Home > Money & Career > RoomMies Sedang Jalani Masa Probation? Yuk, Simak Tips Berikut agar Bisa Lolos!

RoomMies Sedang Jalani Masa Probation? Yuk, Simak Tips Berikut agar Bisa Lolos!

RoomMies Sedang Jalani Masa Probation? Yuk, Simak Tips Berikut agar Bisa Lolos!

Mendapatkan pekerjaan baru tentunya amat menyenangkan ya, RoomMies. Apalagi, jika pekerjaan yang didapat sesuai dengan yang RoomMies inginkan selama ini. Namun, saat sudah mendapatkan pekerjaan tersebut, bukan berarti RoomMies jadi bisa seenaknya saja. Pasalnya, masih ada masa probation atau masa percobaan yang harus RoomMies lewati. Di masa ini, kinerja RoomMies akan dilihat dan dinilai apakah sesuai dengan perusahaan atau tidak.

Tips Lolos Masa Probation

Nah, agar RoomMies bisa lolos dari masa probation dan menjadi karyawan tetap di perusahaan saat ini, yuk terapkan lima tips berikut ini.

1. Berikan kesan pertama yang baik

Tak dipungkiri, kesan pertama akan selalu melekat pada ingatan. Maka dari itu, berikan kesan yang baik pada atasan dan rekan kantor di hari pertama RoomMies bekerja. Datanglah ke kantor dengan semangat, tampilkan bahasa tubuh yang positif, dan tentunya busana yang sesuai serta rapi. Selain itu, tunjukkan juga bahwa kamu senang dan serius untuk bekerja di kantormu itu ya, RoomMies.

2. Datang tepat waktu

Jangan salah, waktu kedatangan jadi salah satu faktor dalam penilaianmu di masa probation. Untuk itu, datanglah tepat waktu ke kantor dan jangan coba-coba untuk terlambat, ya. Tidak hanya itu, cobalah untuk melebihkan sedikit waktu pulang dan jangan terlalu on time ya, RoomMies.

3. Proaktif dalam bekerja

Kerjakan pekerjaanmu dengan baik. Jika sudah selesai, jangan ragu untuk bertanya ke atasan atau supervisormu apakah ada lagi pekerjaan yang bisa kamu kerjakan. Di samping itu, jangan ragu juga untuk bertanya kepada atasan dan rekan kerja ketika merasa kesulitan mengerjakan pekerjaanmu. Dengan seperti ini, kamu pun akan terlihat serius dan rajin dalam bekerja.

4. Tampilkan kemampuanmu

Tidak hanya proaktif dalam bekerja, kamu juga harus menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu merupakan orang yang tepat untuk menempati posisimu itu. Tampilkan kemampuan dan kelebihan dalam mengerjakan tugas serta memecahkan masalah. Kamu juga bisa mengajukan berbagai ide kreatif dan inovatif demi kemajuan perusahaan ke depannya. Tapi ingat RoomMies, jangan bersikap sok tahu ya!

5. Bersosialisasi dengan rekan kerja

Bersosialisasi dengan rekan kerja ternyata juga bisa membantu kamu lolos dari masa probation lho, RoomMies. Pasalnya, di masa itu, tidak hanya performa kerjamu saja yang akan dinilai, tapi juga caramu bersosialisasi serta kemampuan berkomunikasi dengan rekan kerja juga akan diperhatikan dan menjadi bahan pertimbangan. Itu sebabnya, kamu perlu membangun ikatan yang baik dengan rekan kerjamu ya, RoomMies.

Itu dia lima tips yang bisa RoomMies terapkan agar lolos dari masa percobaan. Mengingat, masa percobaan adalah saat tersulit dan krusial bagi kebanyakan karyawan, maka RoomMies disarankan untuk tetap bekerja semaksimal mungkin serta menunjukkan kemampuan terbaik supaya bisa lolos dari masa tersebut.

BACA JUGA

Artikel Rekomendasi kami