi Buruk tentang Pekerjaan dan Cara Menghadapinya

7 Arti Mimpi Buruk tentang Pekerjaan dan Cara Menghadapinya

7 Arti Mimpi Buruk tentang Pekerjaan dan Cara Menghadapinya

Mimpi buruk ketika tidur bukan hanya tentang berada di tempat seram atau dikejar-kejar hantu. Bermimpi soal pekerjaan dapat jadi mimpi yang tidak menyenangkan. Iya, kan, RoomMies? Dikejar-kejar deadline, adu argumen dengan bos, sampai dicurangin rekan kerja bisa jadi mimpi buruk yang memiliki arti tersendiri.

Melansir dari TODAY.com, sebuah survey terhadap 1750 pekerja di Amerika yang dilakukan oleh situs SleepZoo menemukan bahwa hampir 1/3 responden (64 persen), pernah mengalami mimpi buruk tentang pekerjaan mereka.

Penemuan tersebut, menurut Deirdre Leigh Barrett, psikolog dari Harvard Medical School dan penulis buku “The Committee of Sleep”, tidak mengejutkan karena orang sering bermimpi mengenai hal penting dalam hidup mereka. Pekerjaan, sebut Deirdre, menghabiskan sebagian besar waktu kita selama sehari. Bagi banyak orang, pekerjaan adalah hal yang penting secara emosional.

Dan, jarang orang yang pekerjaannya tidak melibatkan hal-hal yang tidak menyenangkan dan menimbulkan kecemasan. Karena itu, pekerjaan bisa jadi mimpi buruk. Pasalnya, mimpi buruk terjadi ketika memiliki sesuatu yang membuat stres atau takut.

Arti Mimpi Buruk tentang Pekerjaan

Bukan sekadar bunga tidur, mimpi bisa jadi sebuah pesan subliminal (tersembunyi). Menurut Deidre, mimpi buruk secara tidak sadar menunjukkan seseorang sedang cemas atau aspek kehidupan yang baru. Kadang, jadi solusi suatu masalah.

Sedangkan, menurut Lauri Loewenberg, analis mimpi dan penulis “Dream on It: Unlock Your Dreams, Change Your Life”, mimpi bisa membantu seseorang untuk menjalani dan menghadapi skenario terburuk dalam kehidupan. Serta, mimpi dapat membuka wawasan mengenai masalah yang sedang dihadapi sehingga dapat memahaminya lebih baik.

Oleh karena itu, berikut beberapa arti mimpi buruk dari Lauri Loewenberg, pada TODAY dan Career Builder, mengenai pekerjaan yang bisa kamu pahami selanjutnya.

1. Terlambat masuk kerja

Mimpi ini paling sering dialami para pekerja, terutama oleh mereka yang selalu berhadapan dengan deadline. Ketika bermimpi telat masuk kantor, bisa menjadi pesan atau pengingat agar kamu lebih baik lagi dalam mengelola waktu dan menyelesaikan pekerjaan.

2. Membuat kesalahan pada sebuah proyek

Saat ini kamu sedang mengerjakan sebuah pekerjaan atau proyek. Harapannya, bisa selesai dengan baik. Saking pengen sempurnanya proyek tersebut, sampai terbawa mimpi. Namun, dalam mimpi, kamu malah membuat kesalahan dan mengakibatkan proyek tersebut gagal.

Mimpi ini sebenarnya bisa jadi latihan cara menjalani proyek tersebut. Alam bawah sadar kita mengingatkan hal-hal terburuk yang mungkin terjadi.

Dengan begitu, kita dapat mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan buruk tersebut. Selain itu, yang penting, kita bisa berusaha menghindarinya dengan cara yang ditunjukkan dalam mimpi.

3. Datang ke kantor telanjang

Eh, bisa aja ada yang mimpi ke kantor tapi enggak pakai pakaian. Mimpi adalah hal yang simbolis. Jadi, ngantor dalam keadaan telanjang bukan tentang hal fisik—seperti apa bentuk tubuh kamu dan hal-hal yang berhubungan dengan seksualitas. Maknanya, melainkan, bagaimana perasaan kamu ketika mengetahui semua mata sedang tertuju pada apa yang kamu kerjakan.

Biasanya, kan, kalau tahu sedang diperhatikan banyak orang, kita merasa malu dan berdebar-debar. Hal ini sama seperti perasaan seseorang ketika telanjang di muka publik.

4. Tersesat di kantor

Kamu datang ke kantor, tapi tidak mengenali kantor yang biasanya sehari-hari didatangi atau masuk ke kantor perusahaan lain yang ada di lantai berbeda. Tersesat dalam mimpi sering dihubungkan ketika sedang merasa ragu-ragu dalam kehidupan nyata.

Mimpi ini muncul karena kamu sedang menghadapi sesuatu dalam pekerjaan yang membuat kamu sulit mengambil sebuah keputusan. Adanya mimpi mengingatkan supaya kamu bisa mengambil keputusan dengan cepat dan sebaik mungkin.

5. Bertengkar dengan atasan

Mimpi muncul bukan karena sedang kesal pada atasan. Ketika mimpi berdebat dengan seseorang, mungkin kamu sedang kesal atau marah pada diri sendiri mengenai sesuatu.

Segala dialog atau argumen yang dikemukakan dalam mimpi antar kamu dan atasan, sebenarnya bentuk percakapan dengan diri sendiri mengenai masalah (sesuatu) tadi. Hal tersebut bisa jadi panduan untuk menentukan langkah selanjutnya untuk memecahkan masalah tersebut.

6. Melewati deadline

Sama seperti mimpi nomor satu, mimpi ini sering terjadi pada pekerja yang banyak menghadapi deadline. Adanya mimpi berarti kamu sedang mengingatkan dan meyakinkan diri sendiri untuk mematuhi waktu deadline.

Namun, ada makna lebih dalam lagi, yaitu apakah kamu bahagia dengan pekerjaan saat ini. Jika tidak bahagia, apakah kamu punya pikiran merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan atau karier di tempat yang diinginkan? Mimpi ini sebagai introspeksi pada diri sendiri.

7. Proyek sudah hampir selesai, dibatalkan atasan atau perusahaan

Bukan, bukan ramalan bahwa proyeknya akan dibatalkan. Mimpi ini bisa terjadi ketika kamu tengah mengerjakan sebuah pekerjaan dan waktu penyelesaiannya ternyata lebih lama dari perkiraan atau target waktu.

Saat sebuah pekerjaan berlangsung lebih lama dari yang diantisipasi, biasanya kita berkata pada diri sendiri bahwa pekerjaan tersebut tidak akan pernah selesai. Padahal, belum tentu, bisa saja pada saatnya selesai.

Oleh karena itu, mimpi ini juga menyampaikan pesan untuk mengubah pikiran-pikiran negatif menjadi lebih positif menjalani yang sedang dilakukan dan bersabar. Jika dilakukan sungguh-sungguh, pasti selesai dengan baik pada waktunya.

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami