Home > Money & Career > 6 Profesi Unik di Dunia, dari Tukang Antre sampai Tukang Tidur

6 Profesi Unik di Dunia, dari Tukang Antre sampai Tukang Tidur

6 Profesi Unik di Dunia, dari Tukang Antre sampai Tukang Tidur

Kamu mungkin sudah sering mendengar profesi dokter, perawat, tentara, guru, akuntan, dan lain sebagainya. Ternyata, ada juga beberapa profesi unik yang kamu tak pernah bayangkan sebelumnya. Bahkan tak disangka-sangka, profesi unik ini menghasilkan cukup banyak uang.

Ada yang membutuhkan ilmu yang mendalam, ada juga yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya. Oleh karena itu, profesi unik ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Profesi Unik yang Ada di Seluruh Dunia

Apa saja profesi unik yang ada di seluruh dunia? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Pengawas pembuangan sampah dan limbah

Salah satu negara yang sangat ketat dalam hal pengolahan sampah dan limbah adalah Jerman. Sampai-sampai mereka menyewa detektif sampah yang akan mengawasi pengolahan sampah dan limbah. Merekalah yang akan menegur masyarakat yang melakukan pelanggaran.

Biasanya, mereka menemukan pelaku dari surat tagihan, bekas paket dengan alamat, dan tagihan belanja sebagai petunjuk yang mengarah pada pelanggar.

Bayarannya? Jangan disepelekan. Mereka akan mendapat 16 euro per jam atau setara Rp252.000. jika sehari bekerja 8 jam berarti mereka mendapatkan sekitar Rp2 juta-an. Lumayan, kan?

2. Pengantre Profesional

profesi unik, profesional queuer

Sumber: Vulcan Post

Pernah dengar saat peluncuran perdana iPhone 7 di New York, Amerika Serikat sampai harus ada yang menginap dan mendirikan tenda? Dilansir dari Tekno Tempo, karena antusiasme masyarakat akan produk baru itu membuat berbagai Apple Store kewalahan menangani pengunjung. Sampai-sampai petugas Apple harus menunda peluncuran produk demi mengurangi adanya calo.

Tapi, tampaknya cara itu tak menyurutkan penggila produk Apple. Pelanggan juga tak kalah pintar dengan bergerombol kecil di sekitar toko tanpa membubarkan diri.

Bukan hanya pencinta iPhone saja yang mengantre, tapi mereka juga terdiri dari professional queuer alias pengantre profesional. Orang-orang ini dibayar untuk mengatre dalam waktu yang lama dan diberi upah seharga 36 dollar per jam. Bagi orang-orang sibuk, jasa ini tentu saja sangat bermanfaat. Salah satunya untuk mengantre beli produk baru supaya jadi orang pertama yang memilikinya.

Tertarik untuk melakukannya, RoomMies?

3. Apologiser (Tukang Minta Maaf)

Dilansir dari Kompas.com, Southwest Airlines mempekerjakan orang bernama Fred Taylor Jr sebagai tukang minta maaf atau apologiser. Tugasnya adalah mengirim permintaan maaf pribadi yang dipersonalisasi kepada banyak orang yang dirugikan karena gangguan penerbangan.

Jangan pikir pekerjaan ini mudah ya, RoomMies. Fred harus memulai perbincangan yang cair kepada penumpang agar melupakan ketidaknyamanan yang mereka alami. Untuk pekerjaan itu, Fred dibayar 4.100 dollar AS atau Rp57 juta per bulan.

4. Professional Sleepers (Tukang Tidur Profesional)

profesional sleeper

Sumber: Wikye

Profesi unik selanjutnya ada professional sleepers atau tukang tidur professional. Biasanya pihak yang menyewa jasa ini adalah hotel yang baru buka untuk menguji kasur yang tersedia di hotel mereka.
Setelah itu, orang-orang ini menulis pengalaman mereka dan dijadikan sebagai bahan acuan untuk pelayanan yang lebih baik.

Iklan mencari professional sleepers ini pernah muncul di Helsinski pada tahun 2013 dan di Tiongkok pada tahun 2017. Jangan nilai dari namanya saja, ya, tukang tidur profesional ini juga butuh sertifikasi profesi, lho.

5. Disewa untuk Menangis

Profesi unik selanjutnya cocok untuk para sad girl dan sad boy yang bawaannya mellow dan pengen nangis terus, nih. Pekerjaan menangis ini telah diterapkan di beberapa belahan dunia, seperti Mesir kuno, Timur Tengah, dan India.

Para penyewa jasa ini mengharuskan orang-orang tersebut untuk menangisi orang meninggal. Pekerjaan ini dibutuhkan oleh keluarga yang ditinggalkan untuk menunjukkan bahwa banyak yang merasa kehilangan ketika anggota keluarga mereka itu meninggal dunia.

Untuk menangis, para penangis profesional dibayar 100 dollar per hari.

6. Professional Cuddler (Pengemong Profesional)

Profesi unik, Profesional Cuddler

Sumber: Scooper

Kamu suka dipeluk tapi jomblo terus enggak punya pasangan? Bisa, nih, sewa professional cuddler yang berkembang pesat di Jepang. Di Negeri Matahari Terbit ini, sekaranga banyak orang yang berusia 20-an apatis terhadap cinta dan pernikahan serta lebih fokus mengejar karir. Mereka jadi tidak memiliki waktu untuk membangun relasi dengan orang lain. Padahal, kebutuhan afeksi adalah kebutuhan dasar naluriah manusia.

Kondisi inilah yang membuat professional cuddler sangat banyak dibutuhkan. Apalagi jika para pengemong profesional ini mengenakan karakter anime tertentu, bayarannya akan lebih mahal. Meskipun kontak fisik, ada kontrak yang harus ditandatangani supaya tidak terjadi aktivitas seksual.

 

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami