Home > Money & Career > 5 Hal Sepele yang Mengurangi Produktivitas Kerja

5 Hal Sepele yang Mengurangi Produktivitas Kerja

5 Hal Sepele yang Mengurangi Produktivitas Kerja

Jadwal harian sudah tersusun rapi, daftar to-do-list untuk menyelesaikan tugas-tugas dalam satu hari juga sudah dibuat, semua dilakukan supaya bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Meski demikian, belum tentu semua yang kamu lakukan efektif membuat pekerjaan terselesaikan sesuai rencana. Pasalnya, ada beberapa hal simpel yang justru dapat mengurangi produktivitas kerja.

Saking fokus dan sibuknya menyelesaikan berbagai tugas kantor dalam sehari, ada beberapa hal yang dilewatkan karena dianggap kurang atau, malah, tidak penting. Padahal, semua hal yang kamu lakukan sehari akan memengaruhi efektivitas kerja.

5 Hal yang Mengurangi Produktivitas Kerja

Kerja efektif adalah usaha yang dapat membantu kita mencapai hasil kerja yang berkualitas. Jika seseorang bekerja secara efektif, maka ia bakal mampu bekerja dengan penuh kualitas, sehingga dapat meraih hasil dan tujuan (yang diharapkan) secara konsisten.

Jadi, tunggu apa lagi! Kalau ingin hari-hari bekerja kamu lebih produktif, kurangi melakukan hal-hal sepele tapi sangat berpengaruh pada produktivitas kerja berikut.

1. Tidak makan siang yang benar

Makan siang adalah waktu yang diberikan untuk istirahat dari semua aktivitas. Namun, seringkali, waktu makan siang tidak dimanfaatkan maksimal. Bukannya keluar untuk makan di luar ruang sambil menyegarkan pikiran, malah makan siang di meja kerja. Kadang, sambil tetap bekerja.

Ingat, loh, kamu sudah bekerja keras dari pagi, berhak mendapat istarahat makan siang yang benar. Manfaatkan untuk keluar ruang membuat otak dan badan lebih relaks dan bersemangat lagi.

Bila kamu tetap harus makan di meja, lakukan sambil mengerjakan sesuatu yang ringan dan santai. Contohnya, sambil cek media sosial atau baca berita-berita online. Dengan begitu, kamu tidak “tergoda” untuk bekerja terus sepanjang waktu.

2. Terburu-buru menjawab email

Email bisa jadi gangguan produktivitas kerja jika setiap email yang masuk merasa harus langsung dihawab. Selain cek inbox, coba untuk membuat jadwal untuk menjawab email. Misalnya, pagi hari ketika baru mulai bekerja, menjelang makan siang, dan menjelang sore. Tentu, hal ini tidak berlaku jika ada email yang sangat penting dan harus dibalas saat itu juga.

3. Mengabaikan jeda kecil

Istirahat bekerja bukan hanya saat makan siang atau sekadar pergi ke toilet. Jika pekerjaan menuntut kamu harus duduk depan meja seharian, coba beranjak dulu setiap beberapa jam. Bukan hanya ke toilet, bisa sambil membuat teh atau kopi di pantry, membeli kopi di gerai kopi pada lobi kantor, atau sekadar menengok keluar jendela melihat kondisi sekitar kantor. Tapi, lakukan beberapa menit saja, ya. Tidak perlu lama-lama.

4. Tidak menyisihkan waktu untuk bersantai

Sering merasa sibuk tidak ada habisnya? Bukan hanya mengerjakan pekerjaan kantor, tapi juga merasa harus mengerjakan hal lain di luar urusan kantor? Seringkali kita menjadwalkan berbagai aktivitas harian hingga kegiatan-kegiatan di luar urusan kantor. Misalnya, punya rencana reuni dengan teman-teman dari kantor sebelumnya atau harus berbelanja beberapa hal setelah pulang kerja.

Jika merasa harus selalu beraktivitas dari pekerjaan ke kegiatan lain, kamu jadi tidak punya waktu bersantai. Iya, sih, hang out atau belanja sepulang kantor tujuannya supaya relaks. Tapi, karena harus mematuhi jadwal dan memikirkan supaya aktivitas tersebut lancar, kamu tetap harus “on” sepanjang hari. Nah, coba tenang sedikit, santai selama beberapa menit sebelum menjalankan lagi “tugas” setelahnya.

5. Malas olahraga

Bersamaan dengan rencana menyisihkan waktu untuk bersantai setelah seharian bekerja, siapkan juga waktu untuk berolahraga. Tidak perlu sampai melakukan olahraga yang berat (kardio) bila memang tidak punya waktu banyak atau tenaga hampir habis.

Lakukan gerakan ringan selama beberapa menit saja sudah cukup supaya tubuh kamu bergerak dan bisa bugar lebih lama. Hasilnya juga bakal membuat kesehatan terjaga, kamu dapat bekerja dengan baik dan produktif.

Nah, mana dari poin-poin di atas yang masih sering RoomMies lakukan? Supaya produktivitas meningkas, yuk, lakukan aktivitas kebalikan dari hal-hal sepele tadi.

 

BACA JUGA:

Artikel Rekomendasi kami